Mengenal 10 Jenis Kabel Data yang Perlu Kamu Tahu

Mei

19

0 comments

JETE Indonesia – Kabel data menjadi salah satu yang paling penting untuk menyalurkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Bahkan beberapa jenis kabel data juga merupakan kabel charger utama untuk beberapa perangkat seperti smartphone. Nah sebenarnya ada berapa jenis kabel data di dunia ini? Mari simak selengkapnya! 

Jenis Kabel Data 

Sebenarnya ada banyak jenis kabel data yang ada di dunia ini, namun 10 daftar jenis kabel data di bawah ini jadi yang paling banyak di cari dan menjadi yang paling banyak diketahui. Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya!

1. Kabel USB

jenis kabel data
sc: JETE Indonesia

Kabel USB (Universal Serial Bus) adalah salah satu jenis kabel data yang paling umum digunakan. Kamu pasti pernah melihatnya! Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti smartphone, tablet, printer ke komputer ,atau digunakan untuk charger. 

Dengan kabel USB, kamu dapat mentransfer data, mengisi daya baterai, atau bahkan menghubungkan perangkatmu ke periferal lainnya, seperti keyboard atau mouse. USB sendiri saat ini sudah terdiri dari beberapa macam tipe mulai dari USB Type-A, USB Type-B, dan USB Type-C.

2. Kabel HDMI

jenis kabel data
sc: elevenkomputer.com

Jika kamu ingin menonton film atau memainkan game di layar yang lebih besar, kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah jawabannya! Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat audio dan video, seperti laptop atau DVD player, ke TV atau monitor dengan resolusi tinggi. Dengan kabel HDMI, kamu dapat menikmati pengalaman audio dan video yang jernih dan tajam.

Baca juga: 3 Tipe Kabel Charger iPhone dari Dulu sampai Sekarang

3. Kabel Ethernet

jenis kabel data
sc: lazada

Apakah kamu ingin menghubungkan komputermu ke jaringan internet? Gunakan kabel Ethernet! Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer, laptop, atau perangkat jaringan lainnya ke modem atau router. Dengan kabel Ethernet, kamu dapat menikmati koneksi internet yang lebih stabil dan cepat dibandingkan dengan koneksi nirkabel (Wi-Fi).

4. Kabel Lightning

jenis kabel data
sc: lazada

Jika kamu pengguna produk Apple seperti iPhone atau iPad, kamu pasti sudah akrab dengan kabel Lightning. Kabel ini khusus digunakan untuk mengisi daya baterai dan mentransfer data antara perangkat Apple dan komputer atau digunakan untuk charger. Keunggulan kabel Lightning adalah ukurannya yang kecil dan kemampuannya yang dapat dihubungkan dalam berbagai arah.

5. Kabel USB-C

jenis kabel data
sc: JETEx.id

Kabel USB-C adalah kabel data yang semakin populer dan digunakan pada banyak perangkat terbaru. Kabel ini memiliki konektor yang serba guna dan dapat dihubungkan ke berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, atau perangkat audio. Kelebihan kabel USB-C adalah kecepatan transfer data yang tinggi dan kemampuan untuk mengisi daya dengan cepat.

6. Kabel VGA

jenis kabel data
sc: lazada

Jika kamu masih menggunakan monitor lama atau proyektor, kabel VGA (Video Graphics Array) adalah pilihan yang tepat. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop ke layar eksternal. Meskipun resolusinya tidak setinggi kabel HDMI, kabel VGA masih banyak digunakan karena kompatibilitasnya yang luas.

Baca juga: 3 Cara Cek Voltase Kabel Charger HP Android

7. Kabel Coaxial

jenis kabel data
sc: thecityfoundry.com

Kabel Coaxial sering digunakan untuk menghubungkan antena TV atau perangkat penerima TV ke TV atau set-top box. Kabel ini memiliki penghantar pusat yang dilapisi oleh lapisan isolasi dan lapisan pelindung, yang membantu mengurangi gangguan sinyal. Kabel Coaxial dapat memberikan kualitas gambar yang baik, terutama untuk siaran TV kabel atau satelit.

8. Kabel Thunderbolt

jenis kabel data
sc: tekno.kompas.com

Jika kamu memiliki perangkat Apple atau PC dengan port Thunderbolt, kabel Thunderbolt adalah pilihan yang tepat untukmu. Kabel ini dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, seperti eksternal hard drive atau monitor dengan resolusi tinggi. Selain itu, kabel Thunderbolt juga mendukung pengisian daya dan transfer video dalam satu koneksi.

9. Kabel SATA

jenis kabel data
sc: tokopedia

Jika kamu ingin menghubungkan hard drive atau SSD ke motherboard komputermu, kabel SATA adalah yang kamu butuhkan. Kabel SATA digunakan untuk mentransfer data dengan kecepatan tinggi antara perangkat penyimpanan dan motherboard. Kabel ini juga umum digunakan dalam perangkat-perangkat seperti DVD drive atau Blu-ray drive.

10. Kabel FireWire

jenis kabel data
sc: tokopedia

Meskipun semakin jarang digunakan, kabel FireWire (juga dikenal sebagai IEEE 1394) masih populer di industri musik dan video. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan perangkat audio dan video, seperti kamera digital atau sound card, ke komputer. Kabel FireWire memiliki kecepatan transfer yang tinggi dan dapat mengirim data secara real-time.

Baca juga: 4 Kelebihan Headset Kabel dibanding Headset Bluetooth dan TWS

Penutup

Itulah deretan jenis kabel data yang wajib kamu ketahui. Kalau kamu cari kabel data terbaik, sekarang kamu bisa membelinya di JETE. Semua produk JETE mendapatkan garansi rusak ganti baru hingga 2 tahun loh. Segera dapatkan kabel data JETE di kota kamu! 

Artikel terkait:

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

Maret 6, 2024

Februari 27, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah