5 Perbedaan Smartwatch dan Smartband, Mana yang Pas Buatmu?

Juni

13

0 comments

JETE Indonesia – Kini, perkembangan gadget semakin pesat dan menghadirkan berbagai perangkat canggih untuk menunjang berbagai kebutuhan. Salah satu contohnya yaitu kehadiran jam tangan dengan macam-macam fitur, seperti smartwatch dan smartband. Meskipun terlihat mirip, kedua perangkat ini memiliki perbedaan. Buat kamu yang ingin mengetahui lebih detail, simak penjelasan tentang perbedaan smartwatch dan smartband berikut, ya! 

Apa Itu Smartwatch? 

Perbedaan Smartwatch dan Smartband
sc: Freepik

Smartwatch adalah jam tangan pintar modern yang dilengkapi dengan teknologi touchscreen dan beragam fitur untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Umumnya, smartwatch dapat disinkronkan dengan smartphone sehingga bisa menampilkan notifikasi saat ada panggilan masuk atau pesan. Kamu juga bisa mengakses fitur-fitur lain, seperti mendengarkan musik, mengunduh aplikasi, hingga memantau kesehatan pengguna.

Apa Itu Smartband? 

Perbedaan Smartwatch dan Smartband
Sc: Freepik

Jika smartwatch adalah jam tangan pintar, smartband adalah gelang pintar yang hadir dengan berbagai model dan desain yang menarik. Fungsi utamanya yaitu untuk mendukung pengguna dalam memonitor aktivitas sehari-hari. Smartband tidak hanya menawarkan fitur untuk berkomunikasi, tetapi juga dilengkapi dengan fitur pemantauan kesehatan. Pengguna bisa memantau dan menganalisis aktivitasnya sepanjang hari, termasuk penggunaan obat, langkah saat berjalan, dan aspek lainnya. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca Juga: 10 Smartwatch JETE Terbaik untuk Temani Aktivitasmu

Perbedaan Smartwatch dan Smartband 

Smartwatch dan Smartband
Sc: 4gnews

Setelah memahami pengertian dari smartwatch dan smartband, terlihat bahwa kedua gadget ini tetap memiliki perbedaan. Smartwatch lebih unggul dari segi teknologi dan fitur yang digunakan, sedangkan smartband lebih berfokus untuk memantau kesehatan pengguna. Selain itu, kamu juga bisa melihat perbedaannya, dari segi harga dan desain. Berikut penjelasan lebih detail mengenai perbedaan smartwatch dan smartband. 

1. Fitur 

Perbedaan pertama yaitu terletak pada fitur. Dalam hal ini, smartwatch tidak hanya berfungsi untuk memantau kebugaran pengguna, tetapi juga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga seperti music player. Sementara smartband, menjadi pilihan ideal jika kamu ingin memantau kesehatan dan meningkatkan performa dalam berolahraga. Berbagai fitur yang disematkan, antara lain pelacakan detak jantung, langkah kaki, kalori yang terbakar, dan kualitas tidur. 

2. Desain 

Smartwatch dan smartband memiliki perbedaan dari segi desain. Umumnya, smartwatch hadir dengan layar yang lebih besar, antara 1-3 inci. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi dengan lebih jelas dan menjalankan berbagai aplikasi dengan mudah. Desain layar sentuh juga memberikan pengalaman interaktif yang menyenangkan, layaknya menggunakan smartphone di pergelangan tangan.

Sementara smartband, memiliki desain yang lebih ringkas dan ringan dengan ukuran antara 0-1 inci saja. Biasanya, smartband masih menggunakan tombol fisik untuk navigasi. Meski begitu, beberapa smartband juga ada yang telah dilengkapi dengan layar sentuh. Desain ini memungkinkan kamu untuk lebih bebas dalam beraktivitas tanpa merasa terbebani. Sangat ideal jika digunakan untuk aktivitas olahraga yang membutuhkan banyak bergerak. 

Baca Juga: Spesifikasi Smartwatch JETE Elite Series, Desain Lebih Macho

3. Harga 

Harga yang berbeda
sc: Digital Donat – Republika

Biasanya, harga smartwatch jauh lebih mahal dari smartband. Hal tersebut karena fitur dan teknologi yang ditawarkan jauh lebih lengkap. Sementara itu, harga smartband lebih terjangkau sehingga cocok bagi pengguna yang menginginkan perangkat wearable untuk melacak aktivitas dan notifikasi. Harga smartband termurah di pasaran berkisar mulai dari Rp200 ribuan. Namun, perlu diingat bahwa harga smartband dapat bervariasi tergantung pada merek dan fitur yang ditawarkan.

4. Durasi Baterai 

Perbedaan smartwatch dan smartband berikutnya yaitu ketahanan baterai. Fungsi utama dari smartband adalah untuk memantau kesehatan dan kebugaran sehingga jauh lebih unggul dari segi ketahanan baterai. Biasanya, smartband bisa bertahan hingga beberapa hari tanpa perlu mengisi daya. Di sisi lain, smartwatch dengan fitur dan teknologi yang lebih kompleks memiliki daya tahan baterai yang lebih pendek. Smartwatch biasanya dapat bertahan 1-2 hari dengan sekali pengisian daya. 

5. Target Pengguna 

Perbedaan Smartwatch dan Smartband
sc: Kumparan.com

Smartwatch menjadi pilihan tepat jika kamu ingin perangkat dengan berbagai fitur di dalamnya, seperti hiburan dan produktivitas. Perangkat ini akan lebih cocok buat kamu yang lebih aktif di media sosial, hobi berolahraga, dan ingin selalu terhubung. Sedangkan smartband akan lebih cocok buat kamu yang ingin fokus memantau kesehatan dan kebugaran. Kamu bisa menggunakannya untuk meningkatkan performa dalam berolahraga.

Baca Juga: JETE Rilis Tiga Smartwatch Baru, Ini Fitur Unggulannya!

Penutup 

Smartwatch dan smartband sama-sama menawarkan fitur menarik. Namun, perbedaan  smartwatch dan smartband yang paling utama dilihat dari segi fungsinya. Buat kamu yang suka menikmati hiburan dan produktivitas, dapat memilih smartwatch. Jika ingin fokus pada performa olahraga, smartband adalah pilihan ideal. Bagaimana, sudah menemukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan? Temukan smartband dan smartwatch terbaik dari JETE dengan kunjungi website JETE Indonesia

Nah, jika kamu mencari event lari tahun ini, sekarang kamu sudah bisa mendaftar untuk mengikuti event lari JETE RUN 2024 yang akan diselenggarakan di Surabaya pada 1 September nanti. Buruan daftar sekarang karena masa early bird akan dibuka mulai 15 Juni 2024 ini! Segera daftar sebelum kehabisan!

*Baca juga artikel lainnya dari JETE Indonesia di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

Juli 1, 2024

Juni 29, 2024

Juni 28, 2024

Juni 27, 2024

Juni 25, 2024

Juni 24, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb