7 Cara Mudah Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Telepon

Maret

8

0 comments

JETE Indonesia –  Kamu sedang dalam panggilan penting, tetapi tiba-tiba menyadari bahwa tidak ada suara dari HP-mu? Hal ini bisa menjadi situasi yang sangat mengganggu. Jangan khawatir, di artikel berikut kami akan membahas beberapa langkah mudah untuk mengatasi HP tidak ada suara saat telepon.

Penyebab HP Tidak Ada Suara Saat Telepon

HP Tidak Ada Suara saat Telepon
sc: Freepik

Sebelum melangkah ke solusi mengatasi HP tidak ada suara saat telepon, ada baiknya kamu memahami beberapa penyebab umum mengapa suara telepon tidak terdengar oleh lawan bicara:

1. Mode Mute Aktif

Terkadang, hal sep1ele seperti mode bisu atau mute bisa menjadi penyebab utama HP-mu kehilangan suara. Pastikan kamu memeriksa apakah mode mute sudah non-aktif. Cek pengaturan suara di HP-mu dan pastikan tidak ada mode mute yang teraktifkan tanpa disadari.

Promo "JETE THR" dapatkan Diskon up to 50% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

2. Port Audio Bermasalah

Port audio yang mengalami kerusakan juga bisa menjadi penyebab hilangnya suara di HP-mu. Periksa apakah ada simbol headphone muncul di notification bar meskipun jack audio sudah tercabut. Jika iya, maka kemungkinan besar port audio HP-mu mengalami masalah.

3. Speaker HP Rusak

Jika HP-mu tidak mengeluarkan suara sama sekali, ada kemungkinan speaker HP-mu mengalami kerusakan. Hal ini bisa disebabkan oleh bug dalam sistem HP atau kondisi fisik speaker yang sudah menurun. Periksa apakah ada kerusakan pada speaker, baik secara visual maupun dari segi sistem.

4. Terjadi Bug Pada Sistem HP

Bug dalam sistem HP bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti penginstalan aplikasi yang asal-asalan, rooting HP, atau cache yang terlalu banyak. Pastikan untuk membersihkan cache secara rutin, menginstal aplikasi dari sumber terpercaya, dan melakukan rooting dengan benar untuk mencegah error dari sistem HP.

Baca juga: Kenapa Wi-Fi Tidak Ada Internet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara saat Telepon 

Setelah kamu mengetahui penyebab dari HP tidak ada suara saat telepon. Simak selengkapnya di artikel berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

1. Restart Ulang HP

HP Tidak Ada Suara saat Telepon
sc: Freepik

Salah satu solusi cepat untuk mengatasi HP tidak ada suara saat telepon adalah dengan merestart HP-mu. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu menekan tombol power pada ponselmu selama beberapa detik. Kemudian, muncul pilihan untuk memilih restart. Tekan pilihan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga ponselmu berhasil di-restart dan kembali ke menu utama.

Melakukan restart pada HP dapat membantu mengatasi berbagai masalah kecil yang mungkin terjadi pada perangkatmu, termasuk masalah suara telepon tidak terdengar oleh lawan bicara.

2. Cek Performa Speaker

HP Tidak Ada Suara saat Telepon
sc: Freepik

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengecek kualitas speaker menggunakan aplikasi speaker tester. Aplikasi ini tersedia di Google Playstore dan AppStore, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan aplikasi speaker tester:

  • Unduh aplikasi dan jalankan aplikasi di HP kamu.
  • Pada layar aplikasi, cari dan klik opsi “Uji” untuk memulai pengujian kualitas speaker.
  • Dengarkan hasil pengujian hingga selesai 100% dan pastikan untuk memerhatikan apakah suara yang keluar dari speaker tersebut jernih.
  • Jika kamu ingin membersihkan memori audio, kamu bisa kembali ke halaman utama aplikasi dan pilih opsi “Bersihkan“.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan memori audio selesai.
  • Jika sudah, coba untuk setel video atau dengarkan lagu menggunakan speaker eksternal.

Baca juga: Kenapa HP Tidak Bisa Buka Link? Ini Penyebabnya!

3. Hapus Data Aplikasi Telepon

HP Tidak Ada Suara saat Telepon
sc: Freepik

Keberadaan file sampah pada aplikasi telepon bawaan ponsel seringkali menyebabkan gangguan pada sistem yang mengakibatkan HP tidak ada suara saat telepon. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu membersihkan file sampah atau cache pada aplikasi telepon bawaan ponsel. Berikut langkahnya:

  • Buka menu pengaturan pada ponsel.
  • Setelah masuk ke menu pengaturan, cari dan pilih opsi “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi“, tergantung pada tampilan menu ponsel.
  • Kemudian pilih opsi “Semua Aplikasi” untuk melihat daftar lengkap aplikasi yang terpasang di ponsel.
  • Setelah itu, cari dan pilih aplikasi telepon bawaan ponsel.
  • Setelah masuk, pilih opsi “Hapus data” untuk membersihkan file sampah atau cache. 

4. Pakai Mic Eksternal

HP Tidak Ada Suara saat Telepon
sc: Freepik

Mic eksternal merupakan salah satu solusi yang efektif untuk menangani masalah ini. Dengan menggunakan mic eksternal, kamu dapat menguji masalah tersebut terjadi pada kerusakan mikrofon internal HP-mu.

Prosesnya sederhana, saat melakukan panggilan telepon, hubungkan mic eksternal ke jack audio HP. Jika penerima panggilan dapat mendengar suaramu dengan jelas, kemungkinan besar masalahnya memang terletak pada mikrofon internal HP-mu.

5. Gunakan Bantuan Aplikasi

HP Tidak Ada Suara saat Telepon
sc: JalanTikus

Cara untuk mengatasi masalah HP tidak ada suara saat telepon selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi khusus seperti SoundAbout. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Install aplikasi SoundAbout dari Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi SoundAbout di HP-mu dan pilih “SoundAbout Service” kemudian aktifkan dengan mengklik “ON – With Status“.
  • Di dalam aplikasi SoundAbout, kamu akan menemukan berbagai opsi untuk mengatur sumber audio keluar. Misalnya, jika ingin memperbaiki suara saat telepon kamu dapat memilih opsi “Media Audio”. Kemudian, pilihlah opsi “Speaker“.
  • Jika sudah, coba untuk memutar beberapa media atau menerima panggilan telepon.

Baca juga: Apa Itu Wireless Charging? Ini Kelebihan & Cara Kerjanya

6. Factory Reset Hp

HP Tidak Ada Suara saat Telepon
sc: Freepik

Langkah berikutnya yang dapat kamu pertimbangkan adalah dengat mereset HP. Meskipun langkah ini terlihat lebih berisiko karena akan menghapus semua data dan pengaturan pribadi di HP. Namun, seringkali menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu “Setelan” pada HP.
  • Kemudian cari dan pilih opsi “Setelan tambahan“.
  • Setelah masuk, cari dan klik pada opsi “Cadangkan dan Setel Ulang“.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Kembali ke setelan pabrik” untuk melanjutkan proses reset.
  • Di dalam opsi “Setel ulang telepon“, kamu akan diminta untuk memasukkan password HP kamu sebagai konfirmasi.
  • Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai.

7. Datang ke Service Centre

HP Tidak Ada Suara saat Telepon
sc: Freepik

Ketika semua langkah untuk memperbaiki masalah suara pada HP tidak memberikan hasil, langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah membawa HP ke service center atau layanan resmi yang menyediakan jasa perbaikan perangkat elektronik. Meskipun langkah ini terlihat sebagai opsi yang terakhir, namun seringkali menjadi solusi paling efektif dan aman.

Selain itu, membawa HP ke service center juga memerlukan waktu dan biaya tambahan. Namun, ini merupakan investasi untuk menghemat waktu dan frustasi yang mungkin timbul dari upaya memperbaiki sendiri yang tidak berhasil.

Baca juga: Cara Mirroring HP ke Laptop dengan Mudah Tanpa Root!

Penutup

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi HP tidak ada suara saat telepon yang bisa kamu coba. Jika kamu mencari solusi terbaik untuk menikmati pengalaman telepon yang lebih baik tanpa gangguan suara, gunakan TWS Terbaik dari JETE. Kamu bisa menghubungi kami lewat via WhatsApp untuk membeli produk elektronik yang kamu butuhkan.

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 6, 2024

April 4, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE THR" - Diskon up to 50% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb