Apa Itu Virtex WA dan Cara Mencegahnya Agar Data Aman

Agustus

16

0 comments

JETE IndonesiaWhatsApp saat ini menjadi aplikasi perpesanan yang banyak digunakan orang di berbagai penjuru dunia. Seiring penggunaan yang meningkat ini, bukan berarti tidak ada celah bagi orang yang tak bertanggungjawab untuk menanamkan virus.

Salah satunya adalah dikenal dengan virus virtex WA. Seperti apa virus ini dan bahayanya? Lalu, bagaimana cara mencegah agar HP kita tidak terkena serangan virus tersebut? Simak ulasannya!

Apa Itu Virtex WA?

Apa Itu Virtex WA (1)
sc: Kompas Tekno

Sebelum mengetahui apa saja dampaknya, terlebih dahulu kamu perlu mengenal apa itu virtex WA. Ini merupakan virus dalam bentuk teks yang dikirimkan oleh pihak yang tak dikenal yang berupa karakter, huruf, angka, dan simbol yang berjumlah cukup banyak dan tidak bisa dibaca.

Virus virtex yang menyerang ini sering ditemukan di link, video, maupun aplikasi. Keberadaan virus tersebut akan menyerang ke orang lain saat disebarkan lewat satu aplikasi. Adapun yang paling sering terjadi adalah dengan WhatsApp.

Walaupun virus menyebabkan kinerja smartphone lambat, namun di satu sisi kamu perlu mewaspadai serangan virus ini. Sebab, jika dilakukan oleh nomor tak dikenal bisa jadi menjadi celah terjadinya kejahatan siber (cyber crime).

Baca juga: 5 Ciri dan Tanda WA Diblokir, Apakah Kamu Mengalaminya?

Jenis Virtex WhatsApp dan Dampaknya

sc: The Sun

Saat menyerang targetnya, virtex biasanya masih dibagi lagi dalam beberapa jenis. Pembagian tersebut berdasarkan efek yang ditimbulkannya. Berikut jenis virtex WhatsApp yang perlu diketahui:

  • Virtex Easy: merupakan virus yang berupa teks dengan efek ringan dan risiko yang ditimbulkan pun tidak begitu besar. Misalnya saja hanya menyebabkan HP ngelag maupun freeze di aplikasi WhatsApp. Hal ini pun sifatnya sementara.
  • Virtex Sedang (Medium): tipe ini memang tingkatanya sedikit lebih ganas dibandingkan easy. Biasanya berupa sekitar 66 ribu karakter. Jika HP-mu terkena serangan maka dampaknya adalah tidak bisa mengoperasikan WA sampai force close.
  • Virtex Ganas (High Risk): virtex ini adalah yang paling berbahaya. Efeknya adalah sistem operasi di smartphone akan rusak dengan sendirinya saat dibuka. Smartphone pun akan lebih lemot dan berat. Untuk karakter di vertix ganas bisa lebih dari 66 ribu karakter.

Baca juga: Mudah, Ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir!

Mencegah HP Terkena Virtex WhatsApp

01. whatsapp
sc: Cronista

Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk kamu lakukan agar bisa terhindar dari virus tersebut di antaranya:

1. Hindari Memberikan Nomor ke Orang yang Tak Dikenal

Sebagai langkah awal yang paling mudah adalah sebaiknya kamu jangan terlalu mudah untuk memberikan nomor ke orang yang tak dikenal. Sebab, bisa saja pihak yang tidak kita kenal tersebut menjadikan nomor kita sebagai sasaran virus atau tindakan kejahatan lainnya yang merugikanmu.

2. Gunakan WA Immune

Untuk HP sendiri kamu pun perlu memasang aplikasi WA Immune. Ini adalah aplikasi MOD WhatsApp yang diklaim kebal terhadap serangan virtex. Keunggulannya adalah, perangkat dan aplikasi menjadi lebih aman dan tidak ngelag saat terserang virus ini.

3. Lebih Waspada Saat Menerima Pesan Whatsapp

Cara terakhir untuk mencegah virus virtex ini adalah lebih waspada saat mendapatkan pesan dari nomor yang tidak dikenal. Apabila kamu menerima dan terlihat dari notifikasi itu adalah pesan yang sulit terbaca, sebaiknya jangan dibuka dan segera hapus serta blokir nomor tersebut.

Baca juga: Ciri Whatsapp Disadap Orang Lain dan Solusinya!

Bagaimana Mengatasi HP yang Terkena Virtex WA

cara bakcup whatsapp
sc: Grid

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP yang sudah terlanjur terserang virtex WA? Tak perlu khawatir, segeralah lakukan hal di bawah ini:

1. Segera Hapus Pesan Virtex

Pertama, kamu jangan membuka pesan yang terindikasi serangan virtex. Saat membukanya, secara langsung HP akan terkontaminasi dan membuat HP lemot. Oleh karena itu, segera hapus pesan virtex tersebut sebelum membukanya.

2. Hentikan Aplikasi WhatsApp secara Paksa

Selanjutnya, hentikan secara paksa aplikasi WhatsApp yang kamu buka. Tunggulah beberapa saat untuk masuk kembali ke aplikasi. Kemudian, hapus pesan yang mengandung virus virtex tersebut.

3. Download dan Install Ulang Aplikasi WA

Jika kedua cara di atas masih belum bisa dan tidak mempan, sebaiknya segera hapus data aplikasi WhatsApp yang ada di HP. Kemudian, matikan smartphone beberapa saat. Nyalakan kembali smartphone tersebut dan install kembali aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Begini Cara Backup WhatsApp Agar Data Aman

Nah, kini sekarang kamu sudah tahu JETE Lovers bahaya dari virtex WhatsApp dan cara mengatasinya? Oleh karena itu, jagalah gadgetmu sebaik mungkin agar tidak jatuh ke orang yang salah dan menyebabkan WhatsApp-mu bermasalah hingga disalahgunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

September 19, 2023

September 16, 2023

September 15, 2023

September 7, 2023

September 2, 2023

Agustus 28, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp