JETE Indonesia – WhatsApp Business atau yang dikenal juga dengan WhatsApp bisnis dalam beberapa waktu belakangan cukup sering digunakan. Khususnya bagi para pelaku bisnis online. Hal itu karena memiliki berbagai fitur penting yang mendukung. Apa saja fitur WhatsApp bisnis tersebut? Simak ulasannya yang dirangkum tim JETE Indonesia berikut ini.
Fitur WhatsApp Bisnis
Berikut beberapa fitur WhatsApp bisnis yang sebaiknya kamu coba untuk meningkatkan cuan dan memudahkanmu dalam bertransaksi dan promosi bisnis online.
1. Membuat Katalog
Fitur WhatsApp bisnis yang pertama adalah membuat katalog. Dimana fitur katalog ini bisa digunakan dalam menampilkan produk maupun jasa yang ditawarkan ke konsumen. Bagi konsumen, fitur ini jelas memudahkan mencari barang yang diinginkan.
Kamu juga bisa menyembunyikan barang yang dijual ketika stok habis. Tak hanya itu saja, katalog bisa ditautkan ke sosial media yang digunakan. Promosi pun jadi lebih mudah, bahkan hingga 500 produk maupun layanan. Menarik, bukan?
Baca juga: Mudah, Ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir!
2. Profil Bisnis
Bisnis tanpa profil yang bagus tentu bisa membuat konsumen kurang yakin dengan produk maupun jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, susun dan buat profil bisnis onlinemu semenarik mungkin. Mulai dari situs web, email, alamat toko, maupun nomor telepon yang bisa dihubungi.
Berkat fitur ini, konsumen akan lebih mudah menghubungi kamu saat mereka tertarik mengenai produk yang ditawarkan. Selain itu, dengan profil yang baik konsumen pun lebih yakin terhadap bisnis. Dengan begitu, akan membuat penjualan meningkat dan bisnis dikenal luas.
3. Fitur WhatsApp Bisnis – Pesan Otomatis
Bagaimana membalas konsumen selama 24 jam? Kamu tak perlu lagi melakukannya secara manual. Sebab, WhatsApp bisnis terdapat fitur pesan otomatis. Ini akan memungkinkanmu mengirimkan pesan secara otomatis kepada konsumen kapanpun. Konsumen pun tidak merasa terabaikan.
Bahkan, dengan fitur ini kamu bisa meningkatkan engagement. Misalnya saja dengan membuat ucapan kepada konsumen baru. Termasuk memberitahukan hal lainnya seperti promo, produk baru, dan lain sebagainya secara efisien.
Baca juga: Kenapa WhatsApp Lemot? Kenali 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya!
4. Statistik Pesan
Perbedaan fitur WhatsApp biasa dengan WhatsApp bisnis ialah adanya fitur statistik pesan. Di sini, memungkinkanmu untuk mengetahui kapan pesan diterima maupun sudah dibaca. Tak hanya itu saja, fitur statistifk pesan bisa membantu penggunanya ke akses metrik.
Dimana akses metrik ini cukup penting untuk memetakan pelanggan. Sebagai contoh, ketika kamu melakukan promosi dan broadcast pesan kepada konsumen. Dari situ akan terlihat berapa pesan yang dikirim dan yang dibaca oleh konsumen.
5. Label dan Keranjang
Terakhir ada fitur Label, dimana fitur ini dapat digunakan untuk mengelola obrolan atau chat maupun mengelola kontak. Tujuannya agar kamu lebih mudah dalam membalas dan merespon chat yang dikirimkan oleh konsumen. Misalnya kategori pertanyaan dari konsumen lama maupun konsumen baru.
Selain itu, juga ada fitur keranjang. Fungsinya yakni memudahkan konsumen memasukkan barang yang akan dibeli dan diinginkan. Kemudian, keranjang ini memproses pesanan secara otomatis dan tersambung ke chat pemilik akun.
Baca juga: Begini Cara Backup WhatsApp Agar Data Aman
Penutup
Itu dia JETE Lovers beberapa fitur WhatsApp Bisnis yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis online. Agar semakin nyaman dalam berbisnis gunakan aksesoris gadget terbaik. Seperti powerbank, kabel data, charger, dan lain sebagainya dari JETE Indonesia. Kamu bisa mendapatkannya di official store terdekat di kotamu. Atau melalui marketplace dan aplikasi Doran Gadget sebagai mitra resmi.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!