Jombingo Itu Apa? Ini Penjelasannya yang Viral di Sosmed!

Juni

26

0 comments

JETE IndonesiaAplikasi Jombingo telah menarik perhatian publik, terutama para pengguna sosial media dalam beberapa hari terakhir. Pada awal pendiriannya, aplikasi ini disebut-sebut sebagai aplikasi penghasil uang melalui smartphone dan bisa digunakan oleh siapa saja. Lantas, msyarakat pun penasaran menari di mesin pencari Jombingo itu apa? Buat kamu yang penasaran, simak ulasannya sampai tuntas!

Jombingo Itu Apa?

jombingo (2)
sc: Facebook/Jombingo

Apa itu Jombingo? Pertanyaan itu sering banyak muncul ketika menyebut aplikasi ini. Secara umum, Jombingo dikatakan sebagai aplikasi penghasil uang. Dimana aplikasi tersebut bisa diunduh melalui PlayStore. Di sini juga menawarkan berbagai produk dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan platform marketplace lainnya.

Untuk memikat calon penggunanya, aplikasi Jombingo menawarkan sistem konsinyasi. Sistem ini adalah sistem komisi yang diberikan kepada pengguna yang melakukan pembelian barang lewat aplikasi ini. Komisi tersebut sejumlah uang dan masuk ke rekening bank yang telah didaftarkan pengguna.

Keunggulan lain yang menjadi andalannya adalah aplikasi ini memiliki ukuran tidak besar dan bisa digunakan untuk berbagai jenis smartphone. Lalu, tersedia produk terbaik dari brand-brand ternama di dunia dan menggunakan sistem Consumer to Factory (C2F).

Baca juga: Dipakai untuk Selingkuh, Begini Cara Chat di Aplikasi Gojek!

Berapa Komisi di Jombingo?

jombingo (3)
sc: Gizmologi

Besaran komisi di Jombingo berbeda-beda. Hal ini tergantung bagaimana pengguna menggunakan aplikasi tersebut. Berikut besaran komisi di setiap perintah yang dilakukan:

  • Mendaftar di Jombingo, pengguna akan mendapatkan bonus Rp10 ribu yang masuk dalam saldo dan bisa digunakan belanja produk di aplikasi.
  • Mengajak atau mengundang pengguna baru melalui kode undangan, kamu akan mendapatkan tambahan bonus saldo Rp5 ribu.
  • Untuk pengguna yang berbagung lewat kode undangan, maka akan mendapatkan bonus seribu rupiah.
  • Kalau kamu bergabung dalam VIP konsinyasi, maka akan mendapatkan akun VIP. Di sini, komisinya lebih besar yakni mulai dari 10% sampai dengan 30% yang diambil dari total pembelian untuk produk tertentu.
  • Pengguna juga bisa menjadi admin di Jombingo. Keuntungan menjadi admin ini ada komisi 5% dari keseluruhan transaksi yang berhasil dibantu lewat aplikasi ini.

Baca juga: Deretan Aplikasi Lacak Nomor HP yang Bisa Anda Coba

Mengapa Jombingo Viral di Sosmed?

jombingo (1)
sc: Parapuan

Viralnya aplikasi Jombingo ini tentu bukan tanpa alasan. Sebab, diketahui sejak tanggal 18-19 Juni 2023 lalu, para pengguna mengaku kesulitan dalam menarik bonus yang mereka dapatkan. Termasuk penarikan yang dilakukan secara bersamaan. Sebagian pengguna dalam hal ini merasa dirugikan. Bahkan, ada pengguna yang mengeluhkan mengalami kerugian sampai puluhan juta karena uang tersebut tidak bisa dicairkan.

Kasus ini pun semakin membesar saat pengguna lain juga mengaku hal yang sama. Mereka kebanyakan bertanya mengenai kejelasan pihak aplikasi ini di komentar Instagram Jombingo. Namun, tidak ada keterangan sama sekali dari pihak Jombingo. Ada pula pengguna yang mengaku dirugikan karena admin mematikan grup dan tidak bisa dihubungi.

Sementara itu, sebagaimana dilansir dari berbagai media menyebutkan jika kantor Jombingo di Jakarta tidak beroperasi dan tidak ada pekerja di sana. Begitu pun dengan kantor yang ada di kota lain seperti di Bandung. Tidak hanya itu saja, pengguna yang melakukan pemantauan juga menemukan jika aplikasi Jombingo sudah tidak ada di PlayStore dan itu artinya tidak bisa diunduh.

Oleh karena itulah, para pengguna pun mulai memperkuat bukti-bukti dan pendukung lainnya untuk proses pengajuan pelaporan ke pihak kepolisian. Pengguna berharap jika kasus ini segera diselesaikan dan dana dapat ditarik kembali.

Baca juga: 5 Aplikasi Perekam Suara Terbaik di HP

Tips Agar Aman Bermain Aplikasi Online

Fitur Chat di Aplikasi Gojek
sc: Freepik

Itu dia JETE Lovers ulasan mengenai apa itu Jombingo yang viral beberapa waktu belakangan di sosial media. Berkaca dari kasus yang dialami oleh pengguna, membuat kita untuk lebih berhati-hati dalam bermain aplikasi online. Khususnya aplikasi yang berkaitan dengan finansial.

Sebab, tidak hanya kerugian dari segi material saja yang dapat dialami pengguna, dalam beberapa kasus juga ada kerugian lain yang tidak kalah besar. Salah satunya adalah pencurian data pribadi yang nantinya mungkin saja disalahgunakan untuk aktivitas melanggar hukum.

Maka dari itu, sebelum mendownload dan memasang serta menggunakan aplikasi finansial, ada baiknya kamu untuk mencari tahu seluk beluknya. Termasuk apakah aplikasi tersebut tercatat di lembaga terkait dan memiliki dasar hukum agar lebih pasti dan aman saat digunakan.

Artikel terkait:

September 16, 2023

September 15, 2023

September 7, 2023

September 2, 2023

Agustus 28, 2023

Agustus 23, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp