5 Perbedaan Keyboard Gaming dan Keyboard Komputer Biasa

01. keyboard gaming, keyboard komputer

JETE IndonesiaKeyboard merupakan perangkat utama dalam menjalankan aktivitas menggunakan komputer. Mulai dari untuk menyelesaikan pekerjaan hingga bermain game favorit. Namun, keyboard gaming dan keyboard komputer biasa atau reguler memiliki perbedaan tersendiri.

Perbedaan Keyboard Gaming dan Keyboard Komputer Biasa

Ada banyak hal yang menjadi perbedaan mendasar antara  keduanya. Hanya saja, yang cukup mencolok meliputi lima hal di bawah ini.

1. Keyboard Gaming Menggunakan Tipe Mekanikal

03. keyboard gaming, keyboad komputer

Hampir semua keyboard yang digunakan untuk gaming menggunakan tipe mekanikal. Yakni pada bagian tombolnya biasanya memiliki bantalan khusus yang disebut dengan switch. Piranti inilah yang membuat pengalaman mengetik lebih baik dan lebih mantap saat digunakan.

Sedangkan pada keyboard regular masih menggunakan tipe membran yang tidak seresponsif mekanikal. Memang, pada saat mengetik tombol keyboard mekanikal menciptakan suara yang cukup keras saat ditekan. Namun, ketika Anda menekannya sangat nyaman dan

2. Respon Cepat Keyboard

02. keyboard gaming, keyboad komputer

Mengenai soal tingkat responsifnya, keyboard yang dirancang untuk aktivitas gaming memang lebih unggul dibandingkan keyboard komputer biasa. Dengan teknologi mekanikal seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, keyboard ini mampu mengurangi tingkat latency dan responsif dalam 15-25 milidetik. Bandingkan dengan keyboard komputer reguler memiliki tingkat responsif 30 milidetik.

Meski perbedaan ini hanya beberapa milidetik saja, namun keyboard untuk gaming lebih unggul. Sehingga Anda bisa lebih cepat dalam menggerakkan kursor. Termasuk untuk game khusus seperti Fortnite dan Overwatch.

3. Memiliki Tombol Khusus Dibanding Keyboard Komputer Biasa

02. keyboard gaming, keyboard komputer

Begitu juga dengan tombolnya yang dari tampilan luarnya saja terlihat berbeda. Perbedaan yang nampak adalah, tombol di keyboard khusus bagi para gamers dibuat lebih besar dan menonjol, istilah ini dikenal dengan floating. Sedangkan pada keyboard reguler tidaklah semenonjol untuk gaming.

Jika keyboard reguler, tombol memang memiliki fungsi khusus. Akan tetapi, pada keyboard untuk bermain game lebih kompleks. Misalnya dilengukapi dengan tombol multimedia berjumlah delapan. Lalu, ada 19 tombol anti-ghosting untuk menjalankan instruksi permainan dengan cepat dan akurat tanpa khawatir macet.

Baca juga: Review Keyboard Gaming JETEX KBX2 – Desain Keren dengan Fitur Canggih

4. Desain yang Kompleks

01. keyboard gaming, keyboad komputer

Perbedaan berikutnya mengenai segi desain. Memang, kedua keyboard ini berbentuk persegi panjang dengan berbagai tombol. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, keyboard khusus  gaming cenderung lebih besar. Dalam artian lebih lebar dibanding reguler yang terkesan sangat standar.

Perbedaan dari segi desain lainnya adalah pada perangkat gaming ini memiliki backlite RGB, yakni lampu pada keyboard yang berwarna-warni untuk membedakan tombol-tombol penting dan sering dipakai saat bermain game. Sedangkan pada keyboard reguler, jelas tidak memiliki lampu kecuali untuk hal khusus seperti indikator penggunaan caps lock.

5. Perbedaan dari Segi Harga

03. keyboard gaming, keyboard komputer

 

Tak hanya dari segi spesifikasi dan fiturnya saja, perbedaan yang signifikan antara keduanya adalah segi harganya. Untuk keyboard reguler biasanya harganya memang lebih murah dibandingkan dengan keyboard khusus untuk gaming. Perbedaan tersebut dikarenakan fitur yang disematkan pada gaming lebih banyak dan menggunakan teknologi terkini.

Gunakan Keyboard Gaming dan Keyboard Komputer Terbaik

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa keyboard untuk gaming memang memiliki tingkat responsif yang cukup tinggi. Termasuk dari segi penggunaan tombol yang nyaman. Begitu pula soal harganya yang terlihat memiliki perbedaan cukup jauh. Bila Anda menggunakan untuk keperluan pekerjaan standar, keyboard komputer masih layak untuk digunakan.

Dalam memilih keyboard ini, selain sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan pastikan pula keyboard memiliki kualitas terbaik. Bila Anda memilih keyboard untuk gaming, produk dari JETE Indonesia seperti KBX1 dan KBX2 layak untuk Anda pilih dalam mendapatkan pengalaman terbaik saat bermain game.

× Whatsapp