Bingung HP Tidak Bisa Dicas? Simak Tips Ini!

Maret

7

0 comments

JETE Indonesia – JETE Lovers, pernahkah kamu mengeluh karena HP tidak bisa dicas? Baterai HP yang mulai habis sedangkan kamu sangat membutuhkannya. Tidak perlu emosi, tidak bisa ngecas HP bukan akhir dari segalanya. Masih ada cara dan solusi untuk memperbaikinya. Artikel kali ini mengulas tips ngecas HP dengan benar yang dapat kamu simak agar HP bisa dicas dengan baik. 

Kenapa HP Tidak Bisa Dicharge ? 

Masalah yang paling umum ketika HP tidak bisa dicas adalah usia baterai yang sudah terlalu lama atau baterai bocor. Namun, hal itu bisa jadi bukan masalah utamanya. Masalah lain yang mungkin terjadi dialami adalah karena kepala charger atau kabel dari charger tersebut sudah rusak.  Akan tetapi, ,banyak diantara kita yang hanya menganggap bahwa karena tipe charger nya yang tidak cocok. 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

04. adapter charger, charger terbaik

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Berikut cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas  agar tidak ada lagi kesalahan: 

1. Waktu Pengisian Daya HP

Cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas yang pertama adalah pengguna HP perlu mengetahui aturan pengisian ulang baterai. Kamu bisa mengisi ulang baterai dari 30% sampai 90%. Cabutlah charger HP-mu sebelum mencapai 100%. Menurut techadvisor.com, mengisi baterai lithium-ion dari 80 sampai 100% bisa merusak daya. Hal itulah membuat baterai cepat menurun. 

2. Gunakan Charger HP Fast Charging 

Saat ini ponsel terbaru mendukung pengisian daya cepat. Kamu bisa membeli charger HP original Quick Charge dari Qualcomm yang menghasilkan daya 18W. Beberapa ponsel dengan model terbaru dan canggih saat ini menyediakan muatan daya lebih tinggi hingga mencapai hingga 45W.  Pengisian ulang daya cepat tidak merusak baterai. Tetapi, kamu juga perlu waspada pada saat ngecas HP, karena suhu dapat meningkat. Kamu perlu mengganti pengisian daya untuk menjaga kesehatan baterai. 

3. Pakailah Charger Original

Charger HP akan mempengaruhi kapasitas daya. Charger asli atau bawaan dari HP dapat mengurangi penurunan daya baterai.  Jika tidak, kamu tetap bisa membeli charger lain, tetapi kamu tetap harus memperhatikan dan memeriksa voltase dan ampere kepala charger sesuai dengan kebutuhan HP agar baterai tidak rusak. 

4. Hindari Cas Lewat Port USB Laptop 

Bagi kamu pengguna ponsel, sebaiknya menghindari cas HP lewat port USB laptop atau komputer. Hal itu karena arus yang masuk cenderung lambat, sekitar 0,5A. Apabila cas melalui port USB, akan membuat pengisian daya lebih lama dan meningkatkan suhu ponsel menjadi panas. 

Baca Juga: Tak Perlu Panik, Ini Cara Membuka Kata Sandi HP yang Lupa

Solusi HP Tidak Bisa Dicas

Charger hp 3

JETE Lovers, berikut solusi bagi kamu yang benar-benar memiliki HP tidak bisa di cas dengan charger jenis apapun. Jika kasusnya seperti ini, kamu masih memiliki opsi lain yaitu menghubungi servis resmi HP yang kamu gunakan atau pilihan kedua yaitu menggantinya dengan HP yang baru. Selain tersebut, berikut cara ngecas HP dengan benar agar gadget lebih awet dalam pemakaian di waktu lama.

1. Jangan Sering Pakai Powerbank

Powerbank adalah penyelamat yang sangat membantu kita pada saat kita ingin tetap memakai HP pada saat baterai habis. Sebenarnya, untuk penggunaan powebank ini sendiri sebenarnya sah-sah saja.  Namun, ngecas HP dengan powerbank bisa berpotensi membuat umur baterai HP kamu menjadi berkurang dan tidak bisa tahan lama jika penggunaannya terus menerus Oleh karena itu, kamu bisa menggunakannya di saat yang penting saja. Misalnya ketika traveling.

2. Lepas Casing HP

Jika kamu ingin ngecas HP yang dilindungi dengan casing, sebaiknya kamu lepas casing HP mu. Hal ini karena ada beberapa tipe HP biasanya menjadi hangat ketika casing HP masih terpasang. Dengan melepas casing HP, setidaknya dapat membuat suhu perangkat lebih sejuk. Namun, perlu diingat jika kamu menggunakan cara ini, pastikan mengisinya di tempat dengan suhu ruangan yang sejuk.

Baca Juga: HP Kamu Di Hack? Ini Cara Menghentikan HP Disadap dari Jarak Jauh!

Cas HP dengan Powerbank Wireless Agar Lebih Nyaman

Itulah penjelasan mengenai kenapa HP tidak bisa di cas hingga cara ngecas HP dengan baik dan benar. Powerbank wireless khususnya Powerbank JETE B5 untuk kamu yang menambah daya baterai HP lebih cepat. Dapatkan powerbank tersebut dengan membeli di official store JETE Indonesia di kotamu atau membelinya secara online di marketplace. Semoga Bermanfaat!

 

Penulis: Filippo Aurel Kezia – (Petra Christian University)
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

Februari 12, 2024

Januari 30, 2024

Januari 25, 2024

Desember 6, 2023

November 23, 2023

November 13, 2023

About the author, JETE Indonesia

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb