Cara Mudah Mengatasi Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (1)

JETE IndonesiaSebagian besar hp saat ini menggunakan fitur layar sentuh atau touchscreen untuk mengoperasikannya. Namun, fitur ini bukannya tanpa kendala. Ada beberapa hal yang bisa membuat touchscreen smartphone tidak bisa berfungsi baik itu sebagian maupun tak berfungsi sepenuhnya. Bagaimana solusinya?

Mengatasi Touchscreen Tak Berfungsi

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (3)

Cara mengatasi touchscreen smartphone sebenarnya tidak terlalu sulit, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan berikut ini:

1. Coba Restart Hp

Merestart hp adalah cara yang paling mudah untuk memulihkan touchscren yang macet. Dengan cara ini, Anda dapat mematikan semua fungsinya dan refresh layanan background. Bisa saja hp crash dan berimbas pada sensitivitas layar. Cara melakukan restart cukup mudah yakni tekan tombol ‘Power’ selama beberapa detik atau pilih opsi ‘Restart’.

2. Ganti ke Safe Mode

Cara berikutnya adalah dengan masuk kedalam ‘Safe Mode’ yang memungkinkan Anda menggunakan hp dengan software kosong. Baik itu layanan maupun aplikasi yang diinstal sebelumnya. Jika dengan cara ini berhasil, maka masalahnya adalah pada aplikasi pihak ketiga.

Melakukannya juga mudah, tekanlah tombol ‘Power’ lalu masuk dan tahan menu ‘Power Off’ dan muncul prompt ke ‘Safe Mode’. Lanjutkan dengan ‘Accept’ atau dengan cara tap layar dua kali.

3. Lakukan Diagnosa Display

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (5)

Saat ini juga ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mendiagnosa display hp. Misalnya saja Display Tester bisa Anda download gratis. Kemudian, install aplikasi ini dan mulailah lakukan pengecekan. Secara otomatis ini bisa digunakan untuk mendeteksi burn-in layar OLED, dead pixels, status pada multi touch dan lainnya.

Bila hasilnya positif pada pengujian multi touch maka layar sentuh masih normal dan penyebabnya bisa saja karena aplikasi pihak ketiga. Untuk itu, Anda perlu mengecek aplikasi yang sudah diinstal atau pertimbangkan untuk reset ke mode awal pembuatan (pabrik).

4. Copot Pelindung Layar

Menggunakan pelindung layar pelindung memang dapat melindungi terhadap goresan dan debu serta hal lainnya. Namun, bisa saja pelindung layar ini menjadi penyebab touchscreen tidak berjalan karena panel menghambat sinyal sentuh. Maka dari itu, cobalah untuk copot pelindung tersebut dan coba usap layar kembali.

Baca juga: Google Chrome di HP Lemot? Ini 5 Cara Ampuh Untuk Mengatasinya!

5. Mengatasi Touchscreen Hp Macet dengan Mengeringkannya

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (4)

Smartphone yang terkena air baik jatuh maupun tenggelam bisa membuat kerusakan bagian internalnya termasuk touchscreen hp menjadi macet atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Segeralah keringkan ponsel dengan handuk atau letakkan dalam pengering seperti silica gel maupun menggunakan beras. Diamkan hp Anda kurang lebih selama 48 jam, setelah itu coba cek kembali.

6. Lepas SIM dan Memory Card

Jika cara-cara di atas masih belum bisa, Anda bisa coba dengan melepas SIM card dan memory card. Matikan terlebih dahulu smartphone dan keluarkan kedua kartu tersebut. Cobalah nyalakan lagi dan cek bagian layarnya apakah bisa disentuh dengan normal. Jika berhasil, maka pasang kembali kedua item tadi.

7. Periksa Latensinya

Cara terakhir adalah dengan memeriksa latensinya. Ini terutama jika touchscreen eror sebagian. Untuk melakukannya, Anda bisa melalui aplikasi Touchscreen Repair untuk kalibrasi layar dan menurunkan tingkat latensi secara otomatis sebaik mungkin sehingga membuat layar bisa kembali Anda gunakan dengan baik.

Antisipasi Touchscreen Macet dengan Aksesoris Terbaik

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone (4)

Selain cara di atas, agar touchscreen hp Anda tidak macet bisa dengan mengantisipasinya menggunakan aksesoris terbaik. Sebab, bisa saja aksesoris seperti pelindung kaca Anda saat ini memiliki kualitas buruk. Sehingga, hal tersebut berdampak pada tingkat sensitif layar sentuh.

Pelindung kaca layar dengan kualitas buruk juga dapat terkena debu dan air. Jika dibiarkan, maka akan mengurangi performanya. Oleh karena itu, Anda harus jeli memilih pelindung layar yang tepat untuk gadget. Salah satunya adalah pelindung layar hp JETE yang terbuat dari bahan berkualitas premium dan dilengkapi fitur terbaik.

Didesain menggunakan oleophobic coating membuat lapisan pelindung layar ini anti cairan, minyak, dan panas. Selain itu, juga memiliki spesifikasi shatter resistance yang tahan terhadap goresan dan permukaan lebih halus. Gadget Anda pun bebas macet saat digeser.

Selamat mencoba!

× Whatsapp