Cara Mudah Melindungi Data Pribadi Agar Tidak Bocor

JETE IndonesiaBeberapa hari belakangan permasalahan mengenai keamanan data pribadi menjadi perbincangan setelah maraknya kasus bocornya data miliki perseorangan. Hal ini pun membuat kita untuk lebih waspada terhadap tindakan kejahatan tersebut. Lantas, apa yang kita bisa lakukan dalam melindungi data pribadi ini?

Cara Melindungi Data Pribadi

02. melindungi data pribadi, data pribadi

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi data pribadi agar tidak disalahgunakan dan jatuh di tangan yang salah.

1. Jangan Berikan Data Kepada Orang Tak Dikenal

Sebagai langkah awal yang paling mudah, sebaiknya Anda jangan berikan data pribadi kepada orang tak dikenal. Baik itu melalui nomor maupun email yang tak dikenal sama sekali. Tertutama saat Anda bermain di media sosial lalu tiba-tiba ada orang lain meminta data tersebut, sebaiknya jangan diberikan agar tidak diretas.

Untuk itu, Anda harus pastikan bahwa email dan nomor telepon tersebut valid. Misalnya dari perusahaan, instansi, dan sebagainya. Berhati-hati pula bila menerima link yang mencurigakan dan mengatasnamakan pihka tertentu. Cek lah terlebih dahulu dan konfirmasi kepada pihak yang dicantumkan tersebut.

2. Kata Sandi Hanya untuk Diri Sendiri

Cara berikutnya yang wajib Anda lakukan untuk melindungi data pribadi adalah dengan kata sandi. Ingat, kata sandi hanya digunakan untuk Anda sendiri dalam mengakses media sosial, dan sebagainya. Jadi pastikan jangan sampai kata sandi ini tersebar. Jangan sesekali pula menyebarkan nomor kartu kredit dan debit untuk pihak yang tak dikenal. Ketika kata sandi ini bocor ke orang lain, mereka juga akan mudah meretas akses pribadi Anda.

Baca juga: Akali Pembatasan Medsos Pakai VPN? Ketahui 3 Bahayanya

3. Penggantian Password Berkala Melindungi Data Pribadi

Tidak menyebarkan password ke orang lain mungkin itu tidak cukup, hal lain yang wajib Anda lakukan adalah mengganti password secara berkala dalam melindungi data pribadi. Lalu, buatlah password dengan struktur yang kuat. Untuk hal ini, Anda bias mengkombinasikan dengan angka, huruf, dan juga tanda baca.

4. Mengaktifkan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Terakhir, agar lebih optimal lakukanlah verifikasi dua langkah. Biasanya, sebagian besar media sosial memiliki fitur tersebut. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, Anda akan diminta pin sebanyak enam digit ketika akan melakukan login di akun lain.

Melindungi Data Diri Pribadi Secara Fisik Juga Penting

01. ring hp

Selain melindung data pribadi dengan cara di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga perangkat pribadi Anda secara fisik. Misalnya smartphone Anda yang bisa saja dapat disalahgunakan orang lain saat tidak terlindungi dengan baik.

Contohnya dapat ‘melirik’ tampilan layar ketika Anda membuka akses tertentu dan terlihat jelas. Maka, menghindari hal tersebut bisa menggunakan pelindung layar dengan jenis Hydrogel Screen Protector dari JETE Indonesia.

Dengan fitur Anti Spy, membuat visualisasi dapat dilihat pada sudut 90° dengan jelas. Namun, tidak dapat di terlihat dengan jelas pada sudut kurang dari 45°. Pada saat berada pada posisi  sudut kurang dari 45° inilah layar ponsel akan nampak lebih gelap sehingga tidak terlihat orang lain dari sisi samping kanan maupun kiri layar. Anda pun lebih nyaman mengoperasikan ponsel tanpa gangguan.

× Whatsapp