3 Tipe Kabel Charger iPhone dari Dulu sampai Sekarang

Januari

8

0 comments

JETE IndonesiaSebagai salah satu brand ponsel terkemuka, iPhone produksi Apple memiliki sejumlah fitur unggulan. Namun, yang cukup menjadi pembicaraan adalah mengenai tipe kabel charger iPhone dari waktu ke waktu. Sebab, kabel ini memiliki perbedaan dengan brand smartphone lainnya. Seperti apakah? Simak ulasannya di artikel kali ini.

Tipe Kabel Charger iPhone

Tiga tipe kabel pengisian daya untuk iPhone  yakni konektor 30 pin, lightning, hingga type-C to lightning. Berikut ulasannya di tiap tipe tersebut yang perlu Anda ketahui agar tidak salah pilih:

1. Kabel dengan Konektor 30 Pin

tipe kabel charger iphone - konektor 30 pin

Tipe kabel konektor 30 Pin adalah yang pertama digunakan untuk kabel pengisian daya iPhone. Khususnya pada generasi pertama atau iPhone 2G. Apple menggunakan tipe ini mulai pada ponsel iPhone 2G sampai seri terakhir yakni iPhone 4s dengan mode USB 2.0. Memasuki rentang tahun 2007-2012 banyak ponsel sudah menggunakan mode USB 2.0 yang terdapat konektor jenis mikro. Mode inilah yang lebih sering dikenal dengan USB Micro.

Baca juga: Perbedaan Tipe Kabel Data Type C, Micro, dan Lightning

2. Tipe Kabel Charger iPhone Lightning

tipe kabel charger iphone - ligtning

Setelah cukup lama menggunakan konektor 30 Pin, tahun 2012 Apple pun mengenalkan kabel charger tipe terbaru untuk iPhone yakni Lightning. Dari segi tampilan dan desain terlihat lebih ramping dibandingkan sebelumnya. Tipe kabel ini dikenalkan bersamaan dengan rilisnya iPhone 5.

Bisa dibilang, tipe inilah yang cukup lama digunakan oleh Apple. Termasuk untuk berbagai seri produk smartphonenya sampai sekarang. Di sisi lain, Apple pun menggunakan jenis USB 2.0 pada tipe kabel charger Lightining ini. Dengan begitu, bisa terhubung dengan adaptor charger maupun perangkat lain dengan USB Type-C.

3. Type-C to Lightning

tipe kabel charger iphone - Type c to lightning

Selain menggunakan kabel pengisian daya jenis Lightning, Apple juga menggunakan Type-C. Ini bukan tanpa alasan, sebab brand-brand smartphone terkemuka dengan sistem operasi Android pun banyak menggunakan Type-C.

Setidaknya, Apple selangkah lebih maju untuk menyediakan kabel pengisian daya pada iPhone dengan USB Type-C namun memiliki ujung dengan tipe Lightning. Inilah yang kemudian dikenal dengan USB Type-C to Lightning.

Baca juga: 5 Tips Merawat Kabel Charger iPhone Agar Awet

Kabel Charger iPhone Kualitas Terbaik

Itulah tiga tipe kabel  untuk pengisian daya iPhone yang digunakan dari dulu sampai sekarang. Anda bisa menggunakan kabel charger khusus untuk iPhone dari pabrikan maupun brand yang memiliki kualitas premium seperti JETE Indonesia. Ada berbagai tipe kabel pengisi daya maupun kabel data untuk iPhone yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Dapatkan produk terbaiknya hanya di outlet resmi JETE Indonesia yang tersebar di berbagai kota. Atau melakukan pembelian secara online di marketplace maupun website Doran Gadget.

Artikel terkait:

Juli 26, 2023

Maret 9, 2023

Maret 8, 2023

Januari 18, 2023

September 21, 2022

Agustus 18, 2022

About the author, Irfantoni Listiyawan