7 Cara Meningkatkan Stamina Lari Agar Tidak Mudah Lelah

cara meningkatkan stamina lari

JETE Indonesia – Bagaimana cara meningkatkan stamina lari agar tidak mudah lelah? Melalui artikel ini, JETE Indonesia akan mengulas mengenai tips dan cara supaya stamina tetap terjaga saat lari. Memang betul berolahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat. Tubuh menjadi bugar, sehat, dan terhindar dari risiko penyakit apabila dilakukan secara rutin. Dari sekian banyak olahraga, lari merupakan salah satu aktivitas berat yang menyebabkan tubuh mudah lelah. Itulah sebabnya, penting untuk mengetahui cara menjaga stamina supaya tenaga tidak cepat  menurun saat olahraga. 

7 Cara Meningkatkan Stamina Lari 

cara meningkatkan stamina lari

Perlu diketahui bahwa lari merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • Menghindarkan diri dari risiko berbagai penyakit, khususnya jantung. 
  • Mencegah risiko terkena obesitas
  • Memperkuat sistem imunitas
  • Kesehatan organ tubuh terjaga
  • Mencegah kualitas tidur yang buruk
  • Mengurangi stres

Terlebih saat ini olahraga semakin seru karena dilengkapi berbagai gadget canggih, seperti TWS (true wireless stereo) dan smartwatch yang memiliki beragam fitur kesehatan. Supaya lebih optimal, berikut cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina lari:

Baca juga: “Tips Pilih Kaus yang Cocok untuk Olahraga Lari”

1. Jangan begadang!

earphone terbaik, earphone olahraga

Olahraga lari memberikan manfaat menjaga kualitas tidur. Meski begitu, jangan rusak manfaat tersebut dengan cara begadang. Tidur hingga larut malam memengaruhi tenaga keesokan harinya. Tubuh menjadi lemas, tulang terasa sakit, dan cenderung mengantuk dan tidur siang terlalu lama. Untuk menghindari risiko susah tidur, upayakan untuk tidak mengonsumsi kafein pada malam hari dan disiplin untuk istirahat tepat waktu.

2. Menjaga Asupan Makan dan Minum

Tips yang satu ini turut meningkatkan stamina lari secara optimal. Caranya cukup sederhana, yaitu menjaga pola makan tetap sehat dan memenuhi asupan nutrisi harian. Misalnya, upayakan untuk tetap mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan protein dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan dan tidak terlalu kurang. Selain itu, hindari minum soda dan minuman manis lainnya yang mengandung banyak gula .Karena risiko yang ditimbulkan bisa berupa obesitas. 

3. Warming Up Sebelum Lari

Warming Up adalah istilah dalam bahasa Inggris yang artinya pemanasan. Aktivitas berikut sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari cidera dan efek samping lainnya. Contoh pemanasan yang sering dilakukan sebelum lari adalah dengan cara menekuk setiap sisi lutut, berjinjit, memutar pergelangan kaki, hingga lari di tempat.

4. Cara Meningkatkan Stamina Lari dengan Mengatur Pernapasan

cara meningkatkan stamina lari

Cara meningkatkan stamina lari berikutnya adalah mengatur pernapasan saat berlari. Sebagian orang merasa kesulitan lari dalam jarak yang jauh karena terkendala saat mengatur pernapasan. Itulah sebabnya, jangan terlalu banyak bicara saat berlari karena kondisi tersebut justru membuat Anda semakin kelelahan. 

Baca juga:“5 Perlengkapan Olahraga Untuk Gaya Hidup Sehat Kamu”

5. Konsisten dan Disiplin dalam Berlatih

Upayakan untuk membuat jadwal rutin kapan saja waktu yang dihabiskan untuk berlatih. Hal tersebut dilakukan supaya tubuh terbiasa dengan ritme aktivitas lari dan meningkatkan stamina. Jika tidak teratur, maka dapat berdampak pada stamina yang menurun dan tubuh menjadi mudah lelah saat berlatih. 

6. Ingat Warming Up, Ingat juga Pendinginan

Apabila warming up (pemanasan) dilakukan sebelum lari, pendinginan adalah aktivitas yang dilakukan setelah Anda selesai berlari. Jangan langsung berhenti mendadak dan upayakan untuk berjalan dengan santai supaya denyut jantung dan pernapasan kembali normal. 

7. Mendengarkan Musik

musik untuk olahraga

Musik merupakan salah satu cara meningkatkan stamina lari dan semangat saat berolahraga. Apalagi lagu yang didengarkan memiliki tempo yang cepat dan seiring dengan langkah Anda saat berlari. Apakah mendengarkan musik sambil berolahraga berbahaya? Tentu saja tidak, apabila perangkat yang digunakan (earphone) memiliki fitur keamanan. 

Misalnya, bisa mendengarkan musik namun suara sekitar tetap terdengar. Salah satu contohnya adalah JETE Open Ear, perangkat earphone yang memungkinkan Anda untuk berolahraga sambil mendengarkan musik. Untuk selengkapnya, silahkan baca artikel berjudul “JETE Open Ear: Bebas Nikmati Musik sambil Berolahraga dan Tetap Mendengar Suara Sekitar” 

Baca juga:“5 Tips Memilih Earphone Terbaik untuk Olahraga”

Beli JETE Open Ear di JETE Indonesia!

Itulah penjelasan mengenai cara meningkatkan stamina lari yang bisa Anda coba sebelum dan sesudah berolahraga. Supaya lebih optimal, berikut kami tawarkan earphone yang aman dan menyenangkan untuk digunakan saat aktivitas olahraga, seperti: berlari dan bersepeda. JETE Open Ear tersedia di Doran Gadget dan bisa Anda dapatkan di berbagai platform e-commerce. Untuk informasi produk terbaru silahkan mengunjungi Instagram JETE Indonesia atau klik di sini. 

 

× Whatsapp