7 Lagu Jawa Viral di TikTok, YouTube hingga Spotify!

Agustus

30

0 comments

JETE Indonesia – Berbicara tentang lagu Jawa yang viral belakangan ini memang tidak ada habisnya. Banyaknya musisi Jawa yang bermunculan dan irama lagu Jawa yang enak untuk didengar membuat banyak orang semakin menggandrungi lagu jenis ini. Bukan hanya orang Jawa saja, bahkan tak sedikit orang dari luar Jawa yang mulai menyukainya.

Adanya platform seperti YouTube, TikTok dan Spotify turut menyumbang pengaruh besar dalam penyebaran lagu Jawa ini. Tak jarang lagu Jawa ini seringkali menempati tranding YouTube, Top Chart Spotify, bahkan masuk Viral TikTok Sound.

5 Alasan Lagu Jawa Viral dan Populer

aplikasi streaming musik terbaik

Pada era digital seperti saat ini, lagu-lagu Jawa seringkali viral dan sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak faktor yang mempengaruhi popularitas lagu-lagu Jawa ini, adapun diantaranya:

1. Nilai Kesenian yang Tinggi

Salah satu alasan utama mengapa lagu-lagu Jawa viral adalah karena mereka memiliki nilai kesenian yang tinggi. Lagu-lagu Jawa biasanya memiliki melodi yang indah, lirik yang dalam, dan aransemen musik yang khas. Musik ini mencerminkan kekayaan budaya Jawa yang telah ada selama berabad-abad. Nilai kesenian yang tinggi membuat lagu-lagu Jawa menarik bagi pendengar dari berbagai latar belakang budaya.

2. Lirik yang Emosional dan Autentik

Lagu-lagu Jawa juga terkenal karena lirik yang emosional dan autentik. Mereka sering kali menceritakan kisah-kisah cinta yang menyentuh hati dan pengalaman hidup yang mendalam. Lirik-lirik puitis dengan alunan musik yang merdu, membuat pendengar terhubung secara emosional dengan lagu tersebut. Lagu-lagu Jawa mampu menyampaikan perasaan dan emosi dengan cara yang unik dan memikat.

3. Ragam Genre yang Menarik

Lagu-lagu Jawa tidak hanya terbatas pada satu genre musik saja. Mereka mencakup berbagai genre musik seperti Pop, Dangdut Koplo, Campursari, HipHop, SKA, Reggae dan masih banyak lagi. Ragam genre ini membuat lagu-lagu Jawa dapat dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. Setiap orang dapat menemukan lagu Jawa yang sesuai dengan selera musik mereka, sehingga membuatnya menjadi viral.

4. Pengaruh Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial memiliki peran besar dalam menjadikan lagu-lagu Jawa menjadi viral. Dengan adanya platform seperti YouTube, Instagram, dan TikTok, lagu-lagu Jawa dapat dengan mudah diakses dan dibagikan oleh pengguna media sosial. Banyak pengguna media sosial yang membuat konten video atau tarian menggunakan lagu-lagu Jawa, yang kemudian menarik perhatian lebih banyak orang. Hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam popularitas lagu-lagu Jawa.

5. Identitas Budaya yang Kuat

Lagu-lagu Jawa memiliki identitas budaya yang kuat. Mereka mencerminkan nilai-nilai, tradisi, dan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa. Identitas budaya ini membuat lagu-lagu Jawa menjadi relevan dan dapat diterima oleh masyarakat Jawa maupun masyarakat dari daerah lain. Lagu-lagu Jawa mampu membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap budaya sendiri, sehingga semakin banyak orang yang tertarik dan terhubung dengan lagu-lagu ini.

Baca juga: Selain Spotify, Ini 5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik

Lagu Jawa Viral di Tiktok, YouTube dan Spotify 2023

Buat kamu yang menggemari lagu Jawa, mungkin sudah tak asing lagi dengan beberapa lagu dibawah ini. Adapun beberapa deretan lagu Jawa viral di TikTok, YouTube dan Spotify tahun ini yang bisa kamu nikmati saat bersantai diantaranya:

1. Nemen – NDX AKA

Nemen - NDX AKA
Sc: YouTube

Lagu Nemen bercerita tentang perasaan kecewa dan pengkhianatan dalam sebuah hubungan. Rasa ini muncul saat mengetahui bahwa sang kekasih telah berselingkuh secara diam-diam. Meskipun dia sudah berusaha memenuhi keinginan kekasihnya dan rela berjuang sendirian demi kebahagiaan pasangan, tetapi akhirnya sang kekasih tersebut memilih orang lain. 

Penggalan Lirik pada lagu Nemen milik NDX AKA ini mencerminkan rasa sakit dan kekecewaan, serta perasaan pahit terhadap pengkhianatan yang terjadi dalam hubungan. Lagu yang dirilis pada 21 Mei 2023 ini sudah ditonton 48,9 juta kali di YouTube. Lagu ini juga sudah didengar 37,2 juta kali di Spotify dan dijadikan sound TikTok sebanyak 485 ribu video.

2. Rasah Bali – LAVORA Ft Ena Vika

Rasah Bali - LAVORA Ft Ena Vika
Sc: YouTube

Lagu Rasah Bali mengisahkan tentang perasaan penyesalan dan kebingungan dalam hubungan. Dia merasa tidak mengerti perasaan hatinya sendiri, sementara pasangan tampaknya sudah tidak lagi peduli. Dia juga merasa sakit dan tidak mampu mengembalikan perasaan yang telah hilang, dan harus menerima kenyataan bahwa sang kekasih lebih memilih orang lain.

Lagu dinyanyikan LAVORA dan Ena Vika ini rilis perdana pada 24 Oktober 2022. Rasah Bali sejauh ini telah ditonton 47,4 juta kali di YouTube. Sudah diputar 32 juta kali di Spotify dan dijadikan sound TikTok sebanyak 65,8 ribu video.

Baca juga: Lagu Lagu Jawa Terbaik yang Wajib Kamu Ketahui!

3. Sanes – Guyon Waton dan Denny Caknan

Sanes – Guyon Waton dan Denny Caknan
Sc: YouTube

Lagu Sanes yang dinyanyikan oleh Guyon Waton dan Denny Caknan bercerita tentang pengorbanan seseorang yang berjuang untuk mendapatkan pujaan hatinya. Sayangnya, usaha yang dilakukannya berujung sia-sia karena orang yang selama ini dikaguminya justru menyukai orang lain.

Kata “Sanes” sendiri dalam bahasa jawa merupakan ungkapan penolakan yang kerap dilakukan seseorang terhadap suatu hal karena adanya perbedaan. Lagu ini sendiri cukup viral sejak dirilis pertama kali tanggal 23 Februari 2023 kemarin. Hal ini dikarenakan liriknya yang menyayat hati dan realeteble dengan kondisi pendengarnya.

Sampai saat ini salah satu lagu jawa viral ini sudah ditonton 34 juta kali di YouTube. Sudah didengar 31 juta kali di Spotify dan dijadikan sound TikTok sebanyak 72 ribu video.

4. Dadi Siji – Miqbal Ga Ft Siska Amanda

Dadi Siji - Miqbal Ga Ft Siska Amanda
Sc: YouTube

Pesan utama lagu Dadi Siji adalah mengenai penerimaan terhadap takdir dan kenyataan hidup, serta menghargai setiap momen yang telah terjadi. Meskipun ada harapan dan impian yang diinginkan (hidup bersama), ada pemahaman bahwa akhirnya, semua ada di tangan Tuhan. 

Lirik lagu ini juga menggambarkan hubungan yang kuat antara sepasang kekasih untuk menghadapi tantangan dan perubahan untuk bisahidup bersama. Sejauh ini lagu Dadi Siji sudah ditonton 14 juta kali di YouTube. Sudah diputar 3 juta kali di Spotify dan dijadikan sound TikTok sebanyak 35 ribu video.

Baca juga: Rekomendasi Lagu Didi Kempot Terbaik untuk Sobat Ambyar

5. Cundamani – Denny Caknan

Cundamani - Denny Caknan
Sc: YouTube

Lagu Cundamani menggambarkan perasaan cinta yang mendalam dan kepercayaan yang kuat dalam hubungan. Denny Caknan merenungkan cinta mereka yang terus bertahan seiring berjalannya waktu dan menghadapi segala tantangan. Mereka yakin bahwa hubungan ini benar-benar nyata dan bersedia menjalaninya dengan tekad yang kuat. 

Cundamani menjadi lagu sountrack untuk pernikahan Denny Caknan dan Bella Bonita. Istilah Cundamani berasal dari bahasa sansekerta yang bisa artinya “Permata Terbaik”. Istilah ini diberikan kepada wanita layaknya sebuah permata, perlambang sebuah benda yang biasa dipakai dalam kehidupan manusia yang punya nilai/velue tinggi.

Lagu yang dirilis pada 11 Juli 2023 ini sudah dilihat 11,7 juta kali di YouTube. Sudah diputar 2,7 juta kali di Spotify dan dijadikan sound TikTok sebanyak 95,2 ribu video.

6. Dumes – Wawes ft Guyon Waton

Dumes - Wawes ft Guyon Waton
Sc: YouTube

Lagu Dumes mengisahkan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Disaat sang wanita sedih, dia selalu ada menemani. Namun ketika sang wanita bahagia, sang wanita justru bersama orang lain. Adakalanya dia merasa cemburu, namun dia sadar dia bukan siapa-siapanya. Meski sampai saat ini, hanya sang wanita yang selalu ada dihatinya.

Banyak sekali kenangan indah dia bersama sang wanita. Meski dia kerap kali bisa membuat sang wanita nyaman, namun itu bukan jaminan untuk sang wanita mencintainya kembali. Lagu Dumes dirilis pertama kali pada 30 Juni 2023. Sampai saat ini lagu ini sudah ditonton 10 juta kali di YouTube. Sudah didengar 3,7 juta kali di Spotify dan dijadikan sound TikTok sebanyak 19,4 ribu video.

7. Teteg Ati – Asha ft. Tiara Linggar

Teteg Ati - Asha ft. Tiara Linggar
Sc: YouTube

Lagu Teteg Ati menceritakan tentang perasaan cinta yang penuh pengorbanan. Dalam lagu ini, Tiara Linggar merasa tertekan dalam sebuah hubungan meskipun ada harapan dan keinginan untuk mengatasi perasaan tersebut. Ia merenungkan cinta yang pernah dirasakan dan mencoba mempertahankan hubungan yang begitu berarti. 

Meski adakalanya terjadi konflik dan kesalahpahaman, Tiara mencoba memahami pasangan dan menghargai perjuangan yang telah dilakukan. Lagu yang telah dirilis sejak 9 Feb 2021 ini sudah dilihat 8 juta kali di YouTube. Sudah diputar 3 juta kali di Spotify dan dijadikan sound TikTok sebanyak 20 ribu video.

Baca juga: Lagu Galau Indonesia Siap Menemanimu yang Lagi Patah Hati

Dengerin Lagu Jawa Viral dengan Audio Menggelegar

04. speaker bluetooth, JETE S8 Series

Inilah 7 lagu lagu Jawa viral yang bisa kamu dengarkan di waktu luang maupun saat sedang beraktifitas. Agar lebih nyaman mendengarkannya, kamu bisa pakai aksesoris gadget dan perangkat audio dari JETE Indonesia. Mulai dari earphone, headphone, TWS, hingga speaker Bluetooth untuk mendengarkan beramai-ramai dan berkaraoke bareng teman.

Dapatkan perangkat tersebut di official store JETE Indonesia yang tersebar di berbagai kota di tanah air. Atau dengan membelinya di toko resmi online kami di marketplace. Yuk, segera dapatkan perangkatnya dan raih banyak bonus yang bisa kamu raih di setiap pembelian!

Artikel terkait:

Maret 26, 2024

Februari 2, 2024

Desember 21, 2023

Desember 9, 2023

November 25, 2023

November 25, 2023

About the author, Hendrik Ferdi Setiawan