7 Cara Mengatasi HP Lemot Tanpa Ribet

hp murah ram besar, cara mengatasi hp lemot

JETE IndonesiaSmartphone atau HP yang lemot memang menjadi masalah yang cukup mengganggu. Terlebih pada saat Anda melakukan aktivitas penting. Kinerja yang melambat itu bisa dipengaruhi oleh aplikasi yang menumpuk dan hal lainnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi HP lemot ini? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Cara Mengatasi HP Lemot

Untuk mengatasi HP yang lemot selain membawanya ke tempat servis resminya, sebenarnya ada beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Update OS Smartphone

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (1)

Penyebab ponsel lemot bisa karena sistem operasi yang ada sudah usang. Sehingga, Anda perlu memperbaruinya. Untuk melakukannya Anda cukup melakukan pengaturan dengan cara masuk kem menu Setting> About device> Software update dan sentuh tombol Check for updates. Namun, tidak semua produsen smartphone melengkapi fitur pembaruan sistem. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikannya dengan cermat sebelum melakukan pembaruan.

2. Hapus Aplikasi yang Tak Terpakai

Cara mengatasi HP lemot berikutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tak terpakai. Banyaknya aplikasi yang ada akan membuat tuang pemrosesan ponsel bekerja lebih berat. Dengan artian, aplikasi yang tak terpakai akan tetap membebani kinerjanya. Jika Anda tidak ingin menghapusnya, Anda bisa mematikannya di ponsel. Agar, ketika digunakan lagi Anda tidak perlu menginstallnya kembali.

3. Home Screen Dibersihkan Secara Rutin

Pernahkah layar ponsel Anda penuh dengan pintasan aplikasi? Jika iya, bisa saja hal tersebut menjadi memperlambat kinerja. Membersihkan pintasan ini sebagai cara mengatasi HP lemot yang mudah Anda lakukan. Kemudian, sisakan aplikasi seperlunya saja. Begitu pula dengan animasinya, hindari penggunaan gambar atau wallpaper sebab hal itu juga akan memperlambat ponsel.

4. Cara Mengatasi HP Lemot dengan Membersihkan Chace

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone, cara mengatasi hp lemot

Semua aplikasi yang terpasang di smartphone akan menyimpan data dari cache secara otomatis. Tujuannya adalah ketika pengguna membuka aplikasi dapat terbuka dengan cepat. Di sisi lain, cache yang menumpuk ini akan memakan memori yang besar, sehingga kinerja smartphone akan melambat. Oleh karenanya, bukalah menu Setting>Storage lalu lanjutkan dengan Clear Cache.

Baca juga: Wajib Dihindari, Ini 10 Hal yang Memicu Smartphone Terbakar

5. Non-aktifkan Animasi

Setelah bersihkan semua chace, cara mengatasi HP lemot lainnya adalah mematikan fitur animasi. Langkahnya adalah dengan masuk ke menu Setting>About Phone lalu pilih menu System atau Device Information dan lanjutkan hingga muncul Build Number. Sentuhlah kolom tujuh kali dan aktifkan mode Developer. Tunggu sampai muncul Developer Option. Setelah masuk ke menu tersebut, terdapat kolom Window Animation Scale, Transition Animation Scale, hingga Animation Duration Scale. Kemudian, secara berurutan ubahlah angkanya 0.5x atau memilih Animation Off

6. Bisa Juga dengan Menonaktifkan Auto-Sync

Aplikasi media sosial yang ada di smartphone biasanya akan terpasang dalam mode auto-sync menyala. Fitur ini memang berguna untuk menarik data terbaru selama kurun waktu tertentu seperti menerima email. Akan tetapi, jika hampir semua aplikasi terutama media sosial Anda fitur ini aktif, bukan tidak mungkin akan membuat ponsel menjadi lemot. Solusinya, Anda perlu menonaktifkan fitur auto-sync di aplikasi khususnya media sosial.

7. Melakukan Factory Reset

Melakukan reset ulang mode awal pabrikan adalah cara mengatasi HP lemot yang terakhir setelah cara-cara sebelumnya belum atau tidak bekerja secara maksimal. Jika Anda melakukan hal ini, maka software yang ada akan kembali seperti baru pertama membeli. Begitu pula data yang ada di dalamnya akan hilang. Namun, sebelum melakukannya pastikan dahulu data-data dan aplikasi penting sudah Anda simpan di tempat lain yang aman.

Cara Mengatasi HP Lemot dengan Perangkat Terbaik

Power bank yang bagus, merk power bank terbaik, rekomendasi power bank terbaik (2)

Selain cara mengatasi HP lemot di atas, alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan perangkat atau aksesoris dengan kualitas terbaik. Sebab, baik langsung maupun tak langsung penggunaan perangkat yang tidak ori atau berkualitas buruk dan tidak sesuai pabrikan membawa dampak buruk yang berakibat kerusakan. Kerusakan pada komponen perangkat inilah yang akan merembet pada kerusakan lainnya sehingga HP menjadi lemot.

Menggunakan perangkat terbaik seperti powerbank, adapter charger, maupun kabel USB setidaknya dapat meminimalisir hal tersebut. Salah satunya adalah produk berkualitas premium dari JETE Indonesia yang bisa Anda dapatkan di outlet-outlet resmi dan marketplace maupun di distributor utamanya.

× Whatsapp