5 Solusi Ampuh untuk Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Maret

13

0 comments

JETE Indonesia – Penggunaan HP saat ini tidak dibatasi hanya untuk memudahkan kita berkomunikasi saja. HP juga bisa kita gunakan untuk kebutuhan lainnya. Contohnya seperti streaming film, mendengarkan musik, mengurus pekerjaan yang berhubungan dengan editing video dan masih banyak lagi. Namun, terkadang HP bisa tidak ada suara yang penyebabnya tidak selalu karena speaker yang rusak.

Lantas, bagaimana jika kamu mengalami masalah yang serupa? Tenang, berikut penjelasan singkat serta solusi atau cara mengatasi HP yang tidak ada suara. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 

Kenapa HP Tidak Muncul Suara Saat Digunakan?

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, kamu perlu tahu penyebab HP tidak ada suara terlebih dahulu. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi ketika mengalami masalah seperti ini. Bisa jadi kamu lupa mengatur volume pada HP-mu atau adanya kerusakan pada speaker HP-mu. 

Kalau kamu mengaktifkan mode Do Not Disturb, suara di HP menjadi hilang. Selain itu tidak ada notifikasi pada aplikasi yang kamu miliki. Namun, jika kamu tidak mengaktifkan mode tersebut, menurut Carl Care, penyebabnya bisa jadi karena speaker rusak, basah, atau kotor. 

Kamu dapat mengeceknya dengan cara memutar video lain. Sebab pengguna tidak sadar bahwa terkadang masalahnya bukan dari HP itu sendiri melainkan konten video tersebut tidak ada suaranya.

Baca Juga: Bingung HP Tidak Bisa Dicas? Simak Tips Ini!

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Berikut adalah cara mengatasi HP tidak ada suara yang bisa kamu coba sehingga tidak perlu khawatir lagi. 

1. Periksa Pengaturan Volume HP

Pertama-tama, cara simpel untuk memperbaiki HP tidak bersuara adalah periksa kembali pengaturan volume HP. Terkadang pengguna menonaktifkan suara pada saat tertentu dan lupa untuk mengaktifkan kembali. Tujuan diperiksa ini adalah memastikan apakah speaker keadaan mute atau tidak. 

2. Factory Reset 

Selain cara di atas, cara selanjutnya yang bisa dilakukan jika HP-mu tidak mengeluarkan suara sama sekali adalah kamu dapat melakukan reset factory HPmu agar dapat mengeluarkan suara lagi dengan jelas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan masalah atau bug yang ada termasuk ketika suara HP-mu yang hilang.  Reset HP ini juga ditujukan untuk mengembalikan sistem HP seperti semula atau kembali ke setelan pabrik. Sehingga sistem dapat bekerja sempurna. 

3. Pastikan Tidak Ada Mode Headset

Setelah kamu menggunakan headset, pastikan kembali kalau mode headset sudah tidak tersambung lagi pada HP. Biasanya mode tersebut muncul di notification bar bagian atas dan berbentuk icon earphone. Terkadang pengguna tidak sadar dan lupa untuk switch kembali mode headset menjadi speaker HP. Sehingga ketika menggunakannya lagi, kamu akan menyangka bahwa speaker HP yang bermasalah. 

Baca Juga: 5 Cara Cek Kesehatan Baterai HP Android

4. Bersihkan Speaker HP-mu 

Alasan HP tidak keluar suara juga mungkin karena speaker yang tersumbat. Sehingga kamu perlu untuk membersihkannya. Cara paling efektif yaitu meniupnya dengan pipet atau benda lain yang bersih. Jangan meniup dengan mulut karena dapat membuat speaker menjadi lebih kotor.  Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sikat yang lembut untuk mengeluarkan kotoran pada speaker HP. 

5. Restart HP 

Cara yang paling simpel adalah restart HP. Error dalam HP bisa menyebabkan HP tidak mengeluarkan suara. Menjadi hal yang wajar jika HP tiba-tiba error atau mengalami sedikit gangguan. Dengan memulai ulang atau restart HP, kamu dapat menormalkan kembali HP yang error. Sehingga ketika proses restart tersebut selesai, maka kamu akan melihat HP sudah normal lagi dan ada suaranya. 

6. Bawa ke service Center

ponsel, smartphone, anak (1)

Kalau kamu sudah mencoba semua cara diatas dan HP mu tetap tidak ada suara, kamu bisa langsung pergi dan menghubungi service center. Dengan demikian, kamu akan dibantu oleh tim disana untuk memperbaiki speaker HP sehingga kamu dapat menggunakannya dengan sempurna.

Baca Juga: Ciri-Ciri Baterai HP Rusak yang Perlu Kamu Waspadai!

Gunakan Earphone JETE Agar Suara HP-mu Lebih Jelas

Itulah penjelasan penyebab hp tidak ada suara dan cara mengatasinya. Dapatkan earphone Classic 2 dan rasakan sensasinya dari JETE Indonesia karena suaranya yang lebih jelas dan nendang. Kamu dapat membelinya melalui official store di kotamu atau secara online. Semoga bermanfaat! 

 

Penulis: Filippo Aurel Kezia – (Petra Christian University)
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

Mei 3, 2024

Mei 2, 2024

April 22, 2024

Maret 18, 2024

Maret 7, 2024

Februari 22, 2024

About the author, JETE Indonesia

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb