Mengenal Fitur Galaxy AI: Pengertian, Fungsi, dan Keamanannya!

Januari

20

0 comments

JETE Indonesia – Samsung telah memperkenalkan fitur terbaru yaitu Galaxy AI, seperangkat fitur kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna. Fitur-fitur ini memanfaatkan kekuatan AI untuk membantu pengguna menyelesaikan tugas, berkomunikasi secara lebih efektif, dan mengekspresikan diri dengan lebih kreatif.

Apa Itu Galaxy AI?

sc: John Kim/CNET

Galaxy AI adalah pengalaman kecerdasan buatan mobile yang komprehensif menurut Samsung. Fitur baru ini akan memberikan tingkat “kecerdasan universal” yang belum pernah ditawarkan oleh perusahaan sebelumnya pada seri flagship Galaxy mereka. Galaxy AI disebut sebagai “pengalaman AI seluler menyeluruh” yang akan meningkatkan komunikasi, produktivitas, dan kreativitas pengguna.

Fitur-fitur Galaxy AI dijalankan oleh kombinasi pemrosesan onboard dan cloud. Hal ini tidak mengherankan mengingat seberapa banyak pemrosesan yang diperlukan untuk tugas-tugas yang didorong oleh kecerdasan buatan, dan belum ada ponsel yang memiliki daya pemrosesan yang cukup untuk menjalankan kecerdasan buatan tanpa bantuan cloud. Dengan Galaxy AI, Samsung berusaha memberikan pengalaman pengguna yang lebih canggih melalui serangkaian fitur kecerdasan buatan yang terintegrasi dalam Galaxy S24.

Baca juga: 7 Rekomendasi AI untuk Pelajar dan Mahasiswa Terbaik, Wajib Tahu!

Fitur Galaxy AI 

sc: John Kim/CNET

Ada beberapa fitur Galaxy AI yang diperkenalkan oleh Samsung, semua fungsinya hampir sama yaitu memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas. Nah, berikut ini adalah beberapa fitur Galaxy AI yang wajib kamu ketahui.

1. Chat Assist

Salah satu fitur utama Galaxy AI adalah Chat Assist, yang membantu pengguna menyempurnakan pesan teks mereka sebelum mengirimnya. Chat Assist dapat mengubah nada pesan, menerjemahkannya ke bahasa lain, atau bahkan memeriksa ejaan dan tata bahasa. Ini berguna bagi pengguna yang ingin memastikan pesan mereka jelas, sopan, dan bebas kesalahan.

2. Live Translate

Fitur penting lainnya adalah Live Translate, yang memungkinkan pengguna menerjemahkan panggilan telepon secara langsung (real time) dalam 13 bahasa. Ini sangat berguna bagi wisatawan atau pebisnis yang perlu berkomunikasi dengan orang yang tidak berbicara bahasa mereka. Live Translate bisa digunakan untuk mengartikan voice call maupun dalam bentuk pesan atau teks. 

3. Circle to Search

Fitur Circle to Search di Galaxy S24 memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dengan cepat dan mudah tanpa meninggalkan aplikasi. Pengguna dapat mengelilingi objek pada media sosial menggunakan S Pen atau jari untuk memulai pencarian Google.

Fitur ini juga dapat digunakan untuk mencari restoran, toko, atau informasi lain tentang objek yang menarik perhatian. Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang ingin mencari informasi dengan cepat dan mudah, juga dapat membantu pengguna menghemat waktu dan tenaga.

sc: Dominik Tomaszewski / Foundry

4. Note Assist

Aplikasi pencatatan bawaan Samsung, Samsung Notes, juga ditingkatkan dengan Galaxy AI. Note Assist dapat meringkas, menerjemahkan, dan memformat file dalam aplikasi, serta membuat sampul digital untuk catatan. Ini membantu pengguna mengatur catatan mereka dengan lebih baik dan membuatnya lebih mudah ditemukan.

5. Generative Edit

Fitur Generative Edit di Galaxy S24 memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dengan cara yang lebih kreatif. Fitur ini memungkinkan pengguna memanipulasi dan memindahkan objek dalam foto. Pengguna dapat menghapus objek yang tidak diinginkan atau memindahkannya ke lokasi lain dalam gambar.

Fitur ini juga dapat digunakan untuk memperluas dan meningkatkan gambar. Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengedit foto dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Fitur ini juga dapat membantu pengguna mengekspresikan kreativitas mereka melalui foto.

6. Transcript Assist

Secara keseluruhan, Galaxy AI menawarkan kombinasi unik dari alat produktivitas dan kreativitas yang dapat berguna bagi berbagai pengguna. Fitur-fitur ini berpotensi menghemat waktu dan tenaga pengguna, serta membuka cara baru untuk berinteraksi dengan ponsel mereka.

Baca juga: 5 Daftar Fitur AI di Google Map, Travelling Jadi Mudah! 

Apakah Galaxy AI Aman?

fitur Galaxy AI
sc: samsung

Galaxy AI menjanjikan peningkatan produktivitas, kreativitas, dan kemudahan komunikasi pengguna lewat fitur-fitur canggih seperti Chat Assist, Live Translate, Circle to Search, dan Generative Edit. Namun, kemunculan Galaxy AI menimbulkan pertanyaan seputar keamanan. Seperti, berapa banyak data yang dikumpulkan, untuk apa data tersebut digunakan, dan bisakah Galaxy AI dimatikan jika tidak diinginkan?

Untuk memastikan penggunanya tidak khawatir, Samsung telah mengklaim dan memastikan data pengguna aman karena proses AI ini terjadi langsung di perangkat, tanpa koneksi internet. Pengguna pun tak perlu khawatir karena Galaxy AI dapat dinonaktifkan melalui pengaturan Advanced Intelligence untuk kembali ke pengalaman smartphone tanpa AI.

Fitur-fitur Galaxy AI saat ini gratis untuk pengguna perangkat yang kompatibel. Namun, Samsung memberi catatan bahwa layanan ini hanya gratis hingga akhir 2025, dan biaya mungkin berlaku untuk fitur AI pihak ketiga di masa depan.

Sementara itu, meskipun ada Galaxy AI, fitur Asisten Cerdas milik Samsung yaitu Bixby masih akan terus beroperasi di perangkat dan tetap berfungsi. Bixby sendiri adalah asisten virtual seperti Alexa atau Google Assistant, sedangkan Galaxy AI adalah sistem AI umum yang menggerakkan fitur-fitur unik dan inovatif di perangkat Galaxy. Ke depannya, Galaxy AI diperkirakan akan menggantikan Bixby secara bertahap.

Saat ini, Galaxy AI hanya tersedia di seri Samsung S24 (S24, S24+, dan S24 Ultra). Namun, mengingat pesatnya perkembangan AI, Galaxy AI diprediksi akan hadir di perangkat Samsung lainnya. Pantau terus pembaruan untuk mengikuti perkembangan teknologi ini!

Baca juga: 8 Produk AI dari Google untuk Kemudahan dalam Bekerja!

Penutup 

Itulah penjelasan seputar Galaxy AI yang wajib kamu ketahui. Nikmati kemudahan menggunakan berbagai fitur AI dari Samsung dengan berbagai perlengkapan aksesoris dari JETE seperti powerbank, headset, holder, dan masih banyak lagi. Semua produk JETE mendapatkan garansi resmi rusak ganti baru selama 2 tahun. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami melalui WhatsApp!

Artikel terkait:

Februari 21, 2024

Februari 20, 2024

Februari 3, 2024

Februari 3, 2024

Januari 27, 2024

Januari 20, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah