Cara Mengatasi Headphone Tidak Menyala

Mei

23

1 comments

JETE Indonesia – Apakah kamu termasuk orang yang suka mendengarkan audio menggunakan headphone? Keuntungan memakai perangkat audio ini adalah kualitas suara yang didapatkan lebih jernih. Selain itu, kamu tidak perlu merasa akan mengganggu orang sekitar.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu perangkat audio yang sering kamu pakai bisa saja bermasalah. Salah satu masalahnya adalah perangkat tidak mengeluarkan suara atau menyala. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Headphone Tidak Menyala

rekomendasi handsfree, headset earphone terbaik

Berikut beberapa cara mudah untuk mengatasi headphone tidak menyala di perangkat yang bisa kamu praktikkan sendiri.

1. Bersihkan Jack Headphone

Masalah yang bisa saja menimpa headphone disebabkan oleh lubang headphone yang kotor. Akibatnya, koneksi antara headset dan jack tak dapat terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, hal yang kamu perlu lakukan adalah memastikan seberapa kotor lubang tersebut.

2. Cek Pengaturan Audio dan Restart Perangkat

Selain pada perangkat, ada kemungkinan masalah terjadi pada software smartphone-mu. Hal yang paling mungkin terjadi terletak pada pengaturan audio dari perangkat. Cara untuk memperbaiki hal ini cukup mudah dengan membuka pengaturan audio di smartphone. Setelah melakukan pengaturan, cara lain yang cukup ampuh adalah me-restart ulang perangkatmu. Jika Headsetmu tetap tidak menyala, maka hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membeli headset baru yang berkualitas. Ya, kualitas dari sebuah headset memang menentukan keawetannya.

3. Cek apakah smartphone terhubung melalui Bluetooth dengan perangkat lain

Apabila headphone dipastikan tak bermasalah, cara lain yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa apa perangkat terhubung ke perangkat lain, seperti headphone atau speaker melalui Bluetooth. Kondisi itu terkadang membuat fungsi jack headphone menjadi mati. Namun, biasanya smartphone secara otomatis mematikan fungsi Bluetooth saat terhubung headset atau headphne kamu. Jika tak bisa, kamu perlu melakukannya secara manual.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Headset yang Benar dan Aman bagi Pendengaran

4. Bawa ke pusat servis

Jika sejumlah cara di atas tak kunjung membuahkan hasil, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah membawanya ke pusat servis. Terlebih jika perangkatmu masih dalam periode garansi, bukan tak mungkin kamu mendapat biaya servis secara cuma-cuma. Misalnya saja untuk produk-produk headphone dari JETE Indonesia memberikan garansi 2 tahun rusak ganti baru. Dengan begitu, kamu pun menjadi lebih nyaman dan tidak bingung lagi ketika perangkat mengalami kerusakan.

5. Beli headphone dengan kualitas Terbaik

Terakhir, kamu juga perlu memastikan kondisi perangkat pada saat membelinya. Sebab, tak jarang orang membeli perangkat audio tidak mencobanya terlebih dahulu. Sehingga jika terjadi kerusakan hal tersebut akan membuat tidak nyaman. Mengecek dan mencoba perangkat audio ini tak hanya dari segi suaranya saja, tetapi juga bagian lain. Misalnya kondisi perangkat, kabel, earbuds, dan sebagainya.

Penutup

01. headset, headphone, handsfree

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika headset maupun headphone tidak bisa menyala atau mengalami masalah. Jangan lupa untuk selalu gunakan perangkat audio terbaik dari JETE Indonesia dalam menunjang aktivitasmu sehari-hari. Mulai dari bekerja hingga aktivitas hiburan di era digital seperti sekarang. Kamu bisa mendapatkannya di retail resmi di berbagai kota di Indonesia maupun pembelian melalui marketplace atau distributor langsung seperti Doran Gadget.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Maret 27, 2024

Maret 16, 2024

Februari 14, 2024

Februari 12, 2024

Januari 30, 2024

Januari 25, 2024

About the author, JETE Indonesia