7 Pelindung Layar HP, Mana yang Paling Cocok Untukmu?

Maret

26

0 comments

JETE Indonesia Screen protector atau pelindung layar HP merupakan aksesoris penting bagi smartphone touchscreen. Aksesoris ini dapat mencegah layar ponsel dari goresan dan retak akibat gesekan dengan benda yang tajam atau terkena benturan. Tapi, tahukah kamu ternyata ada berbagai jenis screen protector dengan fungsi dan keunggulan masing-masing? Simak beberapa jenis dari pelindung layar smartphone berikut agar kamu tidak salah memilih dan membelinya sesuai dengan kebutuhan!

Jenis-Jenis Pelindung Layar HP 

Hal terbaik untuk melindungi ponsel dari goresan dan benturan yaitu dengan screen protector. Tak heran banyak orang memilih tempered glass karena ketangguhannya. Tetapi, kamu wajib mengetahui ternyata ada beberapa jenis screen protector yang berada di pasaran. Masing-masing dari pelindung tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga, penting untuk memahami jenis pelindung seperti apa yang cocok dengan layar ponselmu. 

1. Tempered Glass 

Tempered Glass
SC: servintegrales.com.co

Tempered glass merupakan pelindung layar yang paling sering direkomendasikan. Namun, kamu perlu tahu bahwa tempered glass yang digunakan untuk smartphone berbeda dengan yang digunakan untuk kaca depan mobil. Tempered glass terdiri dari beberapa lapisan. Bagian paling bawah yang menempel ke layar adalah silikon yang bersifat empuk dan mampu menahan tekanan, sehingga tidak merusak layar smartphone. Lapisan selanjutnya ada PET film, kemudian diikuti oleh tempered glass, dan coating sebagai lapisan akhir yang meminimalisir goresan dan membuatnya terlihat berkilau.

2. Clear (Transparan)

Clear Transparan
SC: Pela Case

Clear merupakan jenis pelindung layar HP yang paling standar. Screen protector ini tidak memiliki fitur unggulan jika dibandingkan dengan anti gores lainnya. Meski begitu, anti gores jenis clear merupakan pelindung layar yang paling jernih ketika dipasang di smartphone. Screen protector satu ini juga biasanya memiliki harga yang terjangkau di pasaran dan mudah dipasang. Sehingga, Clear akan sangat cocok jika kamu mencari pelindung layar yang simpel, ingin menjaga kejernihan layar, dan sering mengganti pelindung layar. 

Baca Juga: 5 Aksesoris HP Travel Friendly yang Wajib Kamu Punya

3. Thermoplastic Polyurethane (TPU)

Pelindung Layar HP
SC: PhoneArena

TPU atau poliuretan termoplastik adalah pelindung layar plastik yang dimodifikasi secara kimia untuk membuatnya tahan gores, elastis, dan tahan terhadap minyak atau lemak. Permukaan TPU yang halus memungkinkan menyerap benturan seperti jatuh atau terkena goresan ringan. Biasanya, goresan ringan hanya meninggalkan sedikit penyok pada plastik TPU, yang akan kembali normal dengan sendirinya. Sehingga TPU memberikan perlindungan yang lebih baik.

4. Matte Glass

Matte Glass
SC: Lazada

Matte glass adalah jenis pelindung layar dengan permukaan glossy dan gelap. Permukaannya yang sedikit gelap dapat membatasi pandangan orang dari kedua sisi. Salah satu keunggulan dari pelindung layar HP berikut yaitu mampu mengurangi jumlah pantulan dan silau pada layar. Selain itu, tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari pada permukaan. Namun, kekurangannya terletak pada permukaannya yang sedikit gelap sehingga mengurangi kejernihan layar. 

Baca Juga: Begini Cara Pasang Hydrogel Anti Gores HP

5. Anti Spy

Pelindung Layar HP
SC: IndiaMART

Pernahkah kamu merasa terganggu saat orang lain mengintip layar smartphone-mu? Jika ya, screen protector anti spy adalah solusi yang tepat! Sesuai dengan namanya, pelindung layar ini didesain untuk menjaga privasi dengan membatasi sudut pandang layar. Hanya orang yang berada tepat di depan layar saja yang dapat melihatnya dengan jelas. Semakin miring sudut pandangnya, semakin gelap layarnya. Screen protector satu ini cocok bagi kamu yang menginginkan privasi. 

6. Mirror 

Pelindung Layar Mirror
SC: Mobile Phone Guard

Mirror adalah jenis anti gores yang memiliki permukaan mengkilap seperti cermin. Jenis screen protector ini sangat cocok bagi wanita yang ingin selalu tampil stylish karena mereka bisa menggunakan layar HP sebagai cermin. Susunan bahan Mirror mirip dengan Anti Spy, sehingga juga membatasi sudut pandang seseorang untuk melihat layarmu. Jika kamu tertarik menggunakannya, pastikan pilih Mirror berkualitas tinggi agar tahan lama dan gunakan Mirror yang tepat untuk model smartphone-mu. 

7. Ceramic Glass

Layar Ceramics
SC: MMTrade Electronics

Ceramic Glass merupakan salah satu pelindung layar terkuat di pasaran. Terbuat dari campuran Alumina, Zirkonia, dan Titania, Ceramic Glass menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan jenis pelindung layar lainnya, yaitu memiliki ketahanan yang kuat terhadap suhu tinggi dan korosi dan kemampuan antibakteri. Sehingga sangat baik untuk melindungi layar ponsel dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Namun, salah satu kekurangannya yaitu harganya yang cukup mahal. 

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Charger HP yang Bagus dari JETE

Penutup 

Setelah mengetahui berbagai jenis pelindung layar HP yang tersedia, apakah kamu sudah menemukan yang paling cocok untuk ponselmu? JETE menawarkan berbagai pilihan screen protector berkualitas untuk berbagai model smartphone. Tidak hanya anti gores, JETE juga menghadirkan banyak aksesoris smartphone lainnya, mulai dari holder hingga phone ring. Kunjungi website JETE sekarang dan temukan penawaran spesial!

Artikel terkait:

April 11, 2024

April 10, 2024

April 9, 2024

April 8, 2024

April 6, 2024

April 5, 2024

About the author, JETE Contributor