5 Cara Mengatasi TWS Mati Sebelah dengan Mudah

Oktober

24

0 comments

JETE Indonesia Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna TWS adalah perangkat bunyi sebelah. Penyebabnya memang beragam, mulai dari kegagalan tersambung pada perangkat, kesalahan pengaturan, sampai kotoran yang menyumbat. Namun, tak perlu khawatir. Sebab, ada lima cara mengatasi TWS mati sebelah yang bisa dicoba. Apa saja? Simak ulasannya di artikel ini sampai habis, ya JETE Lovers!

Cara Mengatasi TWS Mati Sebelah

Sebenarnya, cara mengatasi TWS mati sebelah bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, Anda tanpa harus membongkar perangkat. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan JETE Lovers.

1. Koneksikan ke Perangkat Lain

Noise cancelling, TWS, True wireless stereo, harga tws (4)

Langkah pertama untuk mengatasi TWS mati sebelah adalah mencobanya mengonkesikan ke perangkat atau HP lain. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kondisi TWS masih normal atau sebaliknya. Jika di perangkat lain TWS tersebut nyala semua, maka perangkat HP Anda yang memiliki masalah. Namun, jika di HP lain masih tetap, maka TWS mengalami masalah atau kerusakan.

Baca juga: 5 Tips Memilih TWS yang Benar Sesuai Kebutuhan

2. Periksa Kembali Sambungan Bluetooth

Cara mengatasi TWS mati sebelah adalah dengan mengecek sambungan bluetoothnya. Seringkali koneksi yang buruk menjadi penyebab TWS nyala sebagian. Di sini, Anda perlu mencobanya kembali dengan memutuskan koneksi bluetooth dan sambungkan lagi. Sebab, cara seperti ini secara otomatis akan memulai perangkat dari awal. Kemudian, putarlah lagu atau konten untuk mengecek apakah TWS sudah berfungsi dengan baik atau belum.

3. Cara Mengatasi TWS Mati Sebelah – Bersihkan Berkala

03. TWS

Terkadang, TWS mati sebelah bukan karena hal teknis saja tetapi juga karena terdapat kotoran pada perangkat. Ketika kotoran seperti debu dan partikel lainnya maupun kotoran dari telinga menempel dalam waktu lama, bisa jadi itu dapat menyumbat output audio. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan tisu kering dan usap bagiannya secara perlahan. Akan tetapi, jika TWS dalam kondisi basah sebaiknya gunakan kain khusus yang mengandung serat mikrofiber atau kanebo maupun dengan cotton bud.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Earphone TWS Agar Tetap Awet

4. Atur Balancing

Pengaturan juga bisa dilakukan pada perangkat. Khususnya mengatur mengenai keseimbangan suara atau balancing audio di HP. Meski begitu, tidak semua HP baik Android maupun iPhone memiliki pengaturan ini. Oleh karena itu, cara mudahnya adalah dengan masuk ke pemutar musik maupun menu pengaturan. Cara lainnya adalah dengan mengunduh dan instal aplikasi equalizer. Setelah itu, Anda dapat memutar lagu dan cek apakah suaranya sudah seimbang. Jika belum, maka aturlah equalizernya dan apabila sudah berhasil maka tidak ada masalah pada TWS.

5. Cek Kondisi Baterai

03. TWS, true wireless stereo, earbud TWS, TWS JETE

Cara mengatasi TWS mati sebelah yang terakhir adalah dengan mengecek kondisi baterainya. Apakah baterai pada TWS ini masih bisa diisi ulang atau dicas. Pada TWS, case atau kotak kecil juga berfungsi sebagai pengisi daya baterai. Apabila TWS tidak terisi dengan baik, maka akan berdampak performanya. Termasuk bunyi tidak maksimal dan bisa mati sebelah.

Baca juga: Perbedaan TWS dan Headset Bluetooth yang Perlu Anda Ketahui

Penutup

Bagaimana JETE Lovers, cukup mudah bukan cara mengatasi TWS mati sebelah di atas? Kini, saatnya Anda mempraktikkannya sendiri di rumah. Selain dengan langkah-langkah di atas, pastikan Anda menggunakan TWS dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah TWS dari JETE Indonesia.

Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Selain itu, kami juga memiliki garansi resmi 2 tahun rusak ganti baru tukar sepuasnya. Anda bisa mendapatkan TWS ini di official store JETE Indonesia di kota terdekat. Atau pembelian melalui marketplace, website, dan aplikasi Doran Gadget untuk mendapatkan harga dan promo khusus.

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp