5+ Aplikasi Cek Kualitas Udara Terbaik dan Akurat 2023

Agustus

23

0 comments

JETE IndonesiaAplikasi cek kualitas udara beberapa waktu belakangan banyak diunduh dan diinstal oleh para pengguna smartphone. Terlebih lagi di beberapa kota di Indonesia maupun dunia terpantau mengalami kondisi udara yang buruk.

Oleh karena itu, keberadaan aplikasi ini sangatlah membantu pengguna. Apa saja yang di antaranya? Simak ulasannya hingga tuntas di artikel kali ini.

Aplikasi Cek Kualitas Udara Online

Ada beberapa rekomendasi aplikasi cek kualitas udara online dengan berbagai fitur unggulan yang dapat kamu install di smartphone.

1. BreezoMeter

aplikasi cek kualitas udara - breezometer
sc: Brrezometer

Aplikasi cek kualitas udara online yang pertama yakni BreezoMeter. Data yang ditampilkan cukup akurat dan realtime dimana pengguna berada. Selain itu, aplikasi tersedia di sekitar 92 negara dan 10.000 kota termasuk penggunaan di Indonesia.

Cara kerjanya menggunakan pelacakan melalui GPS untuk terhubung dengan penggunanya. Selain itu, data yang dikumpulkan berasal dari sensor satelit, sensor udara, hingga pemodelan cuaca. Ada pula fitur untuk memberikan informasi kepada pengguna. Terutama berkaitan dengan apa yang harus dilakukan saat cuaca buruk, dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Aplikasi Prakiraan Cuaca Paling Akurat

2. Plume Air Report

aplikasi cek kualitas udara - plume air report
sc: Plume Labs

Selanjutnya ada Plume Air Report yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi yang bernama Plume Labs. Isi dari informasinya adalah menampilkan data mengenai tingkat polusi yang ada di sekitar pengguna. Termasuk bagaimana menjaga tubuh kita dari paparan udara dengan kualitas udara yang buruk.

Hasil data yang dikumpulkan pun cukup akurat. Hal itu karena cara kerjanya mengandalkan stasiun pemantau yang berjumlah ribuan. Di sini akan dikumpulkan indeks tingkat polusi yang dijadikan acuan. Mulai nitrogen dioksida (NO2), ozon (o3, hingga partikel-partikel tertentu seperti PM2.5 maupun PM10.

3. Aplikasi Cek Kualitas Udara – Air Matters

aplikasi cek kualitas udara - air matters
sc: Air Matters

AirMatters unggul dalam menampilkan kualitas udara. Sebab, aplikasi ini telah diunduh oleh para pengguna di 180 negara lebih. Cara kerjanya adalah terintegrasi dengan stasiun pemantauan udara yang terdekat dengan pengguna. Aplikasi juga bisa menampilkan riwayat mengenai kualitas udara di berbagai negara dalam waktu 24 jam terakhir.

Aplikasi AirMatters juga dapat diunduh dan di install di berbagai sistem operasi secara gratis. Baik itu sistem operasi Android melalui PlayStore maupun versi untuk iOS yang dapat kamu unduh di AppStore. Meski begitu, ada pula untuk versi berbayar yang memiliki fitur tambahan lebih lengkap.

Baca juga: Ini 4 Jenis Aplikasi yang Bikin HP Jadi Lemot

4. AirLief

aplikasi cek kualitas udara - airlief
sc: Airlief

Selain Air Matters, aplikasi cek kualitas udara online yang lain adalah AirLief. Keunggulan dari aplikasi ini mudah dipahami oleh para penggunanya. Di samping itu, selain menampilkan berbagai tips dan informasi mengenai apa yang harus dilakukan saat kondisi cuaca buruk. Tips dan informasi ini berdasarkan preferensi pengguna seperti usia hingga transportasi yang digunakan.

Dalam informasi tersebut juga dijelaskan kapan waktu atau durasi di luar ruangan berdasarkan kualitas udara. Begitu pun dampak kesehatan lainnya akibat udara yang buruk. Mulai dari dampak terhadap pernapasan, kardiovaskular, hingga dampak neurologis.

5. IQAir Air Visual

aplikasi cek kualitas udara - airvisual
sc:IQAir AirVisual

IQAir Air Visual cukup dikenal luas dan digunakan di berbagai belahan dunia. Hal ini karena adanya fitur untuk melihat kualitas udara dari lebih 10.000 kota yang tersebar di seluruh dunia. Tampilan grafiknya juga user friendly, sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh penggunanya.

Metodenya adalah mengumpulkan data dari sensor udara, model cuaca, hingga satelit. Data yang didapat tersebut diolah kembali oleh tim aplikasi sehingga lebih akurat. Fitur lain di aplikasi ini antara lain mengenai dampak udara yang buruk sehingga pengguna bisa memetakan zona tertentu yang dianggap aman.

Baca juga: 5 Aplikasi Kasir untuk Memajukan Bisnismu

6. Nafas

aplikasi cek kualitas udara - nafas
sc: Nafas

Aplikasi pemantau kualitas udara yang terakhir adalah Nafas. Dimana aplikasi ini diterbitkan sejak tahun 2020 lalu. Didirikan oleh dua orang bernama Nathan Roestandy dan Piotr Jakubowski. Di awal pembuatan aplikasi ini hanya digunakan dalam memantau udara dengan kualitas buruk di Cina. Namun, lambat laun akhirnya aplikasi ini masuk ke Indonesia.

Aplikasi Nafas dapat menampilkan kualitas udara dengan menggunakan titik warna. Fungsi titik warna inilah yang menampilkan Indeks Kualitas Udara. Data mengenai kualitas udara ini akan diperbarui tiap 10 menit sekali. Sehingga, datanya lebih akurat dan realtime.

Penutup

Setidaknya itu dia beberapa aplikasi cek kualitas udara online yang bisa kamu install dan wajib ada di HP-mu. Setidaknya, dengan memasang aplikasi pemantau udara ini, kita bisa lebih waspada dan menjaga kesehatan lebih baik selama beraktivitas. Terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, pastikan kamu memakai masker saat kondisi udara memburuk untuk mencegah terkena serangan infeksi pernapasan dan gangguan kesehatan. Khususnya bagi kamu yang tinggal di kota besar yang rentan terhadap polusi udara.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

September 19, 2023

September 16, 2023

September 15, 2023

September 7, 2023

September 2, 2023

Agustus 28, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan