Apa itu Centang Hijau WhatsApp? Ini Manfaat Hingga Cara Mendapatkannya!

Agustus

4

0 comments

JETE Indonesia – Pernahkan kamu mendapatkan chat WhatsApp dari nomor yang memiliki centang hijau? Nomor WhatsApp ini biasanya dari akun bisnis terkenal seperti brand, lembaga, hingga pemerintahan. Lalu, apa itu centang hijau WhatsApp, manfaat, persyaratan, hingga cara untuk mendapatkannya?

Apa itu Centang Hijau WhatsApp?

Apa itu Centang hijau WhatsApp
Sc: Canva

Centang hijau WhatsApp adalah lencana verifikasi yang menunjukkan bahwa akun WhatsApp Business kamu resmi. Ketika membuat akun WhatsApp Business, kamu perlu memverifikasi bisnismu di Facebook Business Manager. Namun, hanya dengan memverifikasi bisnis kamu, bukan berarti kamu otomatis akan mendapatkan centang hijau WhatsApp. WhatsApp sangat selektif dalam memberikan centang hijau, dan biasanya hanya diberikan kepada merek yang sangat terpercaya.

Centang hijau WA penting karena dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Ketika pelanggan melihat centang hijau ini, mereka tahu bahwa mereka berkomunikasi dengan akun bisnis resmi yang terverifikasi. Ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.

Perbedaan Akun Bisnis Resmi dan Akun Bisnis Biasa pada WhatsApp Business

WhatsApp Business memiliki dua tipe yaitu akun bisnis resmi dan akun bisnis biasa. Adapun perbedaannya diantaranya:

Akun bisnis resmi

Akun bisnis resmi telah diverifikasi oleh WhatsApp. Ini berarti bahwa WhatsApp telah memastikan bahwa akun tersebut adalah milik bisnis yang nyata dan terkenal. Akun bisnis resmi memiliki centang hijau WhatsApp di profilnya, dan tanda hijau juga muncul di header sebuah thread.

Untuk mendapatkan akun bisnis resmi, kamu perlu mengikuti proses verifikasi WhatsApp. WhatsApp hanya memberikan centang hijau WhatsApp kepada bisnis-bisnis yang memenuhi kriteria tertentu, seperti memiliki reputasi yang baik dan jumlah pelanggan yang besar.

Akun bisnis biasa

Akun bisnis biasa adalah akun WhatsApp yang tidak diverifikasi oleh WhatsApp. Akun bisnis biasa tidak memiliki centang hijau WhatsApp, dan tanda hijau hanya muncul di header sebuah thread jika kamu menyimpan nomor telepon bisnis tersebut di kontakmu.

Untuk mendapatkan akun bisnis biasa, kamu hanya perlu membuat akun WhatsApp Business dan memasukkan nomor telepon bisnismu. Kamu tidak perlu melalui proses verifikasi WhatsApp untuk mendapatkan akun bisnis biasa.

Baca juga: 5 Fitur WhatsApp Bisnis untuk Tingkatkan Cuan Bisnismu

Manfaat Centang Hijau WhatsApp

Manfaat Centang hijau WA
Sc: Canva

Centang hijau WA memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan kredibilitas

Tanda centang hijau di akun WhatsApp Business kamu mampu memberikan keyakinan bahwa akun WhatsApp resmi bisnis (Official Business Account) yang sudah terverifikasi. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan oleh pelanggan atau rekan bisnis kamu. Sehingga secara tidak langsung kamu akan membangun kredibilitas bisnis dengan biaya murah.

2. Meningkatkan nilai bisnis

Centang hijau WA dapat meningkatkan nilai bisnis kamu di mata pelanggan. Pasalnya, kini terdapat lebih dari 50 juta bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Logo centang hijau WhatsApp dapat memainkan peranan penting sebagai pembeda bisnis kamu dengan bisnis lainnya.

3. Membangun brand awareness

Centang hijau WA juga bisa sebagai sarana pengenalan nama usaha atau branding secara gratis. Sebab, saat berkirim pesan atau berkomunikasi, nama bisnis kamu akan otomatis muncul di layar obrolan penerima pesan tanpa mereka harus menyimpannya terlebih dahulu.

4. Memperluas jangkauan pasar

Mendapatkan centang hijau WA memastikan kamu dapat mengirim pesan blast WhatsApp ke banyak kontak sekaligus. Kamu juga tidak perlu menyimpan nomor tujuan, begitu juga sebaliknya sehingga kamu dapat menjangkau banyak pelanggan dalam waktu yang cepat.

5. Meningkatnya penjualan

Tanda centang hijau WhatsApp dapat membantu mengurangi keraguan pelanggan atau rekan bisnis untuk bertransaksi online dengan bisnis kamu. Sehingga, transaksi penjualan dapat meningkat secara maksimal.

6. Integrasi dengan aplikasi lainnya

WhatsApp verified badge hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp Business API. Dimana WA API memiliki fitur yang memungkan kamu untuk terintegrasi dengan aplikasi CRM dan aplikasi populer lainnya. Hal ini mempermudah kamu untuk mengatur manajemen hubungan pelanggan.

Baca juga: Cara Memindahkan Chat WhatsApp Tanpa Ribet, Bisa Kamu Coba!

Syarat Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Syarat Dapat Centang hijau WA
Sc: Canva

Ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk mendapatkan centang hijau WA. Berikut ini syarat-syaratnya:

1. Memiliki bisnis atau badan usaha resmi

Centang hijau ini hanya diberikan kepada bisnis atau badan usaha resmi. Bisnis atau badan usaha resmi dapat dibuktikan dengan dokumen legal seperti SIUP, TDP, NIB, NPWP, dll. Namun, tidak semua jenis usaha diperbolehkan untuk mendaftar centang hijau di WhatsApp. Jenis usaha yang dilarang untuk mendaftar centang hijau ini antara lain:

  • Bisnis senjata dan amunisi
  • Alkohol atau minuman keras
  • Perjudian
  • Obat-obatan terlarang/narkoba
  • Penjualan hewan hidup
  • Produk medis dan perawatan kesehatan
  • Layanan kencan
  • Bisnis terkait cryptocurrency
  • Barang tembakau
  • Produk atau layanan dewasa

2. Memiliki akun Facebook Business Manager

Syarat kedua untuk mendapatkan centang hijau WA adalah akun Facebook Business Manager. Jika kamu belum memiliki akun Facebook Business Manager, kamu dapat membuat akun baru atau menggunakan akun Facebook pribadimu. Setelah memiliki akun Facebook Business Manager, kamu perlu melengkapi informasi yang diminta.

Cara Verifikasi WhatsApp Business di Facebook Business Manager:

  1. Masuk ke akun Facebook Business Manager milikmu dan klik “Business Settings”.
  2. Di bawah akun, pilih “WhatsApp Accounts”. Jika kamu memiliki beberapa akun yang terdaftar, pilih salah satu yang ingin kamu minta verifikasinya.
  3. Pilih “Settings” dan klik “Contact Support”.
  4. Klik “Ask a question” di kanan atas dan pilih “WABiz: Request official business account status”.
  5. Isi informasi yang diperlukan. Pastikan kamu sudah menyiapkan two factor authentication sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya untuk verifikasi.
  6. Status permintaan akan tersedia di bawah opsi “Direct support” di akun Facebook Business Manager.
  7. Jika permintaanmu disetujui, akun WhatsApp Business kamu akan otomatis di-upgrade ke akun WhatsApp Official Business dan menunjukkan tanda centang hijau terverifikasi tepat di samping gambar profilmu.

Waktu Verifikasi

Biasanya, WhatsApp akan mengembalikan keputusan dalam 2-4 hari kerja. Namun, jika permohonan ditolak, kamu harus menunggu selama 30 hari sebelum dapat mengajukan permohonan kembali.

3. Bisnis sudah dikenal publik

Bisnis yang diajukan untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp harus sudah dikenal oleh publik. Hal ini memudahkan untuk memverifikasi bahwa bisnis tersebut berkredibel dan layak untuk mendapatkan centang hijau (verified badge).

Baca juga: Mudah, Ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir!

Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Cara Dapat Centang hijau WA
Sc: Canva

Untuk mendapatkan centang hijau ini, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Dapatkan akses API WhatsApp

Kamu dapat melakukannya dengan mendaftarkan akun API dengan business solution provider (BSP). BSP adalah perusahaan yang menyediakan layanan kepada bisnis untuk menggunakan WhatsApp API. Ada banyak BSP yang tersedia, jadi kamu dapat memilih BSP yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Setelah mendaftarkan akun API dengan BSP, kamu akan mendapatkan akun WhatsApp API. Akun WhatsApp API ini akan memungkinkanmu untuk mengirim dan menerima pesan WhatsApp melalui aplikasi atau website bisnismu.

2. Mulai mengirim kampanye WhatsApp

Setelah mendapatkan akun WhatsApp API, kamu dapat mulai mengirim kampanye WhatsApp kepada pelangganmu. Kampanye WhatsApp adalah pesan yang dikirim secara massal kepada banyak pelanggan.

Kamu dapat menggunakan kampanye WhatsApp untuk berbagai tujuan, seperti: Menginformasikan pelanggan tentang produk atau layanan baru, Menawarkan diskon atau promo, Mengingatkan pelanggan tentang janji temu atau pengiriman dan Menjawab pertanyaan pelanggan. Untuk mengirim kampanye WhatsApp, kamu dapat menggunakan aplikasi atau website bisnismu.

3. Terapkan centang hijau WhatsApp melalui BSP

Jika kamu menggunakan BSP, penyedia API dapat dengan mudah mengirimkan aplikasi centang hijau ke WhatsApp atas namamu. Untuk menerapkan centang hijau ini, kamu perlu menghubungi BSP dan meminta mereka untuk mengirimkan aplikasi centang hijau. BSP akan memintamu untuk memberikan informasi tentang bisnismu, seperti:

  • Nama bisnis
  • Nomor telepon bisnis
  • Alamat bisnis
  • Website bisnis
  • Dokumen legal bisnis

Setelah BSP menerima aplikasi centang hijaumu, mereka akan mengirimkannya ke WhatsApp. WhatsApp akan membutuhkan beberapa hari untuk membuat keputusan tentang aplikasi centang hijaumu.

4. Tunggu persetujuan

WhatsApp akan membutuhkan beberapa hari untuk membuat keputusan tentang aplikasi centang hijaumu. Jika permohonanmu disetujui, centang hijau ini akan muncul secara otomatis di akunmu. Jika permohonanmu ditolak, WhatsApp akan memberi tahumu alasan penolakan. Kamu dapat mencoba lagi untuk mengajukan permohonan centang hijau WA setelah memperbaiki alasan penolakan.

Baca juga: 4 Cara Menghubungkan Chat GPT ke WhatsApp!

Biaya untuk Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Biaya Centang hijau WA
Sc: Canva

Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp. Centang hijau ini dapat diperoleh secara gratis. Namun, untuk mendapatkan centang hijau WA, kamu harus memastikan bahwa akun WhatsApp bisnismu adalah akun API WhatsApp yang resmi. Akun API WhatsApp adalah akun yang digunakan oleh bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp. Akun API WhatsApp dapat didaftarkan secara gratis di website WhatsApp.

Berapa Lama Proses Verifikasi Centang Hijau oleh WhatsApp?

Setelah kamu memenuhi semua syarat dan kriteria untuk mendapatkan centang hijau WA, pengajuanmu akan diverifikasi oleh WhatsApp. Proses verifikasi biasanya memakan waktu 1 hingga 2 hari kerja. Namun, dalam beberapa kasus, proses verifikasi bisa memakan waktu lebih lama, mulai dari mingguan bahkan bulanan.

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi waktu verifikasi pengajuan centang hijau ini, diantaranya:

  • Jumlah pengajuan centang hijau WhatsApp yang diterima setiap hari
  • Kelengkapan dan keakuratan informasi yang kamu berikan dalam pengajuanmu
  • Kualitas layanan pelanggan yang kamu berikan

Apa yang Harus Dilakukan Jika Pengajuan Centang Hijau WhatsApp Ditolak?

Jika pengajuan centang hijau WA ditolak, kamu masih bisa mengajukan banding. Kamu bisa melakukan pengajuan ulang setelah 30 hari dari pengajuan pertama. Meskipun pengajuan centang hijau WhatsApp ditolak, kamu tetap bisa menggunakan semua fitur WhatsApp Business API lainnya. Kamu masih bisa menggunakan fitur-fitur seperti WhatsApp Blast, Chatbot, Auto Responder, Auto Replay, dan fitur lainnya.

Adapun beberapa tips untuk mengajukan banding, diantaranya: memastikan bahwa pengajuanmu lengkap dan akurat. Pastikan kamu telah memenuhi semua syarat dan kriteria yang ditentukan oleh WhatsApp. Pastikan juga bahwa alasan penolakanmu dapat diperbaiki. Jika kamu mengikuti tips-tips ini, peluang pengajuan bandingmu akan lebih besar.

Baca juga: Spesifikasi JETE SK1 Series: Keyboard Wireless Ergonomis dan Nyaman

Chat Lebih Praktis dengan Keyboard Ergonomis

 jete SK1 Series

Itulah pembahasan lengkap tentang apa itu centang hijau WhatsApp, manfaat, persyaratan, hingga cara untuk mendapatkannya. Nah, agar pekerjaanmu lebih sat set, kamu bisa menggunakan keyboard JETE SK1. Keyboard Bluetooth ini memiliki desain keren dengan ukuran mini, ada fitur Auto Sleep, dan tidak bising saat digunakan. Balas chat pelanggan pun jadi lebih praktis.

Dapatkan keyboard ini dengan harga spesial di website JETE Indonesia. Selain itu, keyboard wireless ini juga tersedia di official store, marketplace, dan mitra resmi JETE Indonesia yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dapatkan pula garansi 2 tahun rusak ganti baru, tukar sepuasnya untuk setiap pembelian produknya. So, tunggu apa lagi? Dapatkan produknya segera, untuk dapat kenyamanan ekstra!!!

Artikel terkait:

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

Maret 6, 2024

Februari 27, 2024

Februari 7, 2024

Januari 29, 2024

About the author, Hendrik Ferdi Setiawan