Apa Itu Suno AI dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Mei

29

0 comments

JETE Indonesia – Berkembangnya AI yang terus mempermudah kegiatan menjadi lebih efektif, kini Suno AI hadir dengan fungsinya yang dapat menciptakan lagu dari prompt text. Melalui AI tersebut, kamu tidak perlu repot memikirkan nada maupun lirik yang akan dibuat. Oleh karena itu, dalam artikel berikut kami akan mengulas mengenai apa itu Suno AI hingga cara menggunakannya. Untuk selengkapnya, simak terus artikel berikut!

Apa Itu Suno AI?

apa itu suno ai
Sc: LinkedIn

Suno AI adalah salah satu jenis AI atau artificial intelligence yang berfungsi untuk menciptakan lagu secara instan dan cepat melalui prompt text yang kamu buat. Adapun lagu yang dihasilkan lengkap mulai dari melodi, lirik, hingga genre yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa dengan bebas menyesuaikan  jenis vokal dan instrumen sesuai yang kamu suka. 

Untuk bisa mengaksesnya secara penuh kamu harus berlangganan dengan membayar 24 dollar atau Rp. 380.000 setiap bulannya. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Suno AI juga menyediakan versi gratisnya. Meskipun begitu, fitur yang dapat digunakan tentunya terbatas seperti satu hari hanya dapat mengakses 10 lagu saja. Untuk lebih jelasnya berikut rincian paket Suno AI yang dapat kamu pilih:

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

  • Paket Dasar: Bebas biaya dengan akses lima lagu dalam dua versi yang berbeda.
  • Paket Pro: Membayar 8 dollar atau Rp. 127.000 setiap bulan dengan akses 250 lagu dalam 2 versi yang berbeda. 
  • Paket Premier: Membayar 24 dollar atau Rp. 380.000 setiap bulan dengan akses 1000 lagu dalam 2 versi yang berbeda. 

Baca juga: 7 Rekomendasi AI Pembuat Gambar Terbaik yang Wajib Dicoba!

Cara Menggunakan Suno AI

apa itu suno ai
Sc: The Indian Express

Setelah memahami apa itu Suno Ai, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti ketika ingin membuat lagu favorit dalam berbagai genre. 

1. Masuk Situs Suno AI

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi Suno AI. Pastikan kamu sudah membuat atau mendaftar akun pada situs tersebut, bisa menggunakan akun Google maupun media sosial. Saat memasuki tampilan utama Suno AI, kamu juga akan diarahkan untuk memilih berbagai paket langganan mulai dari gratis hingga berbayar setiap bulannya. 

2. Buat Musik

Setelah membuat akun baru, selanjutnya kamu bisa langsung membuat musik yang diinginkan. Caranya cukup menuliskan prompt text dengan beberapa indikator seperti: 

  • Genre musik: Genre yang dapat kamu pilih sangat bervariasi seperti hardstyle, rock ballad tahun 80an, metal, k-pop, folk Slavia, R&B Soul, jazz, deep house, hip-hop jadul, opera, ambient, disco tahun 60an, Bossa Nova, EDM, chanson Prancis, dll.
  • Instrumen: Instrumen di sini kamu dapat menentukan dengan berbagai jenis instrumen seperti piano, biola, seruling, gitar, harpa, bass, dll.
  • Jenis suara: Dalam pilihan ini, kamu dapat menjelaskan jenis suara yang didengar. Sebagai contoh kamu ingin lagu dinyanyikan oleh perempuan yang berbisik-bisik, suara laki-laki yang serak dan menggoda, paduan suara bidadari, dan lain-lain.
  • Pilih bahasa: Memilih bahasa juga penting untuk kamu jelaskan dalam prompt text. Mulai dari Prancis, Spanyol, Italia, China, Jepang, Korea, dan Arab kamu bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan. 
  • Tambahkan efek: Sebagai pelengkap lagu agar semakin nyaman di dengar, kamu bisa menambahkan efek seperti tropis, gelap, ceria, bahagia, melankolis, jazzy, dll.

Baca juga: 50+ Lagu Karaoke Berbagai Genre, Asyik Buat Nyanyi!

3. Tunggu Hingga Selesai

apa itu suno ai
Sc: Analytics Vidhya

Jika kamu sudah mengisi prompt text sesuai indikator yang telah dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya tekan tombol create dan tunggu beberapa saat hingga proses lagu selesai. Biasanya, proses pembuatan lagu tergantung dari seberapa panjang prompt text yang kamu tuliskan. 

4. Simpan Hasilnya

Langkah terakhir adalah menyimpan hasil lagu. Sebelum menyimpannya, kamu juga bisa melakukan preview terlebih dahulu untuk memastikan apakah lagu yang dihasilkan sudah sesuai apa belum. Jika belum, kamu bisa mengulangi prompt textnya sampai menemukan hasil yang sesuai. Namun, jika hasilnya sudah sesuai kamu bisa langsung menyimpannya di perangkat kamu. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Ai untuk Edit Foto Pilihan yang Harus Kamu coba

Penutup

Bagaimana JETE Lovers? Jika kamu ingin membuat lagu yang seru, gunakan saja Suno AI yang bisa membuat lagu secara instan. Gunakan juga speaker karaoke terbaik untuk pengalaman bernyanyi yang lebih menyenangkan. Yuk dapatkan sekarang di Official Stores JETE yang tersebar di berbagai daerah Indonesia.

Artikel terkait:

Juni 6, 2024

Juni 5, 2024

Juni 3, 2024

Mei 31, 2024

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb