Google Chrome di HP Lemot? Ini 5 Cara Ampuh Untuk Mengatasinya!

Google Chrome

JETE IndonesiaPernah mengalami Google Chrome di HP lemot waktu kamu sedang browsing? Tenang aja kamu nggak sendirian kok! Browser Chrome adalah salah satu layanan browser yang paling banyak digunakan di dunia. Sejak dirilis pada 2008, kini browser tersebut telah digunakan oleh 67% desktop di seluruh dunia dengan lebih dari 3 miliar pengguna.

Chrome sendiri bisa dinikmati di berbagai platform dengan macam-macam sistem operasi dan bisa disinkronisasi, termasuk di HP. Sayangnya, ada banyak keluhan tentang kinerja Chrome yang lambat meski fiturnya banyak disukai pengguna.

Dalam artikel ini, JETE akan memberikan tips dan trik jitu agar Chrome browser di HP kamu bisa meningkat performanya!

Cara Bikin Performa Google Chrome di HP Meningkat

Mau Chrome lebih cepat? Ikuti tips berikut ini ya!

1. Gunakan mode lite

 

google chrome

Browser Chrome kini menghadirkan mode Lite atau ringan agar browsing jadi lebih cepat. Dulunya, ini bernama Data Saver dimana Chrome menerapkan sebuah mekanisme unik mengkompres halaman di server Google agar loading lebih cepat.

Tidak hanya lebih cepat, dengan mode Lite kamu juga bisa menghemat kuota data lho!

Baca juga: Mau Traveling? Jangan Lupa Bawa 5 Benda Ini!

2. Tidak perlu hapus cache

google chrome

Kamu mungkin sudah sering dengar, menghapus cache bisa membuat performa Chrome lebih cepat. Hal ini tidak sepenuhnya salah, tapi menghapus cache hanya meningkatkan kecepatan Chrome saat pertama dibuka. 

Setelah itu, loading website jadi lambat lagi. Jadi, jangan pernah hapus cache jika ingin membuat performa Chrome lebih meningkat ya!

3. Tutup tab yang tidak dipakai

google chrome

Ini dia salah satu faktor penyebab performa Chrome jadi menurun. Kebiasaan “menimbun” tab yang sudah digunakan membuat loading lama di Chrome jadi lebih lama dari biasanya.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu langsung tutup tab yang sudah tidak digunakan lagi. Jumlah tab aktif yang ideal tidak lebih dari 5, sehingga jika kamu membuka tab lebih dari itu performa Chrome otomatis akan melambat. Tapi ini juga tergantung dari kapasitas RAM masing-masing HP ya!

Baca juga: Tips Merawat Speaker HP Agar Suara Tetap Jernih

4. Aktifkan menu preload 

Menu preload atau pramuat adalah salah satu fitur yang dihadirkan Google untuk browser mereka. Dengan mengaktifkan fitur ini, loading website akan jadi lebih cepat. 

Pramuat memungkinkan Chrome untuk memuat terlebih dahulu sebuah website sebelum di akses. Sayangnya, mengaktifkan fitur ini memakan lebih banyak data. Tapi dijamin browser kamu akan semakin cepat. Jika kamu sedang terhubung dengan WiFi, pastikan untuk selalu mengaktifkan fitur ini.

5. Update Chrome ke versi terbaru

Jika kamu merasa Chrome di HP kamu lemot, coba deh cek versi aplikasinya. Jangan-jangan kamu belum update ke versi yang terbaru.

Dengan versi terbaru, Chrome selalu melakukan perbaikan, menambahkan fitur-fitur baru, dan tentu saja meningkatkan performa lebih dari versi yang sebelumnya

Agar Lebih Nyaman, Manfaatkan Fitur Sinkronisasinya

Google Chrome adalah browser lintas platform yang bisa disinkronisasi. Artinya, kamu bisa login menggunakan akun yang sama di beberapa perangkat berbeda. Hebatnya laagi, riwayat pencarian, markah, dan laman yang disimpan bisa kamu akses dari banyak perangkat juga.

Pastikan kamu mengaktifkan fitur yang satu ini agar lebih nyaman. Oh iya, buat kamu yang punya mobilitas tinggi dan sering menggunakan HP untuk keperluan browsing, jangan lupa selalu bawa powerbank JETE kemanapun kamu pergi. Ada juga earphone JETE yang agar kamu semakin nyaman saat melakukan panggilan di tempat umum. Semua produk JETE bisa kamu dapatkan di Doran Gadget!

× Whatsapp