10 Rekomendasi Aplikasi Menstruasi untuk Catat Kesehatanmu

April

1

0 comments

JETE Indonesia – Bagi wanita, siklus menstruasi idealnya terjadi setiap sebulan sekali. Namun tak jarang ada juga yang siklusnya kurang teratur. Mencatat siklus menstruasi sangat penting untuk memahami pola menstruasi, mengetahui kapan waktu ovulasi, dan meningkatkan kesadaran serta kebugaran secara keseluruhan. Berikut sepuluh rekomendasi aplikasi menstruasi yang bisa di-download untuk memantau kesehatanmu! 

Rekomendasi Aplikasi Menstruasi 2024 

Aplikasi untuk menstruasi menjadi salah satu tool yang berguna untuk mencatat siklus menstruasi dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tubuh mereka. Sebuah penelitian ada yang menunjukkan bahwa aplikasi juga dapat memberikan informasi secara akurat mengenai kapan waktu mengenai metode kontrasepsi hingga masa ovulasi. Berikut rekomendasi aplikasi menstruasi yang bisa kamu gunakan. 

1. Flo Period & Ovulation Tracker 

Aplikasi Flo
SC: KABAR AKTUAL

Flo merupakan salah satu aplikasi yang populer dalam mencatat siklus menstruasi pada wanita. Alasan yang membuat Flo banyak di-download yaitu memiliki user interface yang ramah, sehingga mudah dalam melacak menstruasi, ovulasi, dan masa kesuburan. Flo menyajikan semua data penting, terkait kapan waktu yang tepat untuk hamil, kapan siklus menstruasi berikutnya, dan mengetahui gejala PMS yang mungkin kamu alami.

2. Clue 

Rekomendasi Aplikasi Menstruasi Clue
SC: HotDoc for Practice

Clue adalah sebuah aplikasi kesehatan menstruasi yang memungkinkan kamu memantau lebih dari 100 pengalaman terkait siklus menstruasi. Siklus tersebut termasuk emosi, gejala menstruasi, nyeri, dan berbagai faktor lainnya. Salah satu fitur unggulan dari Clue yaitu memiliki algoritma adaptif yang dapat memberikan prediksi terkait pola siklus unik setiap pengguna. Aplikasi satu ini juga berfungsi dengan baik untuk para wanita yang menstruasinya tidak teratur. 

3. Ovia

Aplikasi Ovia Health
SC: Ovia Health

Rekomendasi aplikasi menstruasi berikutnya yaitu Ovia yang menjadi pilihan terbaik dalam melacak kesuburan. Kamu akan sangat terbantu karena Ovia memberikan data terkait posisi servis, lendir serviks, dan suhu basal tubuh. Aplikasi ini juga memberikan prediksi terkait menstruasi atau kesuburan berdasarkan data yang telah kamu masukkan sebelumnya. Ovia sangat ideal bagi wanita yang ingin mencoba untuk hamil. 

Baca Juga: 7 Aplikasi Olahraga Terbaik Agar Hidupmu Semakin Sehat

4. MeetYou 

Rekomendasi Aplikasi Menstruasi MeetYou
SC: AppstoreSpy

Kamu juga bisa mengandalkan MeetYou untuk melacak siklus menstruasi. Pengguna perlu memasukkan informasi terkait kapan waktu terakhir menstruasi. Aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan yaitu dapat mengetahui gejala yang kamu rasakan selama dan sebelum menstruasi berlangsung. MeetYou akan memberikan laporan setiap bulannya yang berguna untuk memantau baik atau tidaknya sebuah siklus menstruasi. 

5. MyCalendar 

Aplikasi My Calendar
SC: AppBrain

MyCalendar menjadi aplikasi menstruasi yang berguna jika kamu ingin menjalankan program hamil. Aplikasi ini menyediakan statistik seputar siklus menstruasi yang bisa kamu jadikan laporan ketika ingin periksa kesehatan reproduksi ke dokter kandungan. Selain mencatat siklus menstruasi, salah satu fitur yang membuat aplikasi MyCalendar menarik yaitu tampilan tema yang dapat diubah-ubah. Namun, fitur ini hanya terdapat di layanan premium. 

6. Glow

Rekomendasi Aplikasi Menstruasi Glow
SC: glowing.com

Berikutnya adalah aplikasi Glow yang dibuat untuk melacak siklus menstruasi. Selain berguna untuk mencatat siklus, Glow juga dapat meningkatkan peluang wanita untuk hamil. Aplikasi ini bekerja dengan menganalisis data pengguna dan memberikan wawasan tentang kapan waktu terbaik untuk hamil. Fitur menarik yang dapat kamu jumpai adalah Partner Sync. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi akun mereka dengan pasangannya, dan membuat pelacakan kesuburan. 

Baca Juga: 7 Aplikasi AI Android dan iOS untuk Memudahkan Aktivitasmu  

7. Spot On 

Aplikasi Spot On
SC: Planned Parenthood

Spot On adalah aplikasi pelacak menstruasi yang dapat diunduh secara gratis dan pengguna bebas menggunakan berbagai fitur yang ada. Salah satu hal yang membuat Spot On menonjol yaitu menghadirkan bahasa dan tampilan yang inklusif. Hal tersebut menjadikan aplikasi ini ramah untuk pengguna yang beragam. Spot On tidak hanya melacak siklus menstruasi, tetapi juga memantau metode kontrasepsi yang memengaruhi siklus pengguna seperti pil atau IUD.

8. Hawa

Aplikasi Hawa
SC: APKMonk

Hawa adalah solusi tepat bagi kamu yang membutuhkan pengingat untuk siklus menstruasi. Selain itu, aplikasi karya anak bangsa ini juga memantau periode kehamilan, sehingga memberikan wawasan luas bagi penggunanya. Kamu juga bisa membaca berbagai artikel terkait kesehatan reproduksi dan kebutuhan wanita. Pengguna akan memperoleh informasi yang relevan dan berguna melalui artikel yang disediakan. 

9. Maya

Rekomendasi Aplikasi Menstruasi Maya
SC: AppsDiary – Web Knowledge Free

Aplikasi Maya memiliki fitur untuk melacak siklus menstruasi dan kesuburan sistem reproduksi. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar prediksi tanggal menstruasi bulanan dan gejala yang terjadi ketika datang bulan. Salah satu kelebihannya yaitu adanya ‘Maya Forum’ yang memungkinkan para pengguna dalam berbagai pengalaman seputar menstruasi. Kamu bisa menulis dan memposting pengalamanmu lewat status. 

10. Clover

Aplikasi Clover
SC: Google Play

Rekomendasi terakhir yaitu aplikasi Clover yang menghadirkan tiga fitur unggulan. Fitur pertama, yaitu panduan program hamil dan fitur khusus memonitor kesehatan tubuh pengguna. Clover menyediakan data statistik terkait siklus haid dan kamu bisa download dalam bentuk PDF untuk diberikan ke dokter jika ingin memeriksa kesehatan reproduksi. Data yang tersimpan juga terjamin aman karena Clover menambahkan fitur app locker berupa PIN. 

Baca Juga: Spesifikasi JETE AM3 Series: Ada Fitur Olahraga, Kesehatan, hingga Game

Penutup 

Beberapa rekomendasi aplikasi menstruasi di atas sangat membantu untuk memahami tubuh dan mengelola siklus agar lebih baik. Beberapa rekomendasi di atas menawarkan berbagai fitur dan manfaat yang beragam, mulai dari mencatat siklus hingga memberikan tips kesehatan reproduksi. Agar kamu semakin mudah dalam mencatat informasi terkait kesehatan tubuh atau lainnya, rekomendasi gadget terbaik dari JETE akan membantumu. Temukan produk menarik lain yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya di JETE! 

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

About the author, JETE Contributor