Mengenal Apa Itu Adware: Bahaya dan Cara Menghindarinya 

Juni

17

0 comments

JETE Indonesia – Pernahkah kamu mendengar tentang virus bernama Adware? Meskipun masih jarang disebutkan, namun jenis virus satu ini cukup mengerikan karena bisa memberikan efek negatif pada perangkat dan orang yang terkena virus satu ini. Sebenarnya apa itu Adware? Mari simak selengkapnya! 

Apa Itu Adware?

Apa Itu Adware
sc: cheapsslsecurity.com

Adware (singkatan dari “advertising-supported software“) adalah jenis perangkat lunak yang ditujukan untuk menampilkan iklan kepada pengguna komputer. Adware umumnya menghasilkan pendapatan bagi pengembangnya dengan menampilkan iklan dalam berbagai bentuk, seperti jendela pop-up, spanduk, teks yang disematkan dalam halaman web, atau mengubah hasil pencarian yang relevan.

Adware biasanya disertakan dalam perangkat lunak lain yang diunduh atau dipasang oleh pengguna, seperti aplikasi gratis, pemutar media, atau utilitas sistem. Saat pengguna menginstal perangkat lunak tersebut, adware juga diinstal secara bersamaan tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna. Ini sering kali terjadi ketika pengguna tidak membaca dengan cermat persyaratan dan perjanjian lisensi pengguna akhir saat menginstal perangkat lunak.

Tujuan utama adware adalah untuk memperoleh keuntungan finansial dengan menampilkan iklan kepada pengguna. Namun, beberapa varian adware dapat menjadi lebih invasif dan mengumpulkan informasi pribadi tentang pengguna, seperti kebiasaan penelusuran, riwayat pencarian, atau preferensi online lainnya. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk mengarahkan iklan yang lebih relevan atau bahkan dijual kepada pihak ketiga.

Adware umumnya dianggap sebagai bentuk perangkat lunak yang tidak diinginkan (potentially unwanted software/PUP) karena intervensinya yang mengganggu dan privasi pengguna yang mungkin terancam.

Baca juga: 6 Tanda HP Dibajak Orang Lain, Segera Cek Sekarang!

Bahaya Adware

sc: heimdalsecurity.com

Adware adalah jenis perangkat lunak yang menampilkan iklan kepada pengguna komputer. Adware bisa mengganggu dengan munculnya iklan yang menghalangi tampilan konten atau membuat komputer menjadi lambat. Beberapa adware juga bisa mengumpulkan informasi pribadi dan mengancam privasi pengguna. 

Selain itu, adware sering dikemas dengan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan perangkat lunak keamanan, menghindari mengunduh dari sumber yang tidak terpercaya, dan membaca dengan cermat persyaratan saat menginstal perangkat lunak baru untuk menghindari adware.

Adware juga dapat mengakibatkan data pribadi Anda jatuh ke tangan pihak yang tidak diinginkan. Hal ini membuka peluang bagi berbagai jenis kejahatan cyber seperti phising, social engineering, dan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keamanan data pribadi Anda dengan menghindari adware dan menggunakan langkah-langkah keamanan yang tepat.

Baca juga: Deretan Aplikasi Lacak Nomor HP yang Bisa Anda Coba

Cara Menghindari Adware 

sc: freepik

Karena ada ads yang dilakukan secara legal, terkadang kamu akan sedikit kesulitan membedakan keduanya. Mana ads yang berbahaya dan yang aman untuk digunakan. Maka dari itu, menghindarinya adalah cara yang tepat. Salah satu langkah penting untuk mencegah terkena adware adalah dengan berhati-hati saat mengklik pop-up iklan, terutama yang terlihat mencurigakan seperti yang berhubungan dengan perjudian atau pornografi. 

Hindari mengunduh file ilegal karena pop-up iklan sering kali menyesatkan pengguna dengan menyatakan perangkat terinfeksi virus dan menawarkan unduhan palsu. Selain itu, jika Anda melihat aplikasi yang mencurigakan terpasang tanpa izin, sebaiknya segera hapus. 

Penting juga untuk memasang antivirus dan memperbarui perangkat lunak keamanan secara teratur. Plugin anti-malware juga dapat membantu melindungi website dari adware yang tidak terdeteksi. Pastikan untuk mengunjungi situs web yang telah memasang SSL (Secure Sockets Layer) untuk mengurangi risiko penyadapan data dan penipuan. Juga, disarankan bagi pemilik situs web untuk memasang SSL agar melindungi situs mereka dari adware dan malware yang berbahaya.

Baca juga: 7 Penyebab Kebocoran Data, Wajib Diketahui!

Penutup

Itulah seputar adware yang wajib kamu ketahui. Temukan mouse dan keyboard terbaik dari JETE untuk menemani aktivitasmu. Semua produk JETE mendapatkan garansi rusak ganti baru selama 2 tahun. Kunjungi store official JETE di sini! 

Artikel terkait:

Mei 22, 2024

Mei 15, 2024

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah