10 Manfaat QRIS di Era Digital dalam Dunia Bisnis

Februari

6

0 comments

JETE Indonesia – QRIS adalah singkatan dari Quick Response (QR) Code Indonesia Standard. QRIS adalah sebuah sistem pembayaran elektronik yang menggunakan kode QR untuk mempermudah transaksi pembayaran. Metode pembayaran ini mulai digunakan di tanah air per tanggal 17 Agustus 2019 lalu dan diprakarsai oleh Bank Indonesia. Apa saja mafaatnya? Kamu bisa simak dalam artikel kali ini.

Manfaat QRIS di Era Digital

Berikut manfaat QRIS di era digital yang dapat kamu rasakan untuk aktivitas perdagangan dan e-commerce:

1. Mempermudah Pencatatan Transaksi

Manfaat QRIS yang pertama adalah memudahkan pencatatan transaksi. Jika selama ini penjual melakukan pencatatan manual untuk setiap transaksi, maka hal itu tidak lagi dengan menggunakan QRIS. Sebab, semua transaksi tercatat secara otomatis.  Hal tersebut juga akan mengurangi tingkat kesalahan manusia atau human error. Proses pencatatan juga lebih efisien.

Baca juga: 5 Cara Membuat QR Code, Bisa Lewat HP!

2. Pencegahan Peredaran Uang Palsu

Manfaat yang kedua dari penggunaan QRIS adalah untuk mencegah peredaran uang palsu. Selama ini, trik peredaran uang palsu adalah dengan transaksi tunai. Baik oleh penjual maupun pembeli yang nakal. Maka, dengan adanya QRIS peredaran uang palsu dapat dicegah. Baik para penjual maupun konsumen merasa lebih aman dan menghindari kerugian yang ada.

3. Transaksi Cepat dan Nyaman

Di era digital yang serba cepat, pembayaran yang cepat dan nyaman adalah salah satu bentuk kepuasan konsumen. Berkat QRIS, konsumen tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Sementara, dari segi penjual tak perlu khawatir mencari uang kembalian. Cukup hanya dengan scan kode yang ada, maka akan diproses secara otomatis. Konsumen hanya memasukkan nominal yang harus dibayarkan.

Baca juga: Harga dan Cara Menggunakan E-Meterai dengan Mudah

4. Mempermudah Proses Jual-Beli

Berikutnya adalah manfaat dan fungsi QRIS ini mempermudah proses jual-beli. Pengguna hanya sekali saja mendaftarkan untuk mendapatkan kemudahan pembayaran maupun aplikasi yang didukung QRIS. Yakni dengan satu kode QR, pihak penjual bisa menggunakannya untuk beragam metode pembayaran. Proses pembayarannya pun tidaklah sulit dan bisa digunakan di berbagai wilayah di Indonesia yang mendukung layanan ini.

5. Manfaat QRIS untuk Keamanan Pembayaran

Soal keamanan dalam bertransaksi, QRIS memang tidak diragukan lagi. Prinsip dasarnya adalah transfer saldo di antar rekening berbeda. Setiap transaksi tersebut memerlukan kode atau PIN yang harus disetujui pihak-pihak yang melakukan transaksi. Hal inilah yang membuat lebih aman, selain itu apabila ada transaksi yang dinilai tak wajar maka dengan mudah dapat dilaporkan ke pihak terkait. Sebab, semua transaksi tercatat secara online.

Baca juga: 5 Fitur WhatsApp Bisnis untuk Tingkatkan Cuan Bisnismu

6. Lebih Hemat Biaya Operasional

Manfaat QRIS bagi para pelaku usaha yang cukup diminati adalah lebih hemat biaya operasional. Meski begitu, ada juga biaya pembayaran yang disebut dengan merchant discount rate (MDR). Sebagai contoh untuk transaksi biasa sebesar 0.7%, pendidikan 0.6%, dan SPBU 0.4%. Sementara, untuk biaya bantuan sosial tidak ada biaya MDR. Di satu sisi, konsumen tidak dikenakan biaya lain di luar angka nominal yang mereka belanjakan.

7. Metode Bayar yang Variatif

 

Salah satu keunggulan dari QRIS ialah dari segi pembayaran yang mudah. Kemudahan ini di antaranya karena banyak menyediakan metode pembayaran. Jelas, ini sangat bermanfaat bagi para konsumen maupun merchant. Misalnya saja e-wallet di Indonesia seperti OVO, GoPay, Dana. LinkAja, dan lainnya. Begitu pun dukungan dari pembayaran bank-bank tanah air seperti BCA, Mandiri, BNI, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Ini Cara Daftar TikTok Affiliate, Mudah dan Tanpa Minimal Followers Lho! 

8. Banyak Promo Menarik

Tak hanya memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis saja. QRIS juga memberikan keuntungan bagi konsumen. Misalnya adanya berbagai promo menarik dalam bentuk diskon hingga cashback. Khususnya bagi pengguna dengan e-wallet atau m-banking. Dengan begitu, tentu jika merchant menggunakan QRIS secara tidak langsung membuat calon konsumen baru tertarik dan konsumen lama semakin loyal. Jika penjualan meningkat, jelas ini akan menguntungkanmu.

9. Membantu UMKM Lebih Berkembang

Selama ini, keberadaan UMKM sering dipandang sebelah mata. Terutama untuk digitalisasi di bidang promosi hingga penjualan. Dengan adanya QRIS, mendorong UMKM untuk bisa bersaing di era digital. Apalagi bersaing dengan berbagai brand lainnya. Adanya sinergi dari pihak bank dan pelaku UMKM dalam menggunakan QRIS, membuat UMKM lebih ‘naik kelas’. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa bersaing di ranah global karena semakin banyak dikenal dan pembayaran yang mudah.

Baca juga: Cara Membuat WA Bisnis untuk Pelaku UMKM

10. Bisa Digunakan Siapa Saja

Terakhir, manfaat QRIS adalah dapat digunakan oleh siapa saja. Terutama masyarakat di tanah air. Seperti dijelaskan sebelumnya, UMKM pun bisa menggunakannya. Jadi, tidak hanya digunakan untuk merchant mall saja. Bahkan, toko kelontong, pedagang keliling, maupun kedai-kedai di sekitarmu pun bisa menggunakannya. Termasuk kamu yang ingin membuka bisnis. Sebab, QRIS sendiri mengusung semangat kebersamaan dan universal.

Penutup

Setidaknya itu dia JETE Lovers beberapa manfaat QRIS dan keunggulannya yang bisa kamu rasakan saat menggunakannya. Khususnya untuk kamu yang bergerak di bidang e-commerce. Agar proses transaksi menggunakan QRIS lebih lancar, gunakan juga perangkat dan aksesoris terbaik dari JETE Indonesia. Seperti powerbank, pelindung layar, dan lain sebagainya yang bisa kamu dapatkan di official store yang tersebar di berbagai kota. Atau pembelian di marketplace.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Februari 23, 2024

Februari 21, 2024

Februari 20, 2024

Februari 3, 2024

Februari 3, 2024

Januari 27, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan