Memperbaiki Speaker Handphone yang Rusak

Mei

23

0 comments

JETE Indonesia – Kerusakan speaker sering terjadi pada handphone. Tak peduli itu adalah smartphone baru atau keluaran lama. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kemasukan air, debu yang menumpuk, masalah pada hardware, hingga sering mendengarkan speaker dengan volume maksimal. Tak perlu khawatir jika speaker Anda mendadak rusak. Berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki speaker handphone rusak secara mandiri yang bisa Anda coba. Simak selengkapnya berikut ini!

Cara memperbaiki Speaker Handphone

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone, cara mengatasi hp lemot

Ada banyak cara untuk memperbaiki speaker handphone yang rusak. Tergantung dari penyebabnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah memperbaikinya di rumah seperti berikut ini. Namun perlu diperhatikan, jika tidak yakin untuk melakukannya sendiri, sebaiknya gunakan tenaga profesional atau bawa handphone ke service center untuk menghindari kerusakan tambahan akibat penanganan yang tidak tepat. 

Promo "JETE THR" dapatkan Diskon up to 50% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

1. Mengeringkan Speaker karena Kemasukan Air

Paling sering terjadi adalah speaker yang rusak akrena kemasukan air. Jika hal ini terjadi jangan buru-buru digunakan. Tunggu hingga speaker kering. Saat ini Anda bisa mengeringkan speaker menggunakan fitur khusus untuk menghilangkan partikel asing dari speaker. Fitur ini biasanya tersedia pada HP Android. 

Fitur tersebut akan mengeluarkan suara bernada tinggi pada volume keras untuk menghilangkan air, debu, dan partikel lainnya yang masuk ke dalam speaker. Hindari untuk mengeringkan dengan cara meniup karena akan membuat air semakin masuk dan bisa merusak hardware lainnya. 

2. Ubah Speaker Utama ke Speaker Kedua 

Sebenarnya speaker HP Android itu terdiri dari dua, ada speaker utama (untuk mendengarkan musik) dan speaker kedua untuk fungsi telepon. Beberapa smartphone bahkan sudah memiliki dual speaker utama untuk hasil yang maksimal. Jika speaker Anda tiba-tiba mengalami suara kresek yang muncul dari spekaer utama, maka Anda bisa mengakalinya dengan menonaktifkan dan memindahkan fungsi suara ke speaker kedua melalui bantuan pihak ketiga seperti aplikasi SoundAbout. 

3. Clear Cache 

Tak jarang speaker tidak bersuara karena ada bug yang terjadi. Cara memperbaiki speaker handphone rusak selanjutnya bisa Anda coba dengan melakukan clear cache pada smartphone. Aktivitas ini dapat menormalkan kembali kerusakan yang sedang terjadi pada sistem. Sehingga kemungkinan besar speaker akan berfungsi kembali. 

4. Factory Reset

Jika ketiga cara di atas tidak berhasil, sebelum membawanya ke service center baiknya coba untuk melakukan factory reset pada smartphone Anda. Mengembalikannya ke pengaturan pabrik mampu memperbaiki pengaturan rusak yang tidak sengaja terjadi. Sehingga jiak rusaknya speaker yang kemungkinan terjadi karena salah satu aplikasi atau pemograman bisa diatasi dan suara bisa menyala kembali. 

4. Pergi ke Service Center 

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membawa handphone ke service center untuk diperbaiki oleh ahlinya. Biasanya jika terjadi kerusakan dan sudah tidak bisa terlotong, pihak service center akan menyarankan Anda untuk mengganti hardware speaker dengan unit yang baru. Hal ini pastinya jauh lebih hemat ketimbang membeli smartphone baru. 

Penutup 

02. speaker bluetooth

Itulah cara memperbaiki speaker handphone yang bisa Anda coba. Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain seperti menggunakan speaker portable, headset, earphone, hingga TWS dari JETE yang dijamin akan memudahkan komunikasi Anda. Menonton video dan mendengarkan musik juga makin menyenangkan. Anda bisa mendapatkan semua produk JETE Indonesia melalui official store kami di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

Juni 7, 2023

Juni 6, 2023

Juni 2, 2023

Mei 17, 2023

Januari 18, 2023

November 10, 2022

About the author, JETE Indonesia

"JETE THR" - Diskon up to 50% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb