6 Genre Musik untuk Olahraga, Bikin Semangat!

Juli

18

0 comments

JETE Indonesia – Mendengarkan musik saat berolahraga tentu dapat meningkatkan semangat. Musik disinyalir dapat meningkatkan intensitas berolahraga tanpa membuat cepat lelah. Tak hanya bikin olahraga lebih menyenangkan, mendengarkan musik ada banyak sekali manfaatnya buat kebugaran. Itulah sebabnya, kami mengulas genre musik untuk olahraga yang bisa kamu jadikan referensi. Berikut penjelasan manfaat dan contoh-contohnya!

2 Manfaat Utama Musik untuk Olahraga

Memakai Headset Saat Olahraga

Mendengarkan lagu sambil berolahraga bisa jadi opsi terbaik bagi kamu yang hobi beraktivitas outdoor dan menyukai musik. Apa saja manfaat olahraga untuk musik? 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

1. Membuat Tidak Mudah Lelah

Sebuah penelitian yang diterbitkan di PLOS One membuktikan bahwa musik bisa memperpanjang waktu dan meningkatkan intensitas berolahraga tanpa membuat cepat lelah. Musik mengalihkan pikiran sehingga membuat kita tidak sadar bahwa sudah berolahraga cukup lama tanpa merasa tenaga terkuras. Tempo dari alunan musik yang disebut-sebut menjadi faktor kuncinya.

Selain itu, ritme musik untuk olahraga juga merangsang area motorik otak untuk tahu kapan harus bergerak. Hal ini membuat kamu jadi bisa menggunakan energi tubuh lebih efisien karena berolahraga dengan kecepatan yang tetap sesuai alunan musik.

2. Ritme Musik Memengaruhi Gerakan

Sebuah penelitian di tahun 2010 menemukan fakta bahwa seorang pengendara sepeda mengayuh lebih keras ketika mendengarkan tempo musik yang lebih cepat. Namun ketika tempo musiknya lambat, kayuhan pun secara otomatis lebih pelan dari sebelumnya. Tempo musik yang menjadi kunci waktu berolahraga menjadi tidak terasa. Ritme musik yang didengarkan juga merangsang area motorik otak agar tahu waktu yang tepat untuk bergerak.

Baca juga: “Cara Menambahkan Musik Pada Headset Bluetooth JETE OPENEAR 2”

5 Rekomendasi Genre Musik untuk Olahraga

Berikut rekomendasi musik untuk olahraga yang bisa banget  kamu jadikan referensi! Hal ini membuktikan bahwa memiliki earphone untuk olahraga juga penting untuk di perhatikan. Oleh karena itu, berikut kamu berikan beberapa rekomendasi genre musik untuk didengarkan saat berolahraga.

1. Rap

Rap menjadi genre yang paling pas untuk olahraga lari. Seseorang dapat lari 150 hingga 190 langkah per menit ketika mendengarkan musik genre rap. Genre ini cocok banget buat kamu yang senang olahraga berlari, bersepeda, dan jalan cepat. 

3. Pop

Genre pop cocok untuk menemani kamu berolahraga yang cenderung lambat. Pemanasan dengan aerobik dan pendinginan paling pas diiringi musik pop. Musik tersebut memiliki ritme dan ketukan yang teratur. 

4. Dance

Musik bergenre dance paling pas untuk kamu saat melakukan latihan kekuatan yang cukup berat. Bassnya cukup cepat dan berirama cocok didengarkan ketika latihan beban.

5. Musik untuk Olahraga: Rock!

Genre musik selanjutnya yang cocok didengarkan saat olahraga adalah Rock. Musik rock membuat kamu terus bergerak mengikuti irama. Akan tetapi, penelitian menemukan fakta bahwa musik rock perlu dihindari selama latihan kardio dan intensitas tinggi.

6. Tembang Lawas

Dr. Karageorghis sebagai ketua tim penelitian menyatakan bahwa efek maksimal mendengarkan musik saat olahraga didapat ketika mendengarkan lagu yang mengingatkan seseorang akan masa remaja dan dewasa awalnya. Dengan mendengarkan lagu-lagu nostalgia seseorang biasanya akan merasa lebih muda, bugar, dan bersemangat.

Baca juga: “JETE Open Ear: Bebas Nikmati Musik sambil Berolahraga dan Tetap Mendengar Suara Sekitar”

Dengerin Musik Sambil Olahraga dengan JETE OPEN EAR 2!

JETE open ear 2, headset bluetooth

Itulah rekomendasi genre musik untuk olahraga yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan selera. Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan JETE Open Ear 2 dan mendapatkannya di sini. Alasan mengapa harus menggunakan JETE Open Ear bisa kamu baca di artikel berjudul “7 Sebab Kamu Harus Menggunakan Headset JETE Open Ear 2 Saat Olahraga”. Olahraga tidak lagi membosankan karena kamu bisa mendengarkan musik saat olahraga dan masih mendengar suara sekitar. Untuk informasi dan pemesanan, kamu bisa mengunjungi Instagram JETE Indonesia dan Doran Gadget selaku distributor utama. 

 



Artikel terkait:

Juni 11, 2024

Juni 10, 2024

Maret 28, 2024

Maret 26, 2024

Februari 2, 2024

Januari 17, 2024

About the author, JETE Indonesia

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb