Apa Itu Charger GaN dan Keunggulannya yang Perlu Kamu Tahu!

JETE IndonesiaTeknologi Gallium Nitride (GaN) telah mengubah industri perangkat elektronik menjadi lebih baik. Salah satunya digunakan pada perangkat pengisian daya atau charger. Penggunaan teknologi GaN pun semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena kemampuannya yang dinilai lebih efisien. Lantas, apa itu charger GaN dan keunggulannya? Simak ulasannya dalam artikel kali ini, JETE Lovers!

Apa Itu Charger GaN?

Charger atau pengisi daya GaN adalah perangkat yang dibuat dengan menggunakan material Gallium Nitride. Dimana bahan material ini mulai digunakan untuk LED sejak tahun 1990-an. Pada awalnya, penelitian tentang material ini untuk peralatan elektronik dimulai pada tahun 1960-an.

Bahan Gallium Nitride sendiri merupakan bahan yang tidak dalam kategori semikonduktor alami. Dengan kata lain, proses konduktornya dari proses atau bahan buatan. Selain itu, kini mulai banyak perusahaan dan pabrikan alat elektronik menggunakan material GaN karena dinilai lebih efisien dan lebih hemat energi, sehingga ramah lingkungan.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Ini 5 Tips Memilih Adapter Charger yang Baik

Kelebihan Charger GaN

Setelah kamu mengetahui apa itu charger GaN, kini kamu perlu tahu juga apa saja kelebihan charger dengan teknologi terbaik ini. Mulai dari segi desain hingga ketahanannya untuk pemakaian sehari-hari. Khususnya dalam mengisi daya gadget seperti smartphone maupun powerbank dan lain sebagainya.

1. Desain Lebih Ringkas

Keunggulan pertama dari charger GaN ini adalah memiliki desain yang lebih ringkas dibandingkan dengan charger pada umumnya. Alasannya adalah, GaN memiliki tegangan yang lebih tinggi, inilah yang membuatnya tidak memerlukan terlalu banyak komponen. Sebab, biasanya semakin besar kapasitas charger akan berimbas pada ukuran adaptornya. Berkat efisiensi inilah yang membuat charger GaN berukuran lebih kecil dan mudah dibawa ke mana saja saat bepergian. Termasuk saat dimasukkan ke dalam saku.

Baca juga: Charger HP Cepat Rusak? Kenali 5 Penyebabnya Ini

2. Pengisian Lebih Cepat

04. adapter charger, charger terbaik

Selanjutnya, charger dengan teknologi GaN bisa membuat pengisian daya lebih cepat. Terlebih jika dibandingkan dengan bahan silikon lainnya. Bahan GaN memiliki celah pita dengan ukuran lebih lebar bila dibandingkan dengan silikon. Bahan GaN tersebut juga mampu menghantrkan daya lebih cepat dan berukuran besar. Oleh karena itu, pengguna akan merasakan kenyamanan berupa efisiensi waktu dibandingkan charger biasanya yang memerlukan waktu hingga berjam-jam untuk pengisian daya sampai penuh.

3. Aman dan Tidak Mudah Panas

Ketiga yakni mengenai faktor keamanan. Faktor ini memang penting untuk kenyamanan penggunaan. Charger GaN dinilai lebih aman dan tidak cepat panas. Hal itu karena Gallium Nitride adalah bahan semikonduktor. Inilah yang mampu mentransfer daya lebih optimal dengan meminimalisir energi yang ada. Dengan begitu, panas berlebih yang dihasilkan dari pembuangan bisa diminimalisir dan terakomodir. Secara tidak langsung, ini juga berpengaruh pada usia kewaetan komponen.

Baca juga: 3 Cara Cek Voltase Kabel Charger HP Android

Penutup

Bagaimana, kini kamu sudah tahu apa itu charger GaN beserta keunggulannya. Kamu bisa mendapatkan charger dengan teknologi ini dari JETE Indonesia. Salah satunya adalah travel charger JETE E6 Series dengan desain yang ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. Charger ini tersedia di official store JETE Indonesia di berbagai kota di tanah air. Selain itu, kamu bisa mendapatkannya secara online di marketplace resmi dan mitra.

Semoga bermanfaat!

× WhatsApp