5 Cara Membuat QR Code, Bisa Lewat HP!

Desember

13

0 comments

JETE IndonesiaSebagian besar dari kamu sudah tak asing dengan kode Quick Response Code (QR Code). Bentuknya adalah kode dua dimensi untuk memberikan informasi secara lengkap namun ringkas melalui sebuah tautan.

Biasanya fungsi dari kode ini untuk mempersingkat informasi seputar link, nomor WhatsApp, dan lain sebagainya. Bahkan untuk kebutuhan jualan online. Cara membuat QR Code ini sebenarnya tidak begitu sulit. Kamu pun dapat menggunakan HP JETE Lovers.

Cara Membuat QR Code

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan dalam membuat QR Code hanya dalam hitungan tidak lama. Hanya saja, di sini kamu perlu ketelitian saat membuatnya JETE Lovers. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia yang perlu diketahui

1. QR Code Generator

Cara membuat QR Code pertama adalah dengan aplikasi QR Code Generator. Dimana aplikasi ini dapat digunakan pada gadget berbasis Android. Kamu bisa membuat kode QR ini dengan berdasarkan parameter tertentu. Misalnya saja URL, teks, nomor telepon, email, dan lokasi pada GPS.

Selain itu, kamu pun dapat memodifikasi kode QR yang telah dibuat seperti warna yang menarik sampai background. Karena penggunaannya yang mudah, tak heran kalau aplikasi tersebut sampai didownload hingga lebih dari 1 juta pengguna.

Baca juga: Harga dan Cara Menggunakan E-Meterai dengan Mudah

2. QR Code Reader

Berikutnya, tak hanya untuk sistem operasi Android saja, pengguna iPhone maupun gadget dengan sistem operasi iOS juga bisa bikin kode QR  dengan mudah. Salah satunya menggunakan aplikasi QR Code Scanner. Kamu dapat mengunduhnya di AppStore kemudian install di iPhone.

Selain digunakan untuk membuat kode QR, dengan aplikasi ini pengguna dapat mengubah angka maupun tulisan jadi kode tertentu. Termasuk membaca barcode, scan untuk dokumen, semua bisa dilakukan menggunakan aplikasi besutan TapMedia Ltd tersebut.

3. Cara Membuat QR Code di Canva

Ketiga, siapa bilang Canva hanya bisa untuk edit gambar saja. Di sini kamu juga dapat membuat QR Code dengan mudah menggunakan laptop atau komputer. Setelah masuk ke laman Canva dan login dengan email yang sudah terdaftar. Setelah itu, ikuti langkah-langkahnya:

  • Pilih menu “Share” yang ada di bagian pojok kanan atas dan selanjutnya klik “Lainnya/More”.
  • Selanjutnya, lanjutkan dengan kik “Qode CR”.
  • Setelah itu, kamu bisa salin URL atau link halaman yang kamu inginkan untuk membuka QR Code. Contohnya link profil Instagram Bisnis.
  • Kemudian, klik “Generate QR Code” dan pilih “Download QR Code” untuk mendownload kode QR

Setelah semua proses selesai, kamu bisa cek kode QR di folder download yang ada di laptop maupun komputer.

Baca juga: 5 Cara Melindungi Data Pribadi Saat Transaksi Online

4. Menggunakan Canva di HP

Selain menggunakan laptop atau komputer, pengguna dapat membuat kode QR dari Canva menggunakan HP. Baik itu HP dengan sistem operasi Android maupun iOS. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan di antaranya adalah:

  • Download aplikasi Canva dan install di HP. Jika punya akunnya, kamu tinggal login dengan email yang ada. Apabila belum punya akun, maka harus membuatnya dahulu.
  • Untuk membuat desain, pilih ikon “+”. Di sini, kamu perlu mengatur ukuran desain yang diinginkan dan pilih menu “Aplikasi” yang ada di bagian paling ujung kanan.
  • Pilih fitur “QR Code” dan kamu bisa salin URL atau link halaman untuk bisa membuka QR Code. Contohnya di Instagram Bisnis.
  • Lanjutkan dengan pilih dan klik “Generate QR Code”
  • Pilihlah “Download QR Code”

Setelah semua proses dilakukan, tunggulah beberapa saat untuk bisa mendownload kode QR yang kamu inginkan.

5. Menggunakan Excel

Cara membuat QR Code yang terakhir yakni menggunakan Excel. Keunggulannya adalah pengguna dapat membuatnya tanpa harus online. Hanya saja memerlukan Visual Basic for Application (VBA). VBA ini bisa dibuat menggunakan bahasa pemrograman dan gunakan Addin yang ada. Adapun parameternya adalah sebagai berikut:

=EncodeBarcode(CELL("SHEET");CELL("ADDRESS");A2;51;1;0;2)
' Keterangan :
' CELL("SHEET");CELL("ADDRESS") => ini biarkan seperti ini
' A2 => Cell dimana isi text yang akan diubah ke QR
' 51 => untuk QR Code
         0-Code128,
         1-EAN,
         2-2of5I,
         3-Code39,
         50-Datamatrix,
         51-QR Code
' 1 => Output ( 1 Gambar | 0 Font)
' 0 => Parameter
' 2 => Zone ID

Jika sudah selesai, maka kamu bisa mengeceknya dan digunakan untuk produk yang akan dikenai kode QR.

Baca juga: 7 Penyebab Kebocoran Data, Wajib Diketahui!

Penutup

Itu dia JETE Lovers beberapa cara membuat QR Code yang bisa kamu coba dengan mudah. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa saat membuatnya pastikan beberapa aspeknya sudah diperhatikan sebelumnya. Mulai dari konten apa yang akan dimasukkan, tampilan, dan lain sebagainya.

Jadi, kamu akan lebih mudah mengaturnya dan membuat tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan pengguna. Khususnya jika kode QR tersebut digunakan untuk jual-beli produk.

Selamat mncoba!

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

April 10, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan