Fitur Live Shopping Facebook Akan Segera Ditutup

JETE Indonesia – Dikabarkan Facebook akan menutup fitur belanja langsungnya seperti QVC yang memungkinkan pengguna untuk menyiarkan konten dan menjual produk ke audience. Fitur Live Shopping Facebook ini akan resmi ditutup pada 1 Oktober nanti. 

Facebook menyebutkan alasan penutupan fitur ini adalah bagian dari inisiatif perusahaan yang ingin mengalihkan fokus ke Reels. 

“Karena perilaku menonton konsumen beralih ke video bentuk pendek, kami mengalihkan fokus kami ke Reels di Facebook dan Instagram, produk video bentuk pendek Meta,” ungkap Facebok dikutup dari The Verge. 

Walaupun fitur Live Shopping Facebook sudah tidak ada, namun layanan ini masih akan tetap tersedia di Instagram. Meskipun begitu, pengguna akan tetap bisa menggunakan fitur Facebook Live untuk melakukan siaran langsung namun tidak dapat mengunggah produk atau memberi tag pada produk saat melakakukan siaran langsung. 

Baca juga: 20+ Quotes Reels Instagram yang Keren

Fitur tag ini sendiri sebenarnya memudahkan pengguna baik penjual maupun pembeli untuk melakukan pembelian. Penjual lebih mudah dalam menampilkan harga barang produk selama siaran. Sedangkan pembeli hanya perlu mengkliknya saja untuk melihat detail produk dan membelinya. 

Dengan penutupannya fitur Live Shopping Facebook ini, meta mengajak para pengguna Facebook untuk lebih memanfaatkan dan menikmati fitur Reels di Instagram dan Facebook. Nanti akan ada pilihan untuk memberi ‘tag’ pada produk di Reels Instagram. 

Sebagai informasi, Live Shopping dari Facebook ini pertama kali meluncur di Thailand pada 2018 yang lalu. Hadirnya fitur satu ini diharapkan mampu membantu para kreator untuk bisa menjual dan memamerkan produk mereka secara langsung. 

Meskipun Meta akan lebih fokus pada Reels yang memiliki basis video di Instagram, namun CEO Instagram Adam Mosseri menjelaskan bahwa Instagram akan terus mendukung konten foto, meskipun seiring berjalannya waktu akan semakin banyak konten berbentuk video di Instagram. 

“Saya ingin menegaskan bahwa kami akan terus mendukung foto. Itu bagian dari warisan kami. Namun, saya percaya seiring waktu akan semakin banyak video di Instagram. Kami memperkirakan hal ini meskipun kami tak melakukan perubahan apapun,” ungkap Mosseri melalui postingan Instagramnya. 

Baca juga: Cara Download Reels Instagram, Tanpa Aplikasi Juga Bisa!

Buat Reels Makin Seru Bareng JETE

Itulah alasan mengapa Live Shopping Facebook harus ditutup pada Oktober nanti. Bagi Anda yang ingin fokus membuat video Reels, gunakan berbagai barang aksesoris dari JETE sebagai pendukung video Reels Anda. Mulai dari tripod, speaker, webcam, headset, earphone, hingga tws. Anda bisa mendapatkannya di official store JETE Indonesia atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini.

× WhatsApp