Ini Cara Membersihkan Kabel Charger dan Tips Merawatnya!

November

23

0 comments

JETE Indonesia – Kabel charger yang kotor bukan hanya mengganggu secara estetis, tetapi juga dapat berdampak buruk pada kinerja dan keamanan perangkat kamu. Dengan beberapa langkah sederhana, kamu dapat membersihkan kabel charger dengan mudah dan meningkatkan umur pakainya. Nah, berikut ini adalah cara membersihkan kabel charger dan tips praktis untuk merawat kabel charger kamu.

Cara Membersihkan Kabel Charger

Cara Membersihkan Kabel Charger
sc: freepik

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan kabel charger yang sudah mulai kotor. Pastikan untuk mengikuti step yang ada ya!

1. Matikan Perangkat dan Cabut Kabel Charger

Langkah pertama yang sangat penting sebelum membersihkan kabel charger adalah memastikan perangkat dalam keadaan mati dan mencabut kabel dari sumber daya listrik. Ini akan mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keamanan selama proses pembersihan.

2. Bersihkan Debu dan Kotoran 

Gunakan kuas lembut, seperti kuas make-up yang tidak terpakai, untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kabel. Sikat dengan lembut sepanjang kabel, fokus pada area-area yang sering terabaikan seperti ujung konektor dan bagian sekitar kepala charger. Pastikan untuk menghindari memberikan tekanan berlebihan yang dapat merusak kabel.

3. Gunakan Pembersih Khusus Elektronik

Pilih pembersih khusus elektronik yang aman untuk digunakan pada kabel charger. Semprotkan pembersih pada kain bersih atau kapas, lalu usapkan secara lembut sepanjang kabel. Pastikan untuk tidak menyemprotkan pembersih langsung pada kabel untuk menghindari risiko merusak komponen internal.

Baca juga: Cara Mirroring HP ke Laptop dengan Mudah Tanpa Root!

Cara Membersihkan Kabel Charger
sc: freepik

4. Periksa Kabel Secara Berkala

Rutin memeriksa kondisi kabel charger dapat mencegah kerusakan lebih lanjut. Perhatikan tanda-tanda aus atau kerusakan fisik seperti kabel terkelupas atau kawat terlihat. Jika kamu menemui masalah, pertimbangkan untuk mengganti kabel segera untuk menghindari risiko korsleting atau gangguan pada pengisian daya.

5. Lindungi Kabel 

Untuk mencegah kabel charger dari kerusakan lebih lanjut, pertimbangkan untuk menggunakan pengaman kabel atau spiral protector. Aksesori ini dapat melindungi kabel dari gesekan, melilit, atau tekanan berlebihan yang dapat mengakibatkan kerusakan.

6. Simpan Kabel dengan Baik

Cara terbaik untuk mencegah kabel charger menjadi kotor adalah dengan menyimpannya dengan baik. Hindari menggulung kabel secara terlalu kencang atau menariknya dengan kasar. Gunakan organizer kabel atau pengikat kabel untuk menjaga keteraturan dan mencegah kusut.

Sebagai catatan, bila tidak memiliki cairan khusus untuk membersihkan alat elektronik, maka membersihkan kabel dengan menggunakan minyak kayu putih lebih dianjurkan karena dapat membersihkan noda membandel dengan aman tanpa takut kabel rusak jika dibandingkan membersihkannya dengan air sabun. 

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kamu dapat menjaga kabel charger kamu tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Merawat kabel secara teratur tidak hanya meningkatkan tampilan visual, tetapi juga memperpanjang umur pakai kabel dan mencegah potensi risiko kesehatan dan keamanan. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan keamanan saat membersihkan atau merawat perangkat elektronik kamu.

Baca juga: Apa Itu Charger GaN dan Keunggulannya yang Perlu Kamu Tahu!

Tips Merawat Charger 

sc: freepik

Mencegah agar charger tidak mudah kotor dan berdebu dapat meningkatkan umur pakai dan kinerjanya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga agar charger tetap bersih:

  • Simpan dengan Rapi: Simpan charger kamu dengan rapi dan hindari meletakkannya di tempat yang terbuka. Gunakan organizer kabel atau wadah khusus untuk menghindari debu dan kotoran.
  • Hindari Lantai: Jangan meletakkan charger di lantai, terutama di tempat yang sering berdebu. Lebih baik meletakkannya di atas meja atau permukaan yang bersih.
  • Gunakan Penutup Charger: Pertimbangkan untuk menggunakan penutup charger atau cap yang dirancang khusus untuk melindungi konektor dari debu dan kotoran.
  • Tempatkan di Tempat Terpisah dari Peralatan Lain: Pisahkan charger dari peralatan lain, terutama yang sering digunakan di tempat yang cenderung kotor. Hal ini akan membantu mencegah debu menempel pada kabel.
  • Bersihkan Area Penyimpanan Secara Rutin: Rutin membersihkan area penyimpanan charger dan tempat penyimpanan perangkat elektronik kamu. Ini akan membantu mengurangi debu di sekitar charger.
  • Hindari Penggulungan yang Terlalu Kencang: Hindari menggulung kabel charger terlalu kencang saat tidak digunakan. Penggulungan yang terlalu rapat dapat membuat debu sulit dihilangkan.
  • Gunakan Penyangga Kabel atau Spiral Protector: Pengaman kabel atau spiral protector dapat membantu melindungi kabel dari gesekan dan debu. Gunakan aksesori ini untuk mencegah kerusakan dan menjaga kebersihan kabel.
  • Membersihkan Kabel Secara Rutin: Bersihkan kabel secara rutin dengan menggunakan kuas lembut atau kain bersih. Hindari penggunaan cairan pembersih yang berlebihan untuk menghindari kerusakan.
  • Hindari Penggunaan Charger di Tempat yang Berdebu: Gunakan charger hanya di tempat yang bersih dan minim debu. Hindari penggunaan charger di tempat yang berdebu atau terlalu terbuka.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat menjaga agar charger tetap bersih dan berkinerja baik. Upaya pencegahan sederhana ini dapat membuat perbedaan dalam menjaga perangkat kamu tetap dalam kondisi yang baik.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Charger Hp yang Tidak Mengisi, Jangan Langsung Dibuang!

Penutup

Nah, itu tadi adalah beberapa cara untuk memperbaiki charger HP yang tidak mengisi, JETE Lovers! Jika kamu sering menggunakan smpartphone namun baterai cepat habis, jangan lupa gunakan charger dari JETE sebagai solusinya Kamu bisa mendapatkan semua produk JETE di sini! Untuk promo produk yang berlaku, follow Instagram JETE Indonesia di HP-mu sekarang juga. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Januari 30, 2024

Januari 25, 2024

Desember 6, 2023

November 23, 2023

November 13, 2023

Mei 22, 2023

About the author, Arini Rizki Fauziah