Mudah, Begini Cara Membuat WhatsApp Channel!

Desember

19

0 comments

JETE IndonesiaWhatsApp kembali meluncurkan fitur terbarunya beberapa waktu lalu. Fitur yang dikenal dengan WhatsApp Channel ini memungkinkan para penggunanya bisa mengikuti kanal favoritnya. Mulai dari tim olahraga, artis, dan saluran berita, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara membuat WhatsApp Channel sendiri? Baca artikel ini sampai tuntas, ya!

WhatsApp Channel Adalah?

cara membuat WhatsApp Channel (1)
sc: Endgadget

Fitur WhatsApp Channel dikembangkan oleh WhatsApp bagi para penggunanya untuk bisa mengikuti saluran yang telah dibuat orang lain. Baik individu maupun organisasi. Dimana organisasi ini telah diverifikasi oleh pihak WhatsApp. Pengguna yang mengikuti saluran, nantinya mendapatkan informasi up to date dari akun yang mereka ikuti.

Para pemilik channel selain membagikan informasi terbaru berupa teks, video, maupun foto, juga dapat membuat polling. Khususnya untuk menanyakan sebuah pendapat kepada audiens atau followers mereka. Di sisi lain, para pengikut juga dapat memberikan reaksi. Bentuknya bisa berupa stiker.

Komunikasi WhatsApp Channel sifatnya satu arah. Artinya, audiens atau pengikut tidak dapat menyampaikan kritik dan saran layaknya pada WhatsApp API. Walaupun membantu dalam bisnis, setidaknya penggunaannya bisa untuk broadcast promo seperti produk baru, event belanja, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ini Cara Kirim Video dan Foto HD di WhatsApp Tanpa Ribet!

Keunggulan WhatsApp Channel

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus
sc: cyberthreat

WhatsApp Channel memiliki sejumlah keunggulan bagi para penggunanya. Beberapa hal yang membuatnya cukup unggul ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bisa menerima informasi secara pribadi atau privat. Dimana fitur ini berisikan informasi penting yang dibuat oleh organisasi maupun individu melalui WhatsApp.
  2. Mengenai keamanannya, WhatsApp Channel dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi. Begitu pun informasi yang sifatnya pribadi dari admin maupun pengikutnya. Kerennya lagi, nomor telepon dan foto profil tidak dibagikan ke sesama pengikut dan admin, karena tidak disebarkan.
  3. Fitur ini akan muncul di tab ‘Pembaruan’. Dengan begitu, kamu bisa melihat status dari channel yang diikuti secara langsung. Selain itu, status terpisah dari chat yang ada di kontak smartphonemu.
  4. Tidak ada enkripsi untuk fitur ini secara end-to-end di default. Hal itu karena tujuannya digunakan untuk menjangkau pengguna atau audiens secara luas. Sehingga, sangat cocok untuk bisnis.
  5. Dengan menggunakan WhatsApp Channel, akun WhatsApp bisnis kamu akan terlihat lebih profesional dan meyakinkan.

Baca juga: Apa itu Centang Hijau WhatsApp? Ini Manfaat Hingga Cara Mendapatkannya!

Cara Membuat WhatsApp Channel

cara membuat WhatsApp Channel (2)
sc: gHacks

Lalu, bagaimana cara membuat WhatsApp Channel ini? Sebenarnya tidaklah sulit, kamu cukup melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Buka WhatsApp yang digunakan.
  2. Selanjutnya, kamu bisa memilih pada menu ‘Pembaruan’ yang ada di antara panggilan dan chat.
  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul pilihan ‘Saluran’. Posisinya berada di bagian bawah opsi ‘Status’.
  4. Lalu, klik untuk ikon ‘Plus’ dan lanjutkan dengan memilih ‘Buat Saluran’.
  5. Perlu diperhatikan, untuk membuat channel ini ada pedoman yang perlu kamu baca dan ikuti. Jika sudah selesai, maka pilih ‘Lanjutkan’.
  6. Pilih ikon untuk saluran yang kamu buat. Di sini kamu bisa mengambil gambar dari kamera, upload dari galeri, web, maupun menggunakan stiker, dan emoji.
  7. Buat dan masukkan nama untuk channel yang sudah dibuat. Termasuk menambahkan deskripsi berisi kalimat singkat untuk menarik audiens.
  8. Terakhir, klik ‘Buat Saluran’ dan bagikan.

Baca juga: Cara Menggunakan Screen Sharing WhatsApp!

Penutup

01. whatsapp
sc: DroidPoint

Setidaknya itu dia JETE Lovers langkah dan cara membuat WhatsApp Channel yang bisa kamu coba. Apalagi kalau kamu punya bisnis atau organisasi tertentu, tentu ini bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan aktivitas dan lainnya. Dengan begitu, akan membuatmu lebih dekat dengan audiens.

Agar lebih nyaman berkomunikasi WhatsApp, kamu bisa gunakan perangkat pendukung tambahan. Mulai dari TWS, powerbank, charger, hingga pelindung layar dari JETE Indonesia yang bisa didapatkan di official store berbagai kota di Indonesia. Atau pembelian secara online di website. Dapatkan berbagai promo menarik untuk setiap pembelian di waktu tertentu. Follow Instagram kami untuk melihat promo yang sedang berlangsung.

Artikel terkait:

Februari 21, 2024

Februari 20, 2024

Februari 3, 2024

Februari 3, 2024

Januari 27, 2024

Januari 20, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan