Mudah, Begini Cara Mengetik 10 Jari Lebih Cepat!

Juni

9

0 comments

JETE IndonesiaApakah kamu ingin mengetik lebih cepat dan efisien? Kamu bisa terapkan cara mengetik 10 jari. Cara ini sebenarnya sudah lama diterapkan. Khususnya untuk karywan yang berhadapan langsung dengan komputer dan memproses perintah kerja dengan cepat. Misalnya customer service, jurnalis, dan lainnya. Simak cara mengetik dengan 10 jari selengkapnya di artikel ini!

Cara Mengetik 10 Jari

Berikut cara mengetik 10 jari yang bisa kamu praktikkan saat mengerjakan tugas dan kegiatan lainnya:

1. Posisikan Jari Tangan Kanan dengan Benar

tipe keyboard (4)

Sebagai langkah awal, kamu harus memposisikan jari tangan dengan benar. Sebab, tangan kanan memegang peranan penting. Untuk posisi masing-masing jari tangan kanan ini adalah:

  • Jari telunjuk: berada di huruf H, J, Y, U, M, N termasuk angka 6 dan 7.
  • Jari tengah: berada di huruf I dan K serta tanda koma maupun angka 8.
  • Jari manis: berada di huruf O, L dan angka 9 serta tanda titik maupun Alt.
  • Jari kelingking: berada di huruf P, tanda titik dua (:), Enter, tanda petik (‘), tanda kurung siku ({}), tanda tanya (?), garis miring terbalik (\), Ctrl kanan, dan Shift.
  • Jari jempol: digunakan untuk spasi apabila yang terakhir mengetik menggunakan jari kiri.

Baca juga: 6 Tipe Keyboard Komputer yang Perlu Kamu Tahu

2. Sesuaikan Posisi Tangan Kiri

Selanjutnya, perhatikan posisi tangan dan jari kiri kamu. Sama halnya dengan jari kanan, bagian jari kiri ini bisa digunakan untuk tombol-tombol tertentu, seperti:

  • Jari telunjuk: berada di huruf R, F, G, V, B, T dan juga angka 5 dan 4.
  • Jari tengah: berada di huruf C, D, E dan angka 3.
  • Jari manis: berada di huruf W, X, S dan angka 2.
  • Jari kelingking: berada di huruf Q, Z, A dan angka 1. Termasuk juga untuk tanda Tab, Shift, Tab, Caps Lock, CTRL kiri, dan tombol Windows.
  • Jari jempol: digunakan untuk spasi apabila yang terakhir mengetik menggunakan jari kanan.

3. Cara Mengetik 10 Jari – Posisi Duduk Perlu Diperhatikan

Tidak hanya jari saja yang menjadi perhatian saat mengetik, posisi duduk juga menentukan. Selain itu, ini juga akan mempengaruhi tubuh dan kesehatan. Pastikan kamu berada posisi duduk yang benar saat mengetik di depan komputer. Terutama dalam waktu yang lama.

Adapun posisi duduk yang benar ketika kamu mengetik adalah pastikan punggung cukup rileks namun tidak terlalu membungkuk. Selain itu, jagalah posisi kepala agar tak terlalu condong ke posisi depan. Sedangkan posisi paha sebaiknya sejajarkan dengan lantai. Telapak kaki pun juga harus menapak di lantai.

Baca juga: Tips Tetap Sehat meski Duduk Berjam-jam di Depan Komputer

4. Shortcut Juga Wajib Diketahui

Shortcut atau jalan pintas pun perlu diketahui ketika ingin mengetik dengan cara cepat menggunakan 10 jari. Jalan pintas ini akan memudahkanmu untuk melakukan perintah tanpa harus mencari taskbar, menu, dan lainnya pada saat mengetik.

Cukup dengan mengetik huruf dan kombinasi lainnya. Beberapa shortcut yang perlu dipahami antara lain CTRL+C untuk meng-copy, CTRL+V untuk paste, dan CTRL+A untuk memblok semua area atau kata. Selain itu, masih banyak yang lainnya

5. Teruslah Berlatih Setiap Hari

02. keyboard gaming, keyboad komputer

Terakhir, setelah keempat cara di atas kamu kuasai, maka penting pula untuk mengasah kemampuan. Yakni dengan melatih dan membiasakannya setiap hari. Ingat, hal di atas tentu kurang maksimal jika dipraktikkan satu atau dua kali saja, atau bahkan tidak mempraktikkannya sama sekali.

Kemudian, untuk mengetahui seberapa cepat kamu dalam mengetik, buatlah perhitungan waktu (timer). Misalnya, dalam satu menit kamu mampu mengetik dalam berapa kata. Setelah itu, bandingkan hasil hari ini dengan kemarin dan hari berikutnya. Jika jumlah kata bertambah di waktu satu menit, itu artinya kamu ada peningkatan.

Baca juga: Mudah dan Aman, 5 Cara Membersihkan Keyboard Komputer 

Gunakan Aksesoris Komputer Terbaik

Bagaimana, cukup mudah bukan JETE Lovers cara mengetik 10 jari ini? Kini, kamu bisa mempraktikkannya sendiri dan rasakan bagaimana mengetik yang efektif, cepat, dan efisien.Selain cara di atas, agar semakin nyaman, kamu perlu juga menggunakan aksesoris komputer pendukung. Seperti keyboard dan mouse dari JETE Indonesia yang bisa didapatkan di official store yang tersebar di berbagai kota. Atau kamu membelinya di official store yang ada di marketplace.

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan