Perbedaan Jenis Casing HP Softcase dan Hardcase untuk Smartphone

Mei

22

1 comments

JETE Indonesia Casing HP meskipun terlihat sepele, sebenarnya memiliki fungsi vital untuk melindungi ponsel ketika digunakan. Terlebih lagi melindunginya dari benturan dan getaran agar tidak cepat rusak. Jenis pelindung luar ponsel ini pun dibagi menjadi dua jenis, yakni softcase dan hardcase. Lantas apa saja perbedaan keduanya dan mana yang terbaik untuk Anda pilih dalam melindungi ponsel dari getaran dan benturan? 

Perbedaan Casing HP Softcase dan Hardcase untuk Smartphone

Perbedaan kedua jenis casing ini dapat dilihat dari segi bahan pembuatan, desainnya, ketahanan, hingga harganya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak di artikel ini sampai tuntas JETE Lovers.

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

1. Material Pembuatan

Salah satu perbedaan hardcase dan softcase yang paling terlihat adalah segi materi pembuatannya. Hardcase adalah casing hp berjenis keras dan biasanya terbuat dari bahan seperti alumunium, plastik fiber atau polycarbonate. Sementara, softcase merupakan pelindung ponsel yang menggunakan bahan bersifat lebih elastis dan lunak. Karena adanya perbedaan materi yang digunakan, hardcase cenderung lebih awet untuk digunakan. Beda dengan softcase yang cenderung lebih cepat rusak. Dengan menggunakan pelindung yang lebih kuat tentu tidak akan perlu menggantinya dalam waktu yang singkat. Kecuali jika Anda sudah bosan dengan tampilannya.

2. Tampilan Desain

Tampilan hardcase pada umumnya lebih mengkilap dan akan membuat smartphone terlihat lebih kokoh. Dengan menggunakan teknik cetakan sublimasi dapat menghasilkan bentuk case yang solid dan kuat. Berbeda dengan hardcase, softcase memiliki sifat bahan yang lebih fleksibel sehingga memiliki lebih banyak variasi. Selain itu, pelindung jenis ini tidak hanya lebih warna-warni, tapi bentuk dan modelnya pun juga lebih beragam.

3. Ketahanan Casing HP

casing hp (3)

Beralih ke sektor ketahanan casing HP, hardcase memiliki tingkat perlindungan yang lebih tahan lama dan awet. Bahannya yang keras dapat menyerap naiknya suhu sehingga menghindari panas yang dihasilkan dari smartphone, terutama saat digunakan bermain game dalam waktu lama. Meskipun begitu, material softcase yang kurang bisa menyerap dan menyalurkan panas ke badan casing bisa mengakibatkan perangkat menjadi overheat. Satu-satunya cara untuk menghilangkan panas ini adalah dengan melepasnya sesekali ketika mulai panas.

Baca juga: Perbedaan Tempered Glass vs Hydrogel Screen Protector, Mana yang Lebih Baik?

4. Kualitas

Walaupun sekilas terlihat kuat, penggunaan hardcase sebenarnya lebih berisiko. Hardcase yang terjatuh ke lantai lebih rentan pecah atau tergores. Selain itu, proses pemasangan hardcase dinilai lebih sulit jika dibandingkan dengan softcase yang cenderung elastis. Smartphone yang terlindung dengan softcase akan lebih terjaga karena sifat bahan yang lebih empuk dan kuat terhadap retakan saat terjatuh maupun terbentur.

5. Perbandingan Harga

Dari sisi harga, perbandingan harga softcase dan hardcase sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Softcase termurah harganya ada yang di bawah Rp50 ribu. Sementara hardcase memang biasanya ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal. Meski begitu, perbedaan harga ini umumnya ditentukan oleh merek, bahan pembuatan atau kualitas dari casing HP tu sendiri. Seringkali, harga pelindung yang mahal tidak menjamin kualitasnya secara keseluruhan. Casing yang murah bisa saja lebih baik dan lebih nyaman digunakan daripada cover yang mahal, dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, Anda harus jeli ketika membelinya.

Mana Casing HP yang Terbaik?

casing hp (1)

Dari ulasan di atas, lalu manakah yang terbaik di antara keduanya? Sebenarnya, hal itu tergantung pada kebutuhan Anda. Jika menginginkan perlindungan cukup baik dan ketahanan yang lama, maka hardcase bisa Anda pilih. Di sisi lain, apabila Anda menginginkan casing HP yang lentur dan cukup nyaman digunakan serta mudah disesuaikan dengan kondisi ponsel, softcase-lah yang bisa jadi pilihan terbaik.

Apapun pilihan Anda, ada baiknya untuk membeli produk casing HP di tempat terpercaya dan memiliki garansi resmi dari pabrikan agar lebih nyaman ketika digunakan. Termasuk saat digunakan bersama perangkat dan aksesoris gadget lainnya. Kemudian, pilih juga dari merek-merek yang sudah dikenal luas memiliki reputasi terbaik.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

April 27, 2024

April 24, 2024

Maret 28, 2024

Maret 27, 2024

Maret 16, 2024

Februari 14, 2024

About the author, JETE Indonesia

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb