5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop

JETE Indonesia – Laptop memang menjadi salah satu barang yang paling mudah terkena debu dan kotoran-kotoran lainnya yang sering masuk melalui celah-celah tombol yang ada. Sayangnya banyak orang yang tidak peduli dengan debu yang masuk pada keyboard. Padahal jika dibiarkan menumpuk, maka debu dan kotoran yang masuk bisa membuat keyboard atau laptop Anda menjadi rusak. Karena itu, berikut ini adalah cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah! 

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Cara ini bisa Anda lakukan beberapa minggu sekali untuk menghilangkan debu-debu dan kotoran yang masuk ke keyboard laptop Anda. 

1. Matikan Laptop

Cara pertama adalah matikan laptop terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Karena untuk membersihkan laptop, Anda diharuskan untuk memastikan laptop dalam keadaan terbalik agar kotoran lebih mudah jatuh. Dengan mematikan laptop, Anda juga tidak perlu takut sesuatu terjadi saat Anda menekan tombol keyboard untuk membantu kotoran dan debu keluar dengan lebih mudah. 

2. Sedot Debu 

Selain membalikkan laptop, Anda juga bisa mencoba cara membersihkan keyboard laptop dengan lebih mudah menggunakan vacum cleaner berukuran kecil yang bisa menjangkau sudut-sudut keyboard.

3. Alkohol 

Anda juga bisa membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan alkohol, terutama bagi noda membandel yang tidak bisa hillang hanya dengan disedot atau dibalikkan saja. Caranya cukup celupkan kapas ke dalam sedikit alkohol gosok (isopropil alkohol) dan gosok dengan lembut untuk menghilagkan noda membandel pada keyboard. 

Baca juga: 6 Tipe Keyboard Komputer yang Perlu Anda Tahu

4. Kuas 

Kuas atau brush berbulu halus bisa digunakan untuk menyeka sela-sela laptop agar bersih. Pastikan untuk membalik laptop terlebih dahulu agar kotoran tidak malah masuk ke dalam laptop. Untuk hasil yang lebih maksimal, bersihkan dengan cara sapu dari dalam ke arah luar keyboard. 

5. Cabut Keyboard 

Cara ini  hanya boleh dilakukan bagi para profesional atau yang telah berpengalaman. Menjadi yang paling ampuh dalam membersihkan laptop, mengingat Anda bisa membersihkannya hingga bagian dalam. Namun pastikan untuk tidak melakukannya dengan sembarangan karena bisa membuat laptop malah jadi eror. 

Baca juga: Keunggulan Kamera Eksternal Laptop dan PC untuk Video Call

Dapatkan Keyboard Terbaik di JETE Indonesia 

02. keyboard gaming, keyboad komputer

Jika keyboard sudah terlanjur rusak karena tidak pernah dibersihkan atau Anda ingin menggunakan keyboard tambahan, Anda bisa membelinya di JETE Indonesia. Ada berbagai produk dari JETE yang bisa Anda gunakan mulai dari keyboard, mouse, webcam, mousepad, dan lainnya. Semua produk JETE mendapatkan garansi 2 tahun rusak ganti baru dengan klaim yang mudah. Beli produk JETE sekarang juga di sini! 

× WhatsApp