Mengenal ERNIE Bot, AI Baidu dengan Teknologi Full Stack

September

2

0 comments

JETE Indonesia – Baidu memperkenalkan ERNIE Bot, produk AI generatif terbarunya dan model bahasa besar (LLM) yang diperkuat pengetahuan, pada 16 Maret 2023. Teknologi canggih ini dapat memahami maksud manusia dan memberikan respons yang akurat, logis, dan lancar mendekati tingkat manusia.

Selama satu dekade terakhir, Baidu telah mengembangkan ERNIE, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. CEO Baidu, Robin Li, mengklaim bahwa ERNIE Bot terbaru memiliki kemampuan mendekati GPT-4, model bahasa besar terbaru dari OpenAI.

Dilansir dari Engadget pada tanggal 18 Maret 2023, chatbot ini memiliki pengetahuan sebanyak 550 miliar fakta dalam grafiknya, namun sebagian besar fokus pada informasi yang berkaitan dengan pasar Tiongkok. Jadi, meskipun ERNIE Bot mampu membuat daftar idiom Tiongkok, kemungkinan besar chatbot ini tidak akan dapat menjawab banyak pertanyaan mengenai topik tertentu di luar lingkup wilayahnya.

Seputar ERNIE Bot AI

ERNIE Bot AI
sc: YouTube – Baidu Inc.

Selama konferensi pers di markas Baidu di Beijing, Pendiri Bersama, Ketua, dan CEO Baidu, Robin Li, memamerkan kemampuan komprehensif ERNIE Bot, dalam lima skenario: penciptaan sastra, penulisan bisnis, perhitungan matematika, pemahaman bahasa China, dan generasi multi-modal.

ERNIE Bot adalah hasil kerja keras Baidu selama bertahun-tahun dalam penelitian dan praktik industri, kata Haifeng Wang, CTO Baidu. Berikut adalah penjelasan mendalam tentang teknologi di balik ERNIE Bot.

ERNIE Bot adalah LLM generasi baru yang diperkuat pengetahuan dan produk AI generatif terbaru setelah Wenxin Yige, platform teks-ke-gambar Baidu. Ia dapat berinteraksi dalam dialog, membuat konten, berreason dengan pengetahuan, dan menghasilkan berbagai mode output.

Wang mengatakan, ERNIE Bot dikembangkan berdasarkan model seri ERNIE (Enhanced Representation through Knowledge Integration) dan PLATO (Pre-trained Dialogue Generation Model). Teknologi utamanya meliputi fine-tuning yang disupervisi, pembelajaran penguatan dengan umpan balik manusia, pembelajaran prompt, penguatan pengetahuan, peningkatan pengembalian, dan peningkatan dialog.

Tiga yang pertama adalah teknologi yang umum digunakan dalam jenis LLM ini, yang telah diterapkan dan dikumulatifkan dalam ERNIE dan PLATO dan telah lebih diperkuat dan disempurnakan dalam ERNIE Bot. Tiga yang terakhir adalah inovasi yang dibangun di atas keunggulan teknologi Baidu yang ada dan memberikan fondasi yang solid untuk pertumbuhan ERNIE Bot di masa depan.

Baca juga: 7 Aplikasi AI Android dan iOS untuk Memudahkan Aktivitasmu 

ERNIE Bot AI
sc: marketwatch.com

Dalam peningkatan pengetahuan,  ERNIE Bot terutama mengadopsi dua pendekatan: internalisasi pengetahuan dan pemanfaatan eksternal. Internalisasi pengetahuan melibatkan pembelajaran dari pengetahuan berskala besar dan data yang tidak berlabel berdasarkan unit semantik, membangun data pelatihan menggunakan pengetahuan yang diperoleh, dan memasukkan pengetahuan ke dalam parameter model.

Pemanfaatan eksternal melibatkan pengintegrasian berbagai sumber pengetahuan heterogen untuk penalaran pengetahuan dan konstruksi prompt. Dalam peningkatan pencarian, ERNIE Bot diuntungkan dari arsitektur pencarian generasi baru dengan pemahaman semantik dan pencocokan sebagai teknologi intinya. Pengenalan hasil pencarian dapat memberikan LLM dengan informasi referensi yang tepat waktu dan akurat, lebih memenuhi kebutuhan pengguna.

Dalam peningkatan dialog, berdasarkan pengalaman yang terkumpul dalam teknologi dan aplikasi dialog, ERNIE Bot memiliki mekanisme memori, pemahaman kontekstual, dan kemampuan perencanaan dialog, mencapai kesinambungan, koherensi, dan logika yang lebih baik dalam dialog.

Baidu memiliki berbagai macam data pelatihan yang berfokus pada bahasa China, aplikasi layanan, dan pengetahuan. Dengan penyetelan halus yang diawasi, ERNIE Bot telah mendapatkan pemahaman bahasa Cina yang lebih tepat dan penerapannya yang praktis. Selain itu, mekanisme umpan balik dan reward dengan optimasi strategis lebih lanjut meningkatkan kemampuan model saat menerima lebih banyak umpan balik dari pengguna nyata.

Baca juga: 5 Rekomendasi AI untuk Membuat PPT dan Manfaatnya!

Telah Digunakan Banyak Perusahaan

ERNIE Bot AI
sc: infokomputer.grid.id

ERNIE Bot mengintegrasikan berbagai jenis data dan pengetahuan untuk secara otomatis menghasilkan prompt, termasuk contoh, garis besar, standar, konsep kunci, dan rantai pemikiran. Ini memberikan informasi referensi yang kaya yang memberi makan pengetahuan model yang relevan dan menghasilkan hasil berkualitas tinggi.

Wang menekankan bahwa platform deep learning PaddlePaddle mendukung ERNIE Bot dengan kinerja yang lebih baik, efisiensi yang lebih tinggi, dan kemampuan yang lebih kuat. Untuk pengembangan dan pelatihan, paradigma pengembangan PaddlePaddle yang unified untuk mode dinamis dan statis dan arsitektur terdistribusi adaptifnya memungkinkan pengembangan yang fleksibel dan pelatihan model besar yang efisien.

Dalam implementasi inferensi, PaddlePaddle mendukung inferensi yang efisien dari model besar dan menyediakan kemampuan implementasi berorientasi layanan, termasuk fusi komputasi, kuantisasi jarang dengan kolaborasi perangkat lunak-hardware, kompresi model, dan lainnya. Platform PaddlePaddle sekarang telah menarik 5,35 juta pengembang, melayani 200.000 perusahaan dan lembaga, dan menciptakan 670.000 model berdasarkan PaddlePaddle.

Gabungan Model Big ERNIE dan platform deep learning PaddlePaddle telah meletakkan fondasi yang solid untuk kecerdasan industri. Dengan integrasi dan pengembangan lebih lanjut dari ERNIE Bot dan PaddlePaddle, R&D teknologi dan aplikasi AI akan menjadi lebih standar, otomatis, dan modular, mempercepat produksi AI berskala industri, dan mendorong evolusi iteratif ERNIE Bot untuk diterapkan dalam lebih banyak skenario dan industri, memberikan dorongan tak terbatas untuk peningkatan kecerdasan dalam berbagai industri.

Kumpulan AI lengkap Baidu terdiri dari empat lapisan: chip, framework, model, dan aplikasi. Baidu telah mengembangkan teknologi terkemuka di dunia di setiap lapisan, termasuk chip AI Kunlun, platform deep learning PaddlePaddle, dan model bahasa besar ERNIE.

Sementara itu, China baru saja melakukan pembatasan akses ke platform AI terkenal yaitu ChatGPT. Media pemerintah Tiongkok menyatakan bahwa ChatGPT OPEN AI adalah alat potensial bagi Amerika Serikat untuk menyebarkan informasi palsu.

Baca juga: Mengenal ChatGPT Open AI dan Cara Menggunakannya

Penutup 

Itulah seputar chat bot AI, ERNIE dari Baidu yang wajib kamu ketahui. Jangan lupa untuk menggunakan perangkat dan aksesoris komputer terbaik dari JETE Indonesia yang bisa membuat bermainmu lebih nyaman dengan ChatGPT.

Mulai dari keyboard dan mouse serta headphone untuk mendengarkan musik sembari main gamenya. Semua aksesoris komputer ini bisa kamu dapatkan di official store JETE Indonesia yang tersebar di berbagai kota tanah air. Atau pembelian melalui website maupun marketplace yang banyak promo menarik.

Artikel terkait:

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

Mei 27, 2024

Mei 25, 2024

Mei 15, 2024

Mei 8, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah