Ini Perbedaan Twitter Blue vs Meta Verified, Apa Saja Manfaatnya?

Februari

28

0 comments

JETE Indonesia – Hai JETE Lovers! Tahukah kamu Instagram sudah meluncurkan fitur terbarunya yaitu Meta Verified. Lalu apa sih perbedaannya dengan Twitter Blue? Simak Ulasan berikut ini untuk mengetahui perbedaan Twitter Blue vs Meta Verified dan apa saja manfaatnya.

Apa Itu Twitter Blue?

Twitter Blue merupakan layanan fitur eksklusif yang dikeluarkan oleh Twitter. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lencana centang biru, emas, maupun abu-abu yang menandakan akun terverifikasi. Tentunya dengan beragam benefit yang bisa kamu dapatkan.

Untuk mendapatkannya, pengguna diharuskan berlangganan dengan membayar biaya langganan setiap bulannya. Fitur Twitter Blue sudah rilis di beberapa negara yang salah satunya adalah Indonesia sejak awal tahun 2023 lalu. 

Apa Itu Meta Verified?

Fitur Meta Verified merupakan fitur lisensi centang biru berbayar yang dikeluarkan oleh Meta. Fitur ini dapat digunakan untuk akun-akun terverifikasi di Instagram dan Facebook dengan beragam benefit yang ditawarkan. Saat ini fitur Meta Verified hanya bisa digunakan di Australia dan Selandia Baru. Belum ada kabar pasti kapan fitur ini bisa digunakan di Indonesia.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Cek Harga Akun Twitter Kamu!

Perbedaan Twitter Blue vs Meta Verified

Berikut ini perbedaan fitur Twitter Blue dan Meta Verified dalam beberapa aspek.

Biaya Langganan Tiap Bulan 

Fitur Twitter Blue sudah mulai bisa digunakan sejak Februari 2023 dengan biaya langganan lebih murah daripada Meta Verified. Biaya langganan tersebut sebesar Rp120.000 rupiah tiap bulan jika mendaftar melalui website. Sedangkan jika mendaftar melalui ponsel via aplikasi Android maupun iOS biaya langganan dikenakan sebesar Rp165.000 rupiah tiap bulannya.

Biaya langganan Meta Verified Facebook dan Instagram sedikit lebih mahal daripada Twitter Blue. Skema pembayaran yang digunakan sama dengan sekma Twitter Blue. Yaitu dengan biaya yang lebih mahal jika mendaftar melalui ponsel via aplikasi Android atau iOS.

Harga langganan Meta Verified dipatok sebesar $12USD atau Rp180.000 rupiah tiap bulan  jika kamu mendaftar melalui Instagram atau Facebook versi Website. Sedangkan jika kamu mendaftar melalui ponsel via Android atau iOS biaya langganan dikenakan sebesar Rp227.000 rupiah per bulan. 

Fungsi Lencana Centang Biru

Mengutip dari laman resmi Meta, layanan Meta Verified lebih difungsikan sebagai penunjuk akun autentik dari seorang pengguna. Sedangkan di Twitter, layanan Twitter Blue tidak hanya difungsikan sebagai penunjuk akun autentik dari seorang pengguna dengan verifikasi independen oleh pihak Twitter.

Fitur layanan Twitter Blue juga menandakan bahwa pengguna merupakan pengguna aktif Twitter dan berlangganan Twitter Blue. Sehingga lencana centang biru bisa dimiliki oleh seluruh pengguna Twitter yang membayar langganan.

Syarat Mendapatkan Lencana Centang Biru

Dengan fungsi yang berbeda, untuk mendapatkan lencana centang biru dari kedua layanan ini juga berbeda. Beberapa syarat untuk mendapatkan lencana centang biru Meta Verified adalah sebagai berikut : 

  • Akun memenuhi syarat aktivitas minimum.
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Mengirimkan kartu identitas resmi sesuai nama profil.
  • Kesesuaian nama profil dan nama asli.

Sedangkan untuk mendapatkan lencana centang biru Twitter Blue, kamu harus memenuhi persyaratan berikut ini.

  • Akun mempunyai nama dan foto profil asli.
  • Akun aktif dalam 30 hari terakhir. 
  • Akun sudah aktif dalam 90 hari setelah pembuatan.
  • Tidak terlibat dengan penipuan.

Baca Juga : Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Ini Alasannya

Manfaat Lencana Centang Biru Twitter Blue vs Meta Verified

Lencana centang biru baik dari layanan Twitter Blue dan Meta verified keduanya sama memberikan fitur eksklusif yang tidak terdapat di akun biasa atau akun gratis. Jadi, tidak ada salahnya bila kamu berlangganan salah satu dari kedua fitur ini.

Manfaat Fitur Meta Verified 

Beberapa manfaat yang kamu dapatkan dengan berlangganan Meta Verified adalah sebagai berikut.

  • Sticker eksklusif untuk story dan reels yang bisa digunakan di Instagram story maupun reels. Tawaran yang sama juga berlaku untuk Meta Verified di Facebook story maupun reels.
  • Pemberian 100 bintang gratis setiap bulan. Fungsi bintang ini adalah memberi sumbangan atau dukungan bagi kreator lain.
  • Perlindungan dari akun tiruan dan dilengkapi akses bantuan dari pihak resmi.
  • Meningkatkan keterjangkauan akun.

Manfaat Fitur Twitter Blue 

Sama halnya dengan Meta Verified, Twitter juga menawarkan beberapa benefit bagi yang berlangganan fitur Twitter Blue. Diantara benefit tersebut adalah sebagai berikut.

  • Mengedit atau membatalkan Tweet yang sudah dikirim.
  • Pengguna biasa Twitter hanya bisa mengirimkan tweet dengan batasan maksimal karakter. Twitter Blue menawarkan jumlah karakter yang lebih panjang dari batasan maksimal sebelumnya.
  • Mengubah tema aplikasi dengan lebih bervariasi.

Baca Juga : Fitur Baru Twitter, Bisa Gabungkan Teks hingga GIF dalam Tweet

Penutup

Itulah penjelasan mengenai perbedaan Twitter Blue vs Meta Verified beserta manfaatnya. Untuk sensasi explore Twitter, Instagram, dan Facebook kamu bisa menggunakan powerbank dari JETE Indonesia. Kamu juga bisa mendapatkan aksesoris lain dengan menghubungi CS kami di sini

Penulis: Roziana Lailatul Hidayah (Universitas Airlangga)
Editor: Arini Rizki Fauziah

Artikel terkait:

Juni 6, 2024

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

Mei 27, 2024

Mei 25, 2024

Mei 15, 2024

About the author, JETE Indonesia