Panduan Lengkap Cara Membuat Podcast, Pemula Wajib Tahu!

Februari

28

0 comments

JETE Indonesia – Cara membuat podcast sebenarnya gampang, kok! Kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya sendiri. Secara sederhana, podcast adalah siaran audio yang bisa didengarkan berulang kali, kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Tertarik membangun channel podcast dari nol? Simak panduan selengkapnya di sini.

Cara Membuat Podcast Bagi Pemula

Sebelum memulai, pastikan terlebih dulu kamu punya perangkat dasar yang dibutuhkan untuk membangun siaran podcast. Antara lain, smartphone, laptop, dan microphone. Kalau sudah siap, yuk buat podcast-mu sendiri dengan langkah-langkah berikut.

1. Tentukan topik yang akan dibahas

Cara membuat podcast untuk pemula
sc: Pexels

Cara membuat podcast yang pertama yaitu dengan menentukan topik apa saja yang menarik untuk dibahas. Kamu bisa melakukan riset sederhana untuk menemukan topik apa saja yang sedang tren di kalangan pendengar podcast. Selain itu, kamu juga bisa memilih topik sesuai dengan bidang yang disuka. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengerjakan materi siaran.

Baca juga: 7 Peralatan Podcast Pemula Agar Konten Makin Berkualitas

2. Bangun identitas siaran podcast

Cara membuat podcast untuk pemula
sc: Pexels

Setelah menemukan topik yang tepat untuk dibahas, kamu bisa mulai membangun identitas untuk siaran podcast tersebut. Mulai dari nama channel, desain cover, jadwal dan durasi tayang, hingga siapa dan berapa orang yang akan menjadi host pada program tersebut. Kalau mau lebih menarik lagi, kamu juga bisa lho menciptakan tagline atau jingle pembuka siaran podcast. Seluruh identitas ini harus dikerjakan sebelum proses rekaman dimulai.

3. Pilih platform yang sesuai

Cara membuat podcast untuk pemula
sc: Pexels

Pastikan kamu juga memilih platform yang sesuai dengan target audiens siaran podcast. Di Indonesia, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih. Antara lain, Spotify, Spoon, Anchor, Joox, Noice, dan Filmora. Bahkan kamu juga bisa memulai siaran Podcast dengan memanfaatkan fitur IG TV pada platform Instagram lho! 

Baca juga: Apa Itu Whisperify Spotify? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya! 

4. Mulai proses rekaman

Cara membuat podcast untuk pemula
sc: Pexels

Nah, sekarang kamu bisa memulai proses rekaman podcast. Bagi pemula, kamu bisa merekam suara menggunakan alat seadanya, seperti earphone dan microphone bawaan dari smartphone. Selain itu, kamu juga bisa langsung merekam suara dengan menggunakan microphone yang ada di laptop secara langsung. Cara membuat podcast ini direkomendasikan khusus untuk podcaster pemula.

5. Gunakan peralatan yang memadai

Cara membuat podcast untuk pemula
sc: Pexels

Kalau kamu sudah punya cukup banyak audiens dan ingin terdengar lebih profesional, maka sebaiknya siapkan peralatan podcast yang lebih baik. Gunakan microphone eksternal dengan kualitas terbaik demi menghasilkan suara yang jernih dan nyaman didengar. Jangan lupa siapkan pop filter, headphone, dan mic boom. Peralatan yang memadai akan membuat proses rekaman lebih optimal dan menghasilkan audio yang berkualitas. 

Baca juga: Viral Dipakai Debat Cawapres, Kenali 9 Jenis Microphone Ini!

6. Lakukan proses editing

Cara membuat podcast untuk pemula
sc: Pexels

Pada dasarnya jika hasil rekaman podcast sudah baik, kamu tidak perlu melakukan proses editing. Sebaliknya, editing hanya dilakukan jika ada beberapa hal perlu diperbaiki. Misalnya, terlalu banyak noise atau suara berisik di latar belakang. Namun demikian, proses editing tetap disarankan demi menghasilkan siaran podcast yang jernih dan nyaman didengarkan. Kamu bisa memanfaatkan software gratis, seperti Audacity dan Garageband.

7. Siapkan cover podcast

Cara membuat podcast untuk pemula
sc: Pexels

Cara membuat podcast yang tak kalah penting selanjutnya, yaitu membuat cover atau sampul depan untuk siaran yang telah kamu buat. Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan beberapa template cover podcast gratis yang ada di Canva maupun platform desain lainnya. Pilih cover yang sesuai dengan identitas dan konten di dalam siaran podcast-mu. Pastikan cover tersebut bisa menarik perhatian audiens untuk mendengarkan siaranmu, ya!

8. Upload Podcast

Cara membuat podcast untuk pemula
sc: Pexels

Terakhir, kamu bisa mengupload siaran podcast pada platform yang telah dipilih, misalnya Spotify. Langkah-langkahnya, yaitu:

  1. Buat RSS Feed untuk tempat berkas MP3 setiap episode.
  2. Kunjungi halaman situs web Spotify for Podcaster.
  3. Login menggunakan akun spotify.
  4. Klik tombol Get Started, lalu Submit your podcast.
  5. Isikan nama pada kolom Your legal name.
  6. Centang di kotak Terms and Conditions, lalu klik Continue.
  7. Masukkan link RSS feed di kolom yang disediakan.
  8. Kirimkan kode konfirmasi ke email, lalu masukkan kode tersebut.
  9. Pada bagian menu Add podcast info, masukkan informasi negara, bahasa, kategori dan penyedia layanan, kemudian klik Next.
  10. Terakhir di halaman Review, pastikan tidak ada kesalahan dalam memasukkan informasi, lalu klik Submit.

Penutup

Berbekal panduan lengkap cara membuat podcast tadi, kamu pun bisa jadi podcaster profesional. Jangan lupa, selalu gunakan Microphone JETE dalam merekam podcast untuk menghasilkan kualitas suara yang jernih dan enak didengar. Beli produk original JETE hanya di official store JETE Indonesia.

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 4, 2024

April 3, 2024

Maret 30, 2024

Maret 23, 2024

Maret 21, 2024

About the author, JETE Contributor