Ciri-Ciri Baterai HP Rusak yang Perlu Kamu Waspadai!

Maret

8

0 comments

JETE Indonesia –  Kamu pasti pernah menghadapi gejala HP panas dan daya baterai lama bertambah  saat dicas? Mungkin saja baterai kamu bermasalah!  Maka dari itu, simak ciri-ciri baterai HP rusak yang perlu kamu ketahui, agar bisa segera diperbaiki dan tidak membahayakan keselamatan diri sendiri. Yuk simak apa saja itu dari ulasan artikel berikut ini!

Ciri-Ciri Baterai HP Rusak

Berikut ini ciri-cirinya yang harus kamu waspadai:

1. Baterai Cepat Panas

Jika Baterai HP kamu mengalami panas yang tidak wajar saat digunakan, bisa jadi itu tanda bahwa baterai sudah mulai rusak. Hal seperti itu dapat terjadi karena baterai lemah atau bocor. Umumnya baterai memang akan panas saat digunakan untuk bermain atau menonton video terlalu lama, akan tetapi jika terlalu cepat panas maka baterai tersebut harus diganti sebelum merusak sistem yang ada di HP 

2.Baterai Mengembung

Tentunya kamu akan melihat kerusakan saat bagian belakang HP mulai terlihat mengembung atau membengkak, ini bisa menjadi tanda-tanda kamu harus menggantinya dengan yang baru, hal tersebut biasanya terjadi karena proses pengisian atau penggunaan yang tidak tepat.

3. Kapasitas Baterai Menurun

Jika baterai tidak bisa bertahan lama seperti sebelumnya, kemungkinan besar kapasitas dayanya sudah menurun. Hal tersebut membuat HP harus di isi ulang lebih dari biasanya atau tidak, HP akan lebih cepat mati.

4. Proses Pengisian yang Tidak Normal

Pernah berpikir kenapa saat dicas terasa lebih lama dari pada biasanya?  Hal tersebut terjadi karena komponen baterai sudah mulai tidak optimal. Hal tersebut bisa dipengaruhi  oleh dua hal yaitu charger yang sudah mulai rusak atau kabel yang tidak berfungsi normal atau baterai yang memang sudah kendor.

5. Pengisian yang Sering Putus-Putus

Jika baterai tersebut tidak bisa terisi ulang dengan lancar ataupun pengisian terputus-putus, ini juga bisa menjadi tanda bahwa baterai tersebut rusak yang disebabkan kabel charger yang tidak cocok.

Baca Juga: Bingung HP Tidak Bisa Dicas? Simak Tips Ini! !

Penyebab Baterai HP Rusak


Tentunya umur baterai bisa jadi alasan baterai HP rusak, memang pada dasarnya seiring berjalannya waktu, baterai bisa rusak. Karena masa tahan baterai kebanyakan selama 2 sampai 3 tahun sebelum perlu diganti. Overcharging juga menjadi kebiasaan buruk bagi kamu yang suka mengisi daya baterai terlalu lama, hingga akhirnya itu akan membuat kerusakan pada baterai.

Kebanyakan orang juga kurang memahami penggunaan charger yang tepat sehingga mampu menimbulkan kerusakan pada baterai, terlebih lagi ukuran voltase atau watt dari charger yang digunakan tidak cocok untuk ponsel tersebut. Selain itu ada juga kualitas baterai yang buruk, baterai yang tidak cocok atau palsu dapat mempengaruhi kinerja baterai.

Software aplikasi yang berat juga menjadi salah satu yang bisa memboroskan masa ketahanan baterai, seperti bermain game yang mempunyai kualitas graphic tertentu tidak sesuai dengan ponsel, maka hal tersebut membuat baterai cepat boros dan mengurangi ketahanan baterai.

Seringkali jika kamu tidak sengaja menjatuhkan ponsel tersebut, maka biasanya akan berdampak dengan kondisi baterai yang ada didalamnya. Benturan tersebut mungkin tidak terlalu merusak cover ponsel namun itu akan merusak fisik baterai perlahan lahan.

Dari sekian permasalahan tersebut, kamu juga harus menggunakan ponsel dengan benar. Karena hal tersebut sangat menentukan ketahanan baterai dalam ponsel tersebut, contohnya terlalu sering mengisi ulang, mengecas pada suhu  yang terlalu panas, ataupun menggunakan HP saat sedang di cas. Tentu saja hal ini menimbulkan permasalahan pada baterai.

Baca Juga: Tak Perlu Panik, Ini Cara Membuka Kata Sandi HP yang Lupa

Merawat Baterai Agar Tidak Rusak

Hp murah RAM besar, Charger hp 2, hp baterai besar, kelebihan hp baterai besar, kekurangan hp baterai besar

Ada beberapa cara yang benar untuk merawat baterai HP agar tetap awet:

1. Mengecas yang Benar 

Hal pertama yang bisa dilakukan agar baterai lebih awet adalah jangan mengecas HP terlalu sering dan terus menerus. Karena hal tersebut menyebabkan terjadinya pemanasan dan merusak sel sel dalam baterai. Sebaiknya, kamu menggunakan pengaturan hemat daya di ponsel untuk membatasi penggunaan daya dan memperpanjang masa pakai baterai. 

Kedua, mengisi baterai ponsel sampai penuh dan terus menggunakannya ponsel hingga baterai habis ternyata mampu memperpendek umur pemakaian juga loh! Usahakan untuk mengisi baterai ponsel hingga 80% atau 90% saja dan mengecas kembali ketika baterai sudah habis 20% sampai 30%Terakhir, jangan biarkan baterai ponsel habis terus menerus atau mengisi daya semalaman karena akan merusak sel-sel baterai dan memperpendek masa pemakaian. 

2. Charger yang Tepat 

Gunakan charger yang tepat untuk ponsel Anda. Karena  memakai  charger yang tidak cocok justru mempercepat kerusakan dalam baterai dan memperpendek masa pemakaian. Pastikan kamu menggunakan charger asli dari brand ponsel tersebut atau charger terpercaya yang cocok dengan ponsel tersebut.

3. PastikanSuhu yang Stabil

Mungkin hal ini sangat sepele namun jika ponsel melebihi batas suhu operasi yang disarankan maka suhu yang tinggi tersebut dapat merusak baterai dan memperpendek masa pemakaian. Alhasil hal  ini akan memberikan dampak bahaya pada baterai ponsel tersebut.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mengecas HP yang Patut Dihindari

Cara Mengatasi baterai HP Rusak

Inilah beberapa cara yang tersedia untuk kamu coba dalam mengatasi baterai yang rusak:

1. Ganti Baterai

Cara paling mudah untuk mengatasi baterai yang rusak adalah dengan mengantinya dengan baterai baru. Pastikan kamu membeli baterai yang cocok untuk merek dan model ponsel tersebut.

2. Reset Ponsel

Terkadang masalah baterai rusak dapat disebabkan oleh masalah software pada ponsel. Dengan begitu, kamu bisa mencoba untuk mereset ponsel dengan menghapus data dan aplikasi pihak ketiga yang tidak penting. Kamu juga bisa melakukan pengaturan kembali ke mode pabrik untuk meresetnya.  Pastikan kamu telah membuat cadangan data terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

3.Bersihkan Stop Kontak Baterai

Jika stop kontak baterai kotor atau berkarat, maka hal tersebut tentunya mengganggu kinerja baterai yang akan masuk kedalam tabung baterai ponsel. Kamu bisa membersihkan kontak baterai dengan menggunakan alkohol isopropil dan kapas, secara perlahan lahan.

4. Kalibrasi Baterai

Terkadang masalah baterai  yang tidak bisa diisi hingga penuh disebabkan oleh kalibrasi baterai yang salah. Kamu bisa mencoba mengkalibrasi baterai dengan mengecasnya sampai penuh dan kemudian menggunakan ponsel tersebut hingga habis atau mati. Setelah itu biarkan baterai tersebut mati beberapa jam sebelum mengisi dayanya kembali.

5. Perbaiki Baterai

Agar kamu tidak mengeluarkan banyak uang untuk membeli ponsel baru saat baterai rusak, maka kamu bisa memperbaiki baterai HP melalui beberapa toko pelayanan atau customer service yang menyediakan layanan perbaikan baterai. Namun pastikan untuk memilih toko terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Baca Juga: HP Kamu Dihack? Ini Cara Menghentikan HP Disadap dari Jarak Jauh!

Penutup

Itulah seputar informasi cara mengetahui ciri-ciri baterai HP rusak yang perlu kamu kenali. Tentunya ini bisa  memberikan manfaat untuk kamu yang ingin memperbaiki  baterai HP yang bermasalah.Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Christian Wongso Gunawan (Petra Christian University)
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

Februari 12, 2024

Januari 30, 2024

Januari 25, 2024

Desember 6, 2023

November 23, 2023

November 13, 2023

About the author, JETE Indonesia