Fitur Sleep Monitoring di Smartwatch, Bikin Tidur Lebih Teratur!

Juli

1

0 comments

JETE Indonesia – Di era teknologi yang semakin canggih, smartwatch sudah berkembang menjadi perangkat multifungsi yang lebih dari sekadar penunjuk waktu. Salah satu fitur unggulan yang kini banyak diminati adalah sleep monitoring atau pemantauan tidur. Dengan adanya fitur sleep monitoring di smartwatch, kamu bisa  mendeteksi berbagai fase tidur untuk memahami pola tidur. Untuk penjelasan selengkapnya, yuk simak artikel berikut! 

Apa Itu Fitur Sleep Monitoring? 

fitur sleep monitoring di smartwatch
Sc: Philips

Fitur sleep monitoring adalah salah satu fitur canggih yang dapat kamu temukan pada smartwatch JETE. Fitur ini dibuat bagi kamu yang ingin memantau kualitas tidurmu secara mendalam. Selain itu, pada versinya yang terbaru, JETE juga dilengkapi dengan sensor detak jantung optik yang memberikan hasil pengukuran lebih akurat.

Saat kamu menggunakan fitur ini, biasanya akan ada beberapa informasi mulai dari durasi tidur hingga seberapa nyenyak tidurmu di setiap fase. Sehingga, kamu bisa lebih memahami kebiasaan tidur dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai tidur yang lebih sehat dan teratur. Adapun berikut ini adalah beberapa fase tidur yang bisa kamu lihat pada fitur sleep monitoring di smartwatch:

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

  • Light Sleep (N1, N2): Tahapan awal tidur di mana pergerakan mata dan aktivitas otot melambat dan mempersiapkan tubuh untuk tidur nyenyak.
  • Deep Sleep (N3): Tahap tidur dalam di mana gerakan mata dan otot berhenti sepenuhnya, detak jantung dan pernapasan melambat, dan kamu sulit dibangunkan.
  • Rapid Eye Movement (REM) Sleep: Tahap akhir siklus tidur di mana mimpi sering terjadi dan otak memproses informasi.  
  • Awake: Tahap ini merujuk pada waktu di mana kamu terbangun selama tidur untuk membantu dan memahami pola tidur secara keseluruhan.

Baca juga: Spesifikasi JETE AM3 Series: Ada Fitur Olahraga, Kesehatan, hingga Game

Cara Kerja Fitur Sleep Monitoring di Smartwatch

fitur sleep monitoring di smartwatch
Sc: roongwit

Setelah kamu mengetahui bahwa fitur sleep monitoring bisa memantau fase tidur secara akurat. Pasti kamu penasaran dengan bagaimana cara kerja fitur sleep monitoring? Nah, jadi fitur sleep monitoring bisa bekerja karena adanya tiga jenis sensor yang meliputi: 

  • Sensor Detak Jantung (Heart Rate Sensor): Sensor ini akan memantau detak jantung. Jadi, ketika detak jantung kamu melambat, artinya tubuhmu mulai masuk ke fase tidur.
  • Sensor Pergerakan (Accelerator dan Gyroscope): Sensor-sensor ini mendeteksi gerakan tubuhmu. Jika pergerakan sangat minim, smartwatch akan mengidentifikasi bahwa kamu sedang tidur.
  • Sensor Suhu Kulit (Skin Temperature Sensor): Sensor ini mengukur suhu permukaan tubuh. Saat tidur, suhu tubuh cenderung menurun, sehingga sensor ini bisa mengenali kamu yang tertidur.

Dengan adanya ketiga sensor tersebut, smartwatch bisa memberikan informasi tingkatan tidur seperti tidur ringan (light sleep) hingga tidur lelap (deep sleep). Biasanya, hasil dari pemantauan smartwatch bisa kamu lihat langsung pada layar setelah kamu bangun dari tidur di malam hari. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu informasi secara detail seperti total waktu tertidur, durasi Deep Sleep, durasi Light Sleep, durasi REM Sleep dan awake. Caranya cukup tekan sekali pada layar smartwatch hingga informasi waktu muncul dengan sendirinya. Dengan demikian, kamu bisa memahami pola tidur dan membuat strategi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Spesifikasi Smartwatch JETE FR12 Series: Ini Fitur Unggulannya

Membaca Hasil Fitur Sleep Monitoring Di Smartwatch

fitur sleep monitoring di smartwatch
Sc: Honda

Dengan menggunakan fitur sleep monitoring di smartwatch JETE, kamu bisa mendapatkan informasi detail tentang kualitas tidurmu melalui Sleep Score yang memberikan nilai 1-100 berdasarkan berbagai faktor tidur. Adapun penjelasan dari setiap score-nya bisa kamu lihat berikut ini: 

  • Dibawah 60 (Poor): Menunjukkan kualitas tidur yang buruk atau tidak mendapatkan tidur yang cukup.
  • 60-79 (Fair): Menunjukkan kualitas tidur yang cukup. Meski tidak optimal, kamu masih mendapatkan beberapa manfaat dari tidur.
  • 80-89 (Good): Menunjukkan kualitas tidur yang baik atau mendapatkan tidur yang cukup dengan sedikit gangguan.
  • 90-100 (Excellent): Menunjukkan kualitas tidur yang sangat baik, nyenyak dan mendapatkan manfaat yang maksimal dari tidur.

Selain itu, perlu kamu pahami juga bahwa terdapat beberapa faktor penilaian pada fitur sleep monitoring di smartwatch yang memberikan gambaran menyeluruh tentang kualitas tidurmu. Berikut diantaranya: 

  • Durasi tidur: Mengukur waktu total yang kamu habiskan untuk tidur dan memberikan indikasi apakah kamu mendapatkan cukup waktu tidur setiap malam.
  • Stres selama tidur: Mencatat tingkat stres rata-rata yang kamu alami saat tidur dan membantu mengidentifikasi apakah ada faktor yang mengganggu tidurmu. 
  • Tahapan tidur: Mencakup total waktu yang dihabiskan di setiap fase tidur, seperti light sleep, deep sleep, dan REM sleep.
  • Waktu terbangun: Mengukur jumlah waktu yang kamu habiskan dalam keadaan seberapa sering tidurmu terganggu. 
  • Kegelisahan: Mencatat frekuensi dan durasi kegelisahan atau gangguan selama tidur untuk mengidentifikasi pola tidur yang tidak stabil. 

Baca juga: 10 Smartwatch JETE Terbaik untuk Temani Aktivitasmu

Penutup

Solusi Style dengan JETE Smartwatch

Demikian pembahasan seputar fitur sleep monitoring di smartwatch. Dengan memahami pola tidur yang lebih baik, kamu bisa mengatur gaya hidup dengan lebih efektif. Jika kamu tertarik untuk memiliki smartwatch dengan fitur-fitur canggih seperti sleep monitoring, percayakan saja kepada JETE Indonesia yang menawarkan berbagai pilihan smartwatch terbaik. Yuk dapatkan sekarang sebelum kehabisan!

Artikel terkait:

Juli 13, 2024

Juli 9, 2024

Juli 8, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

Juli 3, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb