Perbedaan Waterproof dan Water Resistant Pada Gadget

Januari

6

0 comments

JETE Indonesia – Pernahkah Anda mendengar istilah mengenai perbedaan waterproof dan water resistant? Biasanya istilah tersebut kerap muncul di salah satu deskripsi sebagai fitur unggulan produk. Itulah sebabnya, artikel ini akan mengulas mengenai perbedaan waterproof dan water resistant. Sehingga Anda dapat memahami perbedaan dan mampu menentukan mana yang Anda butuhkan. Berikut ulasannya!

Perbedaan Waterproof dan Water Resistant 

Istilah di atas seringkali kita temui pada produk seperti pakaian, jam tangan, dan perlengkapan untuk beraktivitas di luar rumah. Lantas, apa perbedaan waterproof dan water resistant? Berdasarkan terjemahan Kamus Inggris Oxford, water-resistant dimaknai sebagai menahan penetrasi air hingga batas tertentu tetapi tidak sepenuhnya. Sedangkan Waterproof dapat diartikan sebagai tahan air.

1. Water-resistant

Dari antara dua istilah di atas, water-resistant bisa diasumsikan sebagai tingkat ketahanan air terendah. Biasanya istilah ini muncul pada produk jam tangan konvensional. Apabila sebuah produk dilengkapi dengan water-resistant, maka produk tersebut didesain dan dilapisi bahan tertentu yang tahan saat terkena air. Bisa dikatakan produk tersebut mampu menahan air saat Anda cuci tangan atau saat terkena hujan gerimis.

2. Waterproof

Perbedaan water resistant dan waterproof juga terletak di bagian tingkat ketahanan yang dapat diukur menggunakan IP (Ingress Protection), yakni satuan yang mengukur ketahanan sebuah benda terhadap air. Bisa dikatakan bahwa waterproof merupakan fitur dengan level ketahanan air paling tinggi dan dapat disebut sebagai tahan air.

3. Menghitung Ketahanan Air dengan IP

Seperti pembahasan di atas, Ingress Protection memungkinkan Anda untuk menguji ketahanan air yang dihitung dari skala 0-8 untuk menilai seberapa canggih produk tersebut mampu menahan air. Lantas, bagaimana cara menghitungnya? Penggunan Ingress Protection terdiri dari 2 digit yang nantinya petunjuk ketahanan berbeda. Digit pertama adalah ketahanan dari benda solid seperti debu, tanah, dan digit kedua merupakan ketahanan dari benda produk.
Penghitungan penting untuk dilakukan sebagai tolak ukur perbedaan water resistant dan waterproof. Sebagai contoh, apabila sebuah produk memiliki label IP 67, maka angka 6 mengindikasi produk tersebut anti debu dan angka 7 adalah ketahanan air hingga kedalaman 1 meter. Biasanya produk yang memiliki waterproof IP adalah kamera, smartphone, speaker, hingga earphone.

Contoh Aksesoris Gadget yang Anti Air

Setelah mengetahui perbedaan antara water resistant dan waterproof, apakah Anda berminat untuk memiliki produk dengan fitur anti air? berikut contoh produk anti air dari JETE Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan: 

Speaker JETE

Speaker bluetooth, speaker bluetooth murah, harga speaker aktif bluetooth, speaker aktif bluetooth, harga speaker, harga speaker bluetooth, speaker aktif

Speaker bluetooth JETE S3 merupakan salah satu produk speaker yang memiliki fitur IPX7. Artinya, produk yang satu ini memiliki ketahanan air hingga 1 meter selama 30 menit. Sehingga bisa dikatakan produk ini dapat Anda gunakan saat melakukan aktivitas outdoor, seperti di pantai, di atas kapal, maupun saat berkemah. Apabila terkena air atau hujan, hal tersebut tidak mengundang masalah.

TWS JETE

Earbuds TWS dari JETE juga memiliki fitur IPX4 yang berpotensi tahan dari debu maupun air. Sehingga produk ini juga aman untuk dibawa dan digunakan saat bepergian dan melakukan aktivitas outdoor. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fitur Active Noise Canceling yang memberikan kenyamanan berupa bebas dari gangguan suara luar.

JETE Open Ear

Selain speaker dan TWS, JETE Indonesia juga menyediakan produk berupa JETE Opean Ear yang tahan air. Bahkan ketahanan air JETE Open Ear 2 hingga IPX8, lho! Artinya, produk tersebut dapat terendam di dalam air dalam waktu yang cukup lama. Sehingga aktivitas olahraga seperti berenang dapat dilakukan sambil mendengarkan musik.

Beli Produk Waterproof di JETE Indonesia

Itulah informasi mengenai perbedaan water resistant dan waterproof. Anda  bisa mendapatkan produk speaker, TWS, hingga JETE Open Ear yang masing-masing dilengkapi fitur tahan air! Lantas, bagaimana cara melakukan pemesanan? Anda bisa mengunjungi website Doran Gadget  selaku distributor resmi dan menggali informasi mengenai produk JETE Indonesia di sini. Untuk informasi lainnya, Anda bisa menghubungi kami melalui Instagram JETE Indonesia. Kami tunggu, ya!

Artikel terkait:

November 25, 2023

November 11, 2023

Oktober 23, 2023

September 9, 2023

September 6, 2023

Agustus 26, 2023

About the author, JETE Indonesia