Apa Saja Beda TV Analog dan Digital? Ini 5 Diantaranya!

Agustus

8

0 comments

JETE IndonesiaBeberapa waktu lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencanangkan program peningkatan mutu dan kualitas siaran televisi. Salah satunya adalah transisi dari TV analog ke TV digital. Untuk bisa menikmati TV jenis digital, diperlukan alat penangkap sinyal atau Set Top Box (STB).

Program tersebut akan berjalan bertahap yang dimulai pada tanggal 30 April 2022 sampai dengan 2 November 2022. Lantas, apa beda TV analog dan digital ini? Simak ulasannya sampai tuntas JETE Lovers.

Beda TV Analog dan Digital

Berikut beda TV analog dan digital secara umum yang perlu Anda ketahui sebelum membeli dan menggunakannya. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali beralih ke TV digital.

1. Tipe Transmisi Sinyal

5 Ciri Set Top Box TV Digital yang Aman dan Resmi

Pertama adalah dari segi tipe transmisi sinyal yang disalurkan. TV Analog menggunkan transmisi sinyal radio. Dimana format ini dapat dibagi dalam audio menggunakan gelombang FM maupun video yang disalurkan dengan gelombang AM.

TV Digital menggunakan transmisi sinyal berformat ‘bit’ yang disebut dengan data informasi. Tipe ini sama dengan disk DVD dan CD maupun Blu-Ray. Data sinyal tadi memiliki kode binari 1 dan 0. Kemudian, data ini diterjemahkan dalam bentuk suara dan gambar.

Baca juga: 5 Ciri Set Top Box TV Digital yang Aman dan Resmi

2. Cara Menyalurkan Sinyal

Selanjutnya tentang bagaimana kedua TV menyalurkan sinyal. Pada TV digitak, format video yang ditransmisikan atau disalurkan bisa dilakukan melalui dua cara. Pertama menggunakan interlaced dan kedua menggunakan progressive.

Untuk interlaced, gambar akan melalui proses pemindaian berdasarkan urutan ganjil dan genap terpisah. Kemudian, gambar ditampilkan bergantian. Lalu, pada cara progressive, gambar yang dipindai melalui urutan ganjil dan genap berurutan dalam sebuah TV.

3. Beda TV Analog dan Digital – Resolusi

Hal yang tak kalah menarik dari beda TV analog dan digital yakni dari segi resolusi gambar. TV analog memiliki keerbatasan bandwidth, sehingga gambar dan kualitas suara yang dihasilkan juga terbatas. Dimana kualitas tersebut tidak bisa ditingkatkan lagi.

Beda halnya dengan TV digital yang didukung dengan bandwidth besar. Ini akan berpengaruh pada kualitas gambar lebih tajam dan tinggi seperti ATSC 3.0. Resolusinya pun beragam yang dapat dipilih yakni mulai High Definition (HD) sampai 4K.

Baca juga: 7 Web Nonton Drakor dengan Kualitas Gambar Jernih

4. Format Gambar yang Ditampilkan

Beda TV analog dan digital yang keempat bisa dilihat dari format gambar yang ditampilkan. Jenis TV digital dapat memungkinkan pengguna menikmati siaran dengan berbagai format yang lebih meragam. Misalnya saja memiliki bidang pandangan yang cukup luas. Termasuk tidak terdapat bilah hitam di bagian atas maupun bawah layar.

Di samping itu, bandiwdth-nya pun luas. Sebagai contoh mendukung untuk format 16:9. Inilah yang membuat format gambar yang ada lebih jernih bila dibandingkan dengan TV analog pada umumnya.

5. Beda TV Analog dan Digital – Kekuatan Tangkapan Sinyal

Perbedaan yang terakhir ialah mengenai kekuatan dari tangkapan sinyal yang diterima. Pada TV analog, biasanya kekuatan sinyalnya tergantung dari kondisi geografis maupun jarak pemancar sinyal dengan TV yang menerima sinyal tersebut.

Apabila jarak TV dengan pemancar cukup jauh, tampilannya akan terganggu. Misalnya saja gambar yang berbayang dan muncul bintik.Sementara itu, pada TV digital kekuatan sinyalnya relatif lebih baik. Artinya, baik dekat atau jauh pemancarnya kualitas gambarnya akan tetap dan stabil.

Baca juga: Cara Nonton Video YouTube yang Aman dan Tak Bikin Boros Data

Lengkapi TV Analog Anda dengan Aksesoris Terbaik

Sudah tahu kan JETE Lovers, perbedaan antara TV analog dan digital? Dari ulasan di atas bisa dikatakan kalau TV digital memang lebih unggul. Terutama mengenai penerimaan sinyal dan tingkat kualitas gambar yang ditampilkan.

Kini, Anda bisa melengkapi TV digital dengan aksesoris terbaik saat menonton film favorit dan konten lainnya bersama keluarga. Salah satunya dengan menggunakan speaker bluetooth dari JETE Indonesia. Dengan kualitas suara yang menggelegar dan tahan terhadap air serta debu, sangat cocok digunakan untuk teman menonton Anda di rumah.

Artikel terkait:

Juni 23, 2023

Juni 17, 2023

Juni 13, 2023

Juni 7, 2023

Mei 26, 2023

Mei 25, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp