7 Rekomendasi Kegiatan Selama Bulan Ramadan yang Seru

Maret

13

0 comments

JETE Indonesia – Bulan Ramadan hanya datang sekali dalam setahun, sangat disayangkan jika disia-siakan begitu saja. Walau asupan makanan dan minuman berkurang ketika berpuasa, kamu bisa tetap produktif dengan melakukan hal-hal yang positif. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu belajar lebih banyak tentang agama, berbagi kepada sesama, dan lalin-lain. Berikut merupakan rekomendasi kegiatan selama bulan Ramadan yang membuat kamu tetap semangat dalam berpuasa. SImak terus, ya! 

Rekomendasi Kegiatan Selama Bulan Ramadan 

Selama ini, ngabuburit mungkin menjadi salah satu aktivitas favorit yang dilakukan selama bulan Ramadan. Tapi sebenarnya, masih banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan. Bulan ramadan merupakan momen yang tepat untuk melakukan hal-hal positif. Kamu bisa manfaatkan untuk memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam. Berikut rekomendasi kegiatan selama bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan. 

1. Membuat to-do list

Membuat To-do List
SC: Freepik

Biar tidak bermalas-malasan selama puasa, kamu bisa membuat to-do list atau daftar kegiatan selama bulan Rmadan. Tuliskan apa saja kegiatan yang ingin kamu lakukan dalam sehari. Biasanya, kamu merasa lebih segar dan lebih berenergi di pagi hari. Jadi, manfaatkan waktu tersebut untuk menyelesaikan tugas-tugas yang butuh konsentrasi tinggi. Kamu dapat menggunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas tertentu. Jangan lupa juga untuk melewatkan ibadah seperti shalat sunnah Tarawih, membaca Al-Qur’an, atau menonton kajian. 

2. Berjualan Takjil

Kegiatan Selama Bulan Ramadan
SC: Freepik

Kamu bisa memanfaatkan momen di bulan Ramadan dengan berjualan aneka takjil untuk menambah penghasilan. Ada banyak ide makanan yang dapat kamu coba, mulai dari gorengan, es buah, jajanan pasar, lauk-pauk, dan sebagainya. Cobalah untuk berjualan aneka takjil di depan rumah atau megikuti bazar Ramadan yang dekat dengan tempat tinggalmu. 

Selain berjualan, kegiatan lain yang dapat kamu lakukan yaitu berbagi takjil gratis untuk anak yatim atau orang lain yang membutuhkan. Berbagi makanan kepada orang lain merupakan cara untuk mendapatkan rahmat Allah SWT serta amalan yang dilipatgandakan. Selain menjadi kesempatan dalam memperbanyak pahala, berbagi makanan juga dapat mendatangkan kebahagiaan untuk orang lain. 

Baca Juga: 7 Speaker Terbaik JETE, Ada yang Super Waterproof!

3. Olahraga 

Aktivitas Olahraga
SC: Freepik

Mungkin kamu merasa tidak bertenaga ketika berpuasa dan lebih sering untuk bermalas-malasan. Padahal puasa bukanlah halangan untuk melakukan aktivitas yang fisik seperti berolahraga, lho. Olahraga justru membantu pikiran tetap fresh dan membuat stamina terjaga. Tidak perlu melakuka aktivitas fisik yang berat, kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti jogging atau yoga. Tubuh akan terasa lebih segar dan tidak lesu sehabis berolahraga. 

4. Melakukan Hobi

Kegiatan Selama Bulan Ramadan
SC: Freepik

Melakukan hobi dapat menjadi salah satu kegiatan selama bulan Ramadan yang menyenangkan. Namun yang perlu kamu tau, pilihlah hobi yang tidak terlalu menguras energi sehingga tidak mengganggu kenyamanan saat berpuasa. Misalnya, kamu bisa melakukan berbagai hobi seperti membaca buku novel fiksi atau nofiksi atau buku pengetahuan tentang agama. Selain itu, kamu dapat melakukan hobi seperti memasak. 

Baca Juga: 5 Cara Memilih Speaker Portable yang Bagus

5. Membaca Al-Qur’an 

Membaca Al-quran
SC: Freepik

Sebagai umat muslim, dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an setiap hari. Namun, membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan akan mendatangkan pahala yang lebih banyak. Kamu bisa memulai kebiasaan dengan membaca 1 juz per hari selama 30 hari di bulan Ramadan. Aktivitas ini tidak hanya membawa berkah, tapi juga membuat kamu leblih mudah dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Jangan lupa juga untuk membaca tafsir atau arti bacaan di tiap ayat Al-Qur’an. 

6. Mendengarkan Ceramah 

Mendengarkan Ceramah
SC: Freepik

Selain membaca Al-Qur’an, hal lain yang bisa kamu lakukan yaitu mendengarkan ceramah dari ustadz dan ulama di masjid setempat. Bagi yang berhalangan, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendengarkan tausiah dari ulama favoritmu secara online di platform seperti Youtube. Selain menentramkan hati, tausiah juga  juga menambah ilmu pengetahuanmu terkait ilmu agama. 

7. Salat Malam 

Salat Malam
SC: Freepik

Aktivitas lain yang dapat menambah pahalamu di bulan Ramadan yaitu dengan melakukan salat sunnah tahajud. Kalau kamu belum terbiasa salat malam, coba untuk tingkatkan frekuensinya selama bulan puasa. Sehingga, setelah bulan Ramadan berakhir, kamu sudah terbiasa untuk melakukan amalan ibadah ini. Penting untuk diingat bahwa ibadah yang kamu lakukan ini atas untuk membentuk kebiasaan baik, ya.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Speaker Bluetooth Agar Awet Dipakai  

Penutup 

Semoga rekomendasi kegiatan selama bulan Ramadan yang telah disebutkan tadi dapat memberikan inspirasi dan kedekatan spiritual yang lebih kepada Allah SWT. Agar momen Ramadan terasa lebih seru, kamu bisa melihat rekomendasi speaker terbaik di JETE untuk mendengarkan ceramah atau mendengarkan musik yang dapat memeriahkan bulan puasa. Temukan produk menarik lainnya dari JETE. Semoga bermanfaat! 

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

April 10, 2024

April 9, 2024

April 8, 2024

About the author, JETE Contributor