Inilah 6 Media Penyimpanan Data Populer dari Masa ke Masa

Februari

27

0 comments

JETE Indonesia – Media penyimpanan data memegang peran penting dalam menyimpan data-data digital yang bersifat penting. Melalui media tersebut, kamu pun bisa membuka atau menggunakan kembali data yang tersimpan. Setidaknya ada lima jenis media penyimpanan data yang bisa kamu gunakan. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Jenis-Jenis Media Penyimpanan Data

Perkembangan teknologi digital turut berpengaruh pada perubahan media penyimpanan data yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah jenis media yang ada dari waktu ke waktu. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu!

1. Punch Card

Jenis media penyimpanan data
sc: Wikipedia

Punch Card penyimpanan data kuno yang digunakan sebelum munculnya perangkat komputer modern. Sistem ini pertama kali ditemukan sekitar abad ke-18, tetapi baru banyak digunakan di awal abad ke-20 untuk mengotomatisasi pemrosesan informasi. Misalnya, sensus penduduk, perhitungan keuangan, dan tugas-tugas lain yang memerlukan pemrosesan berulang.

Promo "JETE THR" dapatkan Diskon up to 50% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

2. Floppy Disk (Disket)

Jenis media penyimpanan data
sc: Pexels

Kehadiran floppy disk atau disket di tahun 1969 disambut antusias, meski saat itu hanya bisa menyimpan data sekitar 80 kB saja. Kemudian empat tahun setelahnya, floppy disk dengan desain yang sama muncul dengan penyimpanan data yang meningkat hingga 256 kB. Semakin berkembang, floppy disk paling banyak hanya mampu menampung data sekitar 1-2MB saja. 

3. Compact Disk (CD)

Jenis media penyimpanan data
sc: Pexels

Compact Disk atau CD merupakan media penyimpanan data dengan harga terjangkau yang lebih canggih dari disket. Perangkat ini mulai diperkenalkan untuk publik pada tahun 1980-an dalam bentuk cakram plastik datar. Permukaannya reflektif yang dilapisi oleh lapisan tipis yang dapat dibaca oleh sinar laser. Tersedia format CD-R (CD-Recordable) yang hanya bisa dipakai menyimpan data sekali, dan CD-RW (CD-ReWritable) yang mampu menghapus data secara berulang.

Baca juga: 7 Speaker Terbaik JETE, Ada yang Super Waterproof!

4. Flash Disk

Jenis media penyimpanan data
sc: Pexels

Flashdisk adalah media penyimpanan yang menggunakan teknologi USB (Universal Serial Bus). Lebih fleksibel dibandingkan dengan media lainnya, flashdisk tersedia dengan berbagai ukuran kapasitas penyimpanan, mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, hingga 1TB. Bentuknya yang mungil membuat flashdisk mudah dibawa kapan saja dan di mana saja. Selain itu, dengan flashdisk, pengguna jadi lebih cepat dalam memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

5. Hard Disk Drive (HDD)

Jenis media penyimpanan data
sc: Pexels

Hard Disk Drive saat ini menjadi perangkat paling umum yang digunakan sebagai media penyimpanan data komputer maupun laptop. Data yang tersimpan biasanya tidak akan hilang meskipun ketika tidak diberi tegangan listrik (bersifat non-volatile). Menariknya lagi, HDD juga bisa digunakan sebagai boot device utama di mana sistem operasi yang diinstal pada hard disk akan dijalankan pada saat komputer mulai booting. Soal kapasitas penyimpanan, bisa sampai 4TB lho!

6. Solid State Drive (SSD)

Jenis media penyimpanan data
sc: Pexels

Kamu pernah mendengar istilah Solid State Drive atau SSD? Ini merupakan media penyimpanan data komputer yang lebih modern yang mampu menyimpan data persisten pada memori flash solid-state. Kecepatan membaca dan menulisnya juga lebih cepat dari HDD, sehingga menggunakan SSD mampu memberikan performa yang lebih cepat mulai dari sistem operasi, program, dan file yang akan dimuat. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Penutup

Itulah tadi media penyimpanan data yang populer dari masa ke masa. Di antara semuanya, flashdisk bisa dibilang menjadi media yang masih “panjang umur”. Pasalnya, sampai saat ini pun masih banyak orang yang menggunakannya. Bahkan muncul produk-produk flashdisk terbaik, seperti flashdisk JETE U1 yang direkomendasikan untuk segala kebutuhan penyimpanan kamu.

Flashdisk series JETE U1 kompatibel untuk port yang berbeda pada perangkat komputer. Tersedia dual port 2.0 atau 3.0 yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan pemindahan data. Hebatnya lagi, flashdisk ini memiliki kecepatan membaca data 15MB/s dan kecepatan menulis 6MB/sMB. Artinya, pengguna lebih hemat waktu transfer. Tunggu apalagi? Segera dapatkan produk original JETE hanya di official store JETE Indonesia.

Artikel terkait:

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

Maret 6, 2024

Februari 28, 2024

Februari 27, 2024

Februari 24, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE THR" - Diskon up to 50% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb