Begini Cara Pasang Plugin ChatGPT yang Benar

Maret

19

0 comments

JETE Indonesia – Saat ini AI sudah menjadi pelengkap untuk berbagai kebutuhan, salah satunya pekerjaan. AI yang kerap digunakan adalah ChatGPT, sebuah AI yang dapat menjawab seluruh pertanyaan dalam bentuk prompt. Namun, untuk menggunakan chatGPT dan mempermudah pekerjaan. Kamu perlu memasangnya sebagai plugin. Ikuti artikel berikut yang akan membahas cara pasang plugin chatGPT dengan benar!.

Apa Itu Plugin ChatGPT?

cara pasang plugin ChatGPT
sc: Freepik

Sebelum masuk ke caranya, kamu pasti penasaran dengan apa itu plugin chatGPT? Plugin ChatGPT adalah tambahan yang dapat kamu pasang pada chatbot AI untuk memperluas kemampuannya. Plugin ini tersedia di toko plugin ChatGPT, di mana sebagian besar dibuat oleh pengembang pihak ketiga.

Meskipun OpenAI membuat beberapa plugin sendiri dan mayoritas dikembangkan oleh pihak lain. Plugin ChatGPT dapat digunakan melalui  GPT-4 yang hanya dapat diakses menggunakan internet.

Lebih dari 80 plugin seperti Fiscalnote, wolfram, zapier, expedia, dan banyak lagi tersedia di toko ChatGPT yang dapat kamu miliki aksesnya untuk berbagai fungsi yang bermanfaat. Mulai dari memberikan petunjuk menulis yang lebih baik hingga membantu dalam memesan penerbangan dan restoran lokal, serta memberikan hasil analisis keuangan.

Baca juga: Semua Tentang AI Gemini yang Wajib Kamu Tahu!

Manfaat Pasang Plugin ChatGPT

cara pasang plugin ChatGPT (5)
sc: Freepik

Dengan menggunakan plugin ChatGPT, kamu akan merasakan sejumlah manfaat untuk mengotomatisasi dan menyederhanakan tugas-tugasmu. Berbeda dengan chatbot AI sederhana, ChatGPT membuka jalan untuk mengatasi tantangan yang lebih kompleks dengan lebih efektif. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari plugin ChatGPT:

  • Meningkatkan Efisiensi: Dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih cepat dan efisien, menghemat waktu dan tenaga kerjamu.
  • Interaksi Diperluas: Berinteraksi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga dengan lebih lancar dan efektif.
  • Akses Informasi Real Time: Memproses informasi secara cepat, akurat, dan terkini untuk mendukung pengambilan keputusan.
  • Jawaban Relevan: Dengan memahami konteks dan preferensimu, ChatGPT dapat menyajikan interaksi yang lebih personal dan relevan.

Baca juga: 8 Produk AI dari Google untuk Kemudahan dalam Bekerja!

Cara Pasang Plugin ChatGPT

cara pasang plugin ChatGPT (5)
sc: Freepik

Untuk bisa memasang plugin chatGPT, kamu perlu memiliki akses ke ChatGPT Plus. Hal ini karena plugin ChatGPT tidak tersedia di akun gratis. Caranya cukup mudah, kamu cukup masuk ke ChatGPT dan klik “Tingkatkan ke Plus” di pojok kanan bawah, lalu ikuti langkah-langkah pembelian.

Setelah kamu selesai melakukannya, kembali ke ChatGPT dan ikuti langkah-langkah berikut untuk cara pasang plugin ChatGPT:

  • Di pojok kanan bawah, klik nama akun kamu.
  • Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  • Di menu Pengaturan, cari dan klik opsi “Fitur Beta“.
  • Setelah masuk ke Fitur Beta, cari dan klik “Plugin“.
  • Ketika kamu klik pada tombol Plugin, pesan “Tentang Plugin” akan muncul untuk meminta persetujuan terhadap persyaratan yang terkait. Jika setuju, klik “OK“.
  • Buka untuk membuat perintah baru dan arahkan kursor ke GPT-4 di bagian atas.
  • Jika sudah, pilih “Dropdown” untuk beralih dari versi GPT-4 standar ke versi yang didukung plugin.
  • Selanjutnya pilih “Plugin [Beta]” untuk mengaktifkan mode plugin ChatGPT.
  • Tunggu beberapa saat hingga plugin berhasil di aktifkan.

Baca juga: 7 Rekomendasi AI Untuk Pelajar dan Mahasiswa Terbaik Wajib Tahu

Cara Menghapus Plugin ChatGPT

cara pasang plugin ChatGPT
sc: Freepik

Selain memasangnya, kamu juga bisa  menghapus plugin ChatGPT dari platform atau aplikasi yang kamu gunakan, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  • Klik tombol plugin yang terletak di bawah tombol mode GPT pada platform atau aplikasi yang kamu gunakan.
  • Pilih opsi “Toko Plugin” dari menu yang muncul.
  • Setelah masuk ke Toko Plugin, cari opsi “Terpasang” atau “Installed“.
  • Temukan plugin ChatGPT yang ingin dihapus dari daftar plugin yang terpasang.
  • Klik pada opsi “Uninstall” atau “Hapus” yang terkait dengan plugin ChatGPT yang ingin dihapus.
  • Konfirmasi tindakan penghapusan jika diminta oleh sistem.
  • Tunggu proses penghapusan selesai dan pastikan untuk menutup jendela atau keluar dari menu pengelolaan plugin setelah selesai

Baca juga: Artificial Intelligence: Pengertian dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Penutup

Demikian pembahasan tentang apa itu plugin chat GPT, manfaat, dan caranya. Pemasangan plugin yang tepat adalah langkah penting dalam menjadikan pengalaman digital kamu lebih baik. Jangan lupa juga gunakan Keyboard Terbaik untuk menambah kenyamanan saat mengetik dan berinteraksi dengan aplikasi dan platform digital. Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via WhatsApp atau DM Instagram JETE.

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 6, 2024

April 4, 2024

About the author, JETE Contributor