Cara Mudah Merawat Earphone TWS Agar Tetap Awet

04. TWS

JETE IndonesiaEarphone TWS menjadi perangkat aksesoris audio untuk gadget yang menawarkan berbagai macam keunggulan. Selain bentuknya yang ringkas, kualitas suaranya pun sudah tak diragukan lagi serta harganya yang ramah di kantong. Agar kualitas TWS tetap terjaga ada teknik dan cara tersendiri untuk merawatnya.

Cara Merawat TWS

Berikut cara merawat earphone TWS Anda dengan baik agar tetap awet saat digunakan.

 1. Perhatikan Waktu Pengisian

TWS, True wireless stereo, harga tws (4)

 

Sebagian orang berpandangan bahwa perangkat yang diisi ulang dengan waktu lama  akan membuat pemakaian awet. Namun, faktanya tidak demikian. Idealnya, waktu untuk mengisi TWS ketika pertama kali beli adalah selama 90-120 menit. Lalu, untuk pengisian berikutnya adalah sekitar 60 menit.

Pastikan saat diisi ulang kondiri TWS mati, dan simpan di kotak ketika tidak digunakan. Selain itu, jangan isi ulang sampai baterai benar-benar dalam kondisi kosong. Jadi, isilah ketika daya masih ada sekitar 15-10%.

2. Hindari Penggunaan Sambil Tidur

05. TWS

Pernahkah Anda menggunakan TWS sambil tidur untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan? Terutama tidur dengan posisi miring dan telinga pada posisi bawah. Sebaiknya, Anda tinggalkan kebiasaan ini. Sebab, selain dapat merusak pendengaran secara perlahan, juga membuat perangkat cepat rusak.

Hal ini karena earphone yang menempel di bagian telinga akan tertekan oleh tubuh Anda. Meski tidak rusak secara langsung apabila Anda lakukan secara terus menerus perlahan akan merusak komponen yang ada. Termasuk sensitivitasnya menyalurkan audio.

3. Jangan Simpan TWS di Tempat Lembap

01. TWS

TWS memang dilengkapi fitur tahan air, meski begitu janganlah membiarkannya basah dan kering dengan sendiri. Ini bisa membuat bagian dalamnya menjadi lembap dan rentan mengalami kerusakan. Mengantisipasinya, gunakan kain kering untuk mengeringkan bagian basah. Ingat, jangan simpan di tempat yang lembap dan dalam kondisi bagian masih basah. Tunggulah beberapa saat sampai benar-benar kering dan simpan di tempat sejuk.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Earbuds True Wireless Stereo

4. Selalu Bersihkan Menggunakan Tisu

03. TWS

Menjaga kebersihan adalah suatu keharusan agar TWS nyaman digunakan. Tak jarang kotoran kering seperti debu maupun kotoran telinga yang menempel akan menghambat output suara.

Saat membersihkan, gunakan tisu kering atau kain flanel. Pada bagian speaker bersihkan menggunakan cotton buds dan setetes cairan alkohol secara perlahan. Bila perlu, untuk penggunaan dalam waktu lama gantilah bantalan telinga agar suaranya kembali nyaring dan sempurna.

5. Hapus Koneksi Bluetooth Tak Perlu dan Jauhkan dari Router Wifi

02. TWS

Selain keempat cara di atas, agar earphone TWS tetap awet Anda juga perlu mengecek kembali koneksi bluetooth yang ada pada perangkat. Bisa saja, earphone tersebut ‘kewalahan’ karena banyaknya jaringan yang ada untuk menyambungkannya. Jika ini terlalu dibiarkan, maka akan mengganggu sensitivitas koneksi.

Kemudian, agar koneksi tetap berjalan dengan baik cobalah untuk menghindari router Wifi. Spektrum Wifi terkadang hampir sama dengan earphone, inilah yang membuat sinyal koneksi menjadi terganggu.

Pilih Earphone TWS Terbaik

01. TWS, true wireless stereo, earbud TWS, TWS JETE

Bagaimana, cukup mudah bukan? Kini saatnya Anda terapkan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk TWS terbaik dengan kualitas terjamin. Mulai dari bahan baku berkualitas, fitur unggulan untuk audio, desain yang ergonomis, serta harga yang ramah di kantong. Salah satunya adalah TWS dari JETE dengan berbagai macam fitur dan seri yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

× Whatsapp