Mengintip Smartphone Android Pertama yang Muncul 13 Tahun Lalu

Oktober

14

0 comments

JETE IndonesiaSmartphone Android pertama dirilis pada tahun Oktober 2008 silam di Amerika Serikat. Ponsel tersebut adalah T-Mobile G1 dengan dukungan sistem operasi Android 1.0. Untuk sistem Android sendiri baru pertama muncul setahun sebelumnya, yakni pada tahun 2007.

T-Mobile G1 merupakan ponsel generasi terbaru hasil dari kolaborasi HTC, Google, dan operator seluler ternama T-Mobile.  Seperti apa spesifikasinya dan keunggulan smartphone Android generasi pertama? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Smartphone Android Pertama

smartphone android

Adapun spesifikasi smartphone Android pertama dari T-Mobile G1 bisa dibilang sangat mumpuni untuk ponsel di eranya. Tentu saja bila dibandingkan dengan ponsel terbaru saat ini memang cukup jauh. Saat itu ponsel tersebut dibekali dengan chipset Qualcomm MSM7201A. Lalu diimbangi dengan CPU ARM11 yang memiliki kecepatan 528 MHz.

Ukuran RAM-nya adalah 192 MB dengan media penyimpanan 256 GB. Dari awal, T-Mobile G1 dan Android mendukung untuk penggunaan microSD pada penyimpanannya. Untuk koneksinya juga dibekali dengan jaringan 3G, fitur Bluetooth 2.0, hingga Wi-Fi.

Dari segi desain terbilang cukup mungil dengan ukuran 3.2 inci. Namun, untuk generasi pertama masih belum ada fitur keyboard virtual. Maka, T-Mobile G1 dibekali dengan keyboard tipe QWERTY yang berada di bawah layar. Untuk menggunakannya hanya perlu menggeser layarnya saja.

Baca juga: HP Android 12 Kini Bisa Dikendalikan Lewat Gestur Wajah, Seperti Apa?

Kelebihan Android Generasi Pertama

smartphone android (1)

Sistem operasi Android generasi 1.0 memang memiliki beberapa keunggulan dibanding pesaingnya yakni iOS yang ada di iPhone dan telah rilis setahun sebelumnya. Hal itu bisa dilihat dari segi home screen tampilannya dapat diubah. Begitu pula dengan notification drawer, widget, hingga copy paste yang memudahkan pengguna.

Android pun sifatnya open source. Dengan begitu bisa dipakai oleh brand maupun pabrikan smartphone Android mana saja. Inilah yang tidak dimiliki oleh iOS yang hanya bisa digunakan untuk iPhone saja. Keunggulan inilah yang membuat Android merajai penggunaan sistem operasi terbesar di dunia dan digunakan di berbagai merek ponsel saat ini.

Keberadaan smartphone Android pertama dulu sempat membuat Steve Jobs berang. Dia pun beranggapan bahwa sistem itu menjiplak IOS. Bahkan, konon Jobs pun berjanji akan menggusur Android. Namun, ambisi itu pun tak jadi terlaksana lantaran Jobs meninggal.

Gunakan Aksesoris Gadget Terbaik untuk Smartphone Android Anda

smartphone android (3)

Sistem operasi Android memang dapat berubah seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, untuk mendukung kenyamanan Anda dalam menggunakan smartphone Android, ada baiknya memilih perangkat aksesoris terbaik dari JETE Indonesia agar semakin nyaman.

Misalnya saja headset, TWS, dan earphone untuk mendengarkan musik streaming, panggilan telepon, dan nonton film maupun video. Lalu, untuk dukungan daya baterai tetap prima gunakan powerbank maupun charger dengan fitur fast charging. Anda bisa mendapatkannya di outlet-outlet resminya di berbagai kota di Indonesia maupun di toko online resmi JETE Indonesia di marketplace.

Nah, itulah sekilas tentang keberadaan smartphone Android pertama. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Artikel terkait:

Juni 5, 2024

Mei 22, 2024

Mei 15, 2024

April 27, 2024

April 24, 2024

April 20, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan