15 Kartun Jaman Dulu yang Bikin Kamu nostalgia!

Maret

26

0 comments

JETE Indonesia –  Siapa sih yang kangen kartun jaman dulu? Kartun yang disiarkan melalui tayangan TV ini memang paling di tunggu-tunggu khususnya oleh anak-anak pada masanya, loh! Nggak kerasa bagi kamu yang sudah beranjak dewasa pasti merindukan momen-momen tersebut. Masih ingat apa saja kartun itu? Yuk simak ulasan artikel berikut ini!

Mengenali Kartun Jaman Dulu

Tahukah kamu? Kartun jaman dulu yang biasanya ditonton, pertama kalinya diproduksi pada periode 1900-an hingga 1990-an, loh! Pada awalnya kartun tersebut hanya berwarna hitam putih, kemudian berkembang lagi menjadi kartun berwarna di tahun 1930-an. Kartun jaman dulu biasanya disajikan dalam format cerita yang sederhana dengan karakter yang mudah dikenalkan kepada anak-anak dan beberapa kartun jaman dulu juga mengandung pesan moral yang bisa di ambil oleh penonton juga.

Deretan Favorite Kartun yang bisa Kamu Tonton!

Berikut ini ada beberapa kartun favorite yang bisa kamu tonton di rumah!

Promo "JETE THR" dapatkan Diskon up to 50% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

1. Naruto

Naruto
sc: Distractify

Sudah bukan rahasia lagi kalau serial anime atau kartun ini jadi yang paling populer di Indonesia. Bahkan serial ini bisa dibilang adalah anime atau kartun yang paling ikonik di Indonesia jika bicara soal anime. Sampai saat ini, anime ini pun tetap berlanjut di serial barunya yang berjudul Boruto. 

Anime ini merupakan karya Masashi Kishimoto yang bercerita tentang Naruto Uzumaki. Ia mempunyai mimpi menjadi seorang hokage dan menyelamatkan temannya yang pergi meninggalkan desa.

Baca juga: 7 Film Horor Netflix Terseram 2023, Berani Nonton Sendiri?

2. Dragon Ball

Dragon Ball
sc: Prime Video

Yang lahir di tahun 90-an pasti sudah kenal sama kartun keren satu ini. Dragon Ball adalah sebuah manga dan anime karya Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. 

Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda genius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib bernama Dragon Ball yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Dan saking populernya, sampai saat ini, cerita Dragon Ball terus berlanjut hingga Goku kini memiliki keluarga.

3. Ben 10

Ben 10
sc: Netflix

Film ini juga termasuk ikonik bagi yang suka nonton kartun di Cartoon Network. Ben 10 bercerita tentang seorang bocah 10 tahun bernama Ben Tennyson yang menemukan jam Omnitrix alien yang bikin dia bisa berubah menjadi berbagai makhluk asing yang kuat. Dia punya kemampuan baru tiap kali dia berubah, mulai dari api hingga benda-benda luar angkasa.

Bersama teman seperjuangannya, Gwen dan kakeknya Max, Ben menjelajahi dunia dan melawan berbagai musuh, termasuk alien jahat dan penjahat antariksa. Setiap kali dia pake Omnitrix, dia memiliki keberanian dan kekuatan yang tidak tertandingkan.

4. Teenage Mutant Ninja Turtles

Teenage Mutant Ninja Turtles
sc: digitek.id

Kartun tentang kura kura ninja ini merupakan seri animasi kartun yang juga tak kalah bagus dengan kartun lain dan tak boleh ditinggalkan. Kura-kura ninja yang beranggotakan Leonardo, Raphael, Michelangelo, dan Donatello ini dapat membuat anak kecil yang menonton seperti pahlawan super yang pemberani. 

Pasalnya pada seri animasi ini kura-kura Ninja merupakan cerita fiksi tentang empat ekor kura-kura yang dilatih oleh guru mereka yaitu Master Splinter untuk menjadi pahlawan ninja demi menumpas kejahatan di dunia.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Fantasi Terbaik di Netflix, Nonton Bareng Makin Asik

5. Inuyasha

Inuyasha
sc: Screen Rant

Kamu pasti ingat dengan kartun anime bergaya fantasi ini. Kartun ini diambil dari seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Rumiko Takahashi. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Sunday sejak tanggal 13 November 1996 dan berakhir pada tanggal 18 Juni 2008. Bab-bab tunggalnya telah dibundel menjadi 56 volume tankōbon oleh Shogakukan.

Kartun ini bercerita tentang perjalanan Inuyasha yang merupakan manusia setengah siluman dan Higurashi Kagome yang hanya seorang gadis SMA biasa demi mengumpulkan pecahan shikon no tama. Manga Inuyasha memiliki tema yang lebih gelap dan lebih serius, menggunakan latar era Sengoku agar dengan mudah menampilkan konten kekerasan sambil tetap mempertahankan elemen komedi.

6. One Piece

One Piece
sc: One Esports

Kartun ini diambil dari seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda Manga ini telah dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump milik Shueisha tanggal 22 Juli 1997, dan telah dibundel menjadi 91 volume tankōbon. Manga ini telah diadaptasi menjadi serial anime yang diproduksi oleh Toei Animation, yang mulai tayang di Jepang pada tahun 1999 sampai sekarang.

Kartun ini bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang memiliki kemampuan tubuh elastis seperti karet setelah tanpa sengaja memakan Buah Iblis. Dengan kru bajak lautnya, yang dinamakan Bajak Laut Topi Jerami, Luffy menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar di dunia yang dikenal sebagai “One Piece” dalam rangka untuk menjadi Raja Bajak Laut.

7. Tom and Jerry

Tom and Jerry
sc: Sportskeeda

Kamu pasti ingat dengan kartun kucing dan tikus ini. Tom and Jerry adalah sebuah serial animasi asal Amerika Serikat produksi MGM, Serial animasi ini telah memenangkan penghargaan Piala Oscar dan membentuk dasar dari seri sukses studio MGM. Cerita pendek mereka diciptakan, ditulis, dan disutradarai oleh dua orang animator bernama William Hanna dan Joseph Barbera.

Kartun ini bercerita tentang seekor kucing yang bernama Tom, dan seekor tikus yang bernama Jerry yang selalu bertengkar sehingga mereka selalu terlibat hal konyol dan juga menggunakan segala cara yang bahkan lumayan kocak untuk berbuat iseng terhadap satu sama lain. 

8. Popeye The Sailor Man

Popeye
sc: ERA.ID

Kamu pasti ingat dengan kalimat “Popeye the sailor, tut tut tut…!” Ini adalah kalimat ikonik yang berasal dari karakter popeye tersebut. animasi ini menceritakan tentang kapten kapal yang bernama Popeye yang yang gemar memakan bayam yang sekaligus membuatnya memiliki kekuatan hebat. 

Dalam setiap film animasi popeye film ini turut menampilkan karakter lainnya seperti Olive pacar Popeye dan Brutus yang merupakan penjahat atau musuh bebuyutan dari Popeye. Popeye yang gemar memakan bayam ini cocok dijadikan motivasi untuk anak agar memakan sayuran.

9. Detective Conan

Siapa yang dulu ingin bercita-cita menjadi detective setelah melihat film ini? Yups kartun favorite yang satu ini diambil dari seri manga yang dibuat oleh Gosho Aoyama. Menceritakan seorang detektif remaja bernama Shinichi Kudo yang tidak sengaja berubah menjadi menjadi anak kecil karena diracuni oleh sebuah organisasi kriminal.

Tentunya seri ini memadukan unsur-unsur misteri dan drama yang menarik perhatian para penontonnya. Selain itu Detective Conan telah menjadi salah satu seri manga dan anime terbaik pada masanya. Seri ini meraih banyak penghargaan dan telah diadaptasi menjadi berbagai jenis media.

Baca juga: Wajib Nonton, Ini 7 Film Netflix Rating Tertinggi

10. Doraemon

Buat kamu yang suka nunggu setiap minggu pagi, pasti tidak akan melewatkan yang satu ini. Serial animasi doraemon ini diciptakan oleh Fujiko F. Fujio pada tahun 1969. Menceritakan tentang petualangan seorang anak laki-laki bernama Nobita dan kucing robot bermana Doraemon itu sendiri yang datang dari masa depan untuk membantu mengatasi masalah hidup Nobita.

Kartun ini tidak hanya populer di Indonesia namun juga di seluruh dunia termasuk Jepang. Kartun yang sangat menghibur ini juga menghasilkan banyak film dan serial televisi serta produk-produk merchandise. Selain menghibur, pesan moral tersebut juga tersampaikan kepada anak-anak seperti tentang pentingnya persahabatan.   

11. Crayon Sinchan

Kamu pasti ingat dengan anak nakal ini. Kartun ini diambil dari manga Jepang dari karya Yoshito. Diadaptasi menjadi sebuah series anime kartun yang tayang di perdana televisi sejak tahun 1992. Shinchan sendiri dikenal karena kepribadiannya yang nakal, lucu dan sering membuat kekacauan, namun juga sangat menggemaskan.

Tentunya Crayon Shinchan berbeda dengan kebanyakan karakter anime dan manga lainnya. Di sisi lain ia memiliki banyak penggemar di seluruh dunia karena gaya komedinya yang unik dan lucu. Kata Crayon sendiri terinspirasi dari Shinchan yang suka menggambar sehingga menjadi  judul manga dan anime itu sendiri.

12. Kartun Jaman Dulu – Hachi si Lebah Madu

Kartun ini bisa buat kamu menangis, loh! Animasi kartun Jepang yang satu ini menceritakan seekor lebah bernama Hachi yang tinggal di sebuah taman bunga. Menjelajahi taman bunga dan menemukan hal-hal baru. Hachi sendiri digambarkan sebagai lebah yang cerdik, penyabar, dan penuh semangat. Tentunya kartun ini ditujukan untuk anak-anak dan mengandung pesan-pesan positif tentang persahabatan, kerjasama, serta menjaga lingkungan sehingga cocok untuk menghibur, dan mengedukasi anak-anak.

Baca juga: 7 Film Action Netflix Terbaik yang Sayang untuk Dilewatkan!

13. Rugrats

Untuk kamu anak 90-an sampai 2000-an pasti pernah nonton yang satu ini. Kartun ini berkisah tentang kehidupan sekelompok bayi dan anak kecil yang terdiri dari Tommy, Chuckie, Phil, Lil dan adik Tommy. Bayi-bayi tersebut dapat berbicara dan memiliki petualangan yang menyenangkan dan seru.

Kartun tersebut juga memberikan unsur yang lucu dan penuh dengan tantangan, seperti mencoba untuk menghindari penjaga taman bermain yang galak, atau mencari makanan saat mereka tersesat di sebuah toko. Menariknya setiap dari mereka mempunyai karakteristik yang unik dan dikenal memiliki gaya animasi yang khas dengan ceritanya yang lucu dan menarik.

14. Scooby-Doo

Suka berpetualang dengan Scooby-Doo di tempat yang menyeramkan? Yups kamu pasti mengenal salah satu kartun terbaik yang dibuat oleh Amerika dan tayang pada tahun 1969. Kartun ini menceritakan tentang petualangan empat remaja dan seekor anjing bernama Scooby-Doo. Menariknya dalam serial kartun ini mereka berpetualang dengan kasus-kasus misteri yang menakutkan dan aneh.

Scooby-Doo sangat populer di seluruh dunia, loh! Sudah memenangkan banyak penghargaan selama bertahun-bertahun. Kartun ini memiliki daya tarik yang luas bagi penggemar segala usia dan seringkali disebut sebagai salah satu kartu animasi terbaik dan sepanjang masa.

15. The Fairly OddParents

Kebayang seperti apa jika kamu berpetualang bersama para peri-peri? Yups inilah Serial animasi televisi Amerika yang pertama kali tayang di tahun 2001. Menceritakan Cosmo dan Wanda, seorang peri yang bertugas memenuhi keinginan Timmy. Cosmo dan Wanda selalu berusaha membantu Timmy dan memastikan bahwa keinginan-keinginan tidak melanggar aturan. 

Walaupun banyak momen lucu dan menghibur dalam kartun ini, ceritanya juga sering menyisipkan pesan moral dan mengajar anak-anak tentang penting nya persahabatan dan kejujuran. Tentunya kartun ini sangat populer dan memenangkan penghargaan sampai menghasilkan tiga film serta video gamenya, loh!

Baca juga: 7 Web Series Populer ini Wajib Ada di Watchlist Kamu!

Penutup

Itulah tujuh kartun jaman dulu favorite yang bikin nostalgia dan  bisa kamu tonton untuk mengisi waktu istirahat JETE Lovers. Buat kamu yang ingin menonton kartun lebih asik, kami menyediakan speaker pendukung dengan pilihan kualitas terbaik,di JETE Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

 

Penulis: Christian Wongso Gunawan (Petra Christian University)
Editor: Arini Rizki Fauziah

Artikel terkait:

Maret 26, 2024

Februari 2, 2024

Desember 21, 2023

Desember 9, 2023

November 25, 2023

November 25, 2023

About the author, JETE Indonesia

"JETE THR" - Diskon up to 50% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb