8 Ide Kegiatan Lebaran yang Seru dan Menyenangkan

April

4

0 comments

JETE Indonesia — Hari Lebaran tiba! Di hari istimewa ini, sangat identik dengan momen berkumpul dan bersilaturahmi antar keluarga atau sanak saudara. Tidak hanya itu, keceriaan lebaran juga bisa diciptakan dengan melakukan berbagai aktivitas seru. Ada beberapa kegiatan lebaran yang bisa kamu lakukan, seperti menyantap hidangan khas, bermain permainan tradisional, dan masih banyak lagi. Berikut adalah deretan ide kegiatan lebaran yang seru untuk dilakukan. Simak!

8 Ide Kegiatan Lebaran yang Seru dan Menyenangkan 

Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang spesial bagi umat muslim. Biasanya dirayakan dengan saling bersilaturahmi dengan berkunjung ke rumah saudara. Selain itu, beberapa orang juga menambah keseruan seperti berlibur dan melakukan berbagai ide kegiatan lebaran lainnya. Buat kamu yang berencana ingin merayakan lebaran bersama kerabat atau keluarga, simak yuk! 

1. Open House 

Open House
SC: Freepik

Ide kegiatan pertama yaitu mengadakan open house. Tradisi ini yaitu dengan membuka pintu rumah dan menyambut para tamu baik keluarga atau kerabat untuk saling bersilaturahmi dan berbagi keceriaan. Open house jadi salah satu momen spesial untuk menjalin kembali hubungan, mempererat tali persaudaraan, dan menciptakan kenangan indah bersama orang-orang tercinta. Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk saling berbincang.

Baca Juga: 8 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah Saat Mudik Lebaran 2024

2. Liburan ke Tempat Wisata 

Ide Kegiatan Lebaran
SC: Freepik

Setelah saling bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga atau kerabat, kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan berkunjung ke tempat wisata untuk menambah keseruan. Biasanya, libur lebaran terbilang panjang sehingga momennya tepat untuk digunakan dengan berlibur. Agar semakin berkesan, kamu bisa berkunjung tempat yang yang tidak hanya menawarkan hiburan tapi juga menambah edukasi. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi, seperti kebun binatang, museum, bangunan bersejarah, dan masih banyak lagi. 

3. Menyantap Hidangan Khas Lebaran 

Makan Bersama
SC: Freepik

Lebaran kurang lengkap jika tidak menyantap menu wajib yang dihidangkan di meja makan. Beberapa hidangan khas yang biasanya tersaji, antara lain opor ayam, ketupat, semur daging, soto, dan masih banyak lagi. Keberagaman hidangan Lebaran ini menjadi daya tarik tersendiri. Jadi, tidak hanya menyantap kue-kue khas lebaran, kamu juga bisa menikmati sajian menu berat yang lezat. Selain itu, menyantap hidangan lebaran juga bukan hanya mengenyangkan perut, tapi juga tentang kebersamaan. 

4. Video Call 

Melakukan Video Call
SC: Freepik

Ide kegiatan lebaran berikutnya adalah menjalin silaturahmi dengan keluarga dan kerabat yang berada jauh dari rumah atau luar kota. Melakukan video call menjadi salah satu cara untuk mengobati rasa rindu sekaligus kesempatan untuk saling menyapa, berbagi cerita, dan mempererat ikatan kekeluargaan. Sehingga, kegiatan ini akan mewarnai momen lebaranmu menjadi lebih bermakna. 

5. Menonton dan Bermain Game

Menonton Bersama Keluarga
SC: Freepik

Momen Idul Fitri erat dengan kegiatan berkumpul. Kamu bisa menciptakan momen bahagia dengan menonton atau bermain game bersama. Buat keluarga, kamu bisa memilih film-film yang menyenangkan untuk ditonton. Sedangkan untuk anak-anak, biasanya bermain game yang bisa dimainkan bersama-sama atau mabar seperti Mobile Legend, PUBG, permainan kartu, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Siapkan 5 Gadget untuk Mudik Ini Agar Perjalanan Lebih Nyaman

6. Bermain Kembang Api 

Ide Kegiatan Lebaran
SC: Freepik

Berkumpul bersama saudara yang lama tidak bertemu sambil bermain kembang api merupakan kegiatan lebaran yang menyenangkan. Suara ledakan dan cahaya yang indah dari kembang api akan menciptakan suasana yang meriah dan penuh keceriaan. Meski bermain kembang api menyenangkan, keamanan adalah hal utama. Pastikan membaca petunjuk penggunaan sebelum bermain. Bermainlah di tempat terbuka dan jauh dari bahan yang mudah terbakar. 

7. Karaoke 

Karaoke Bersama
SC: Freepik

Menyanyi bersama keluarga sambil diiringi alat musik atau platform seperti YouTube dapat meningkatkan keseruan di momen lebaran. Kamu bisa memilih lagu-lagu populer dan menciptakan momen nostalgia. Aktivitas ini juga dapat menciptakan kekompakan antar anggota keluarga. Selain itu, setiap anggota keluarga akan merasakan kehangatan dan membuat momen lebaran menjadi berkesan.

8. Foto Bersama Keluarga 

Ide Kegiatan Lebaran
SC: Freepik

Ide kegiatan terakhir yang tidak boleh terlewatkan saat momen Idul Fitri yaitu dengan berfoto bersama keluarga. Kegiatan ini bisa menjadi tradisi baru saat Lebaran dan menciptakan momen kenangan indah bersama anggota keluarga. Agar hasil foto lebih bagus, kamu bisa kenakan pakaian yang serasi dan rapi atau berfoto dengan latar belakang dekorasi Lebaran. Selain itu, siapkan berbagai pose dan gaya yang menarik. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Powerbank Terbaik Harga Murah Dari JETE

Penutup

Itulah beberapa ide kegiatan lebaran yang bisa kamu lakukan agar momen Idul Fitri bersama keluarga jadi lebih seru dan menyenangkan. Jangan lupa berfoto  bersama dan siapkan kamera HP-mu untuk menciptakan kenangan yang indah. Gunakan powerbank terbaik dari JETE Indonesia agar baterai HP-mu tahan lama. Pastikan kunjungi website JETE Indonesia untuk menemukan berbagai produk menarik lain seputar kebutuhan gadgetmu, ya!

Artikel terkait:

April 17, 2024

April 16, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

April 10, 2024

April 9, 2024

About the author, JETE Contributor